Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Pilihan Asuransi Terbaik untuk Properti Beserta Manfaat dan Cara Memilihnya

by Estrin Vanadianti Lestari on 3 Juni, 2020

Memang tak bisa dipungkiri, bahwa rumah atau properti menjadi salah satu aset, yang sangat bernilai harganya, sehingga penting untuk diasuransikan. Pilihan asuransi terbaik untuk properti di Indonesia pun, sudah banyak disediakan berbagai perusahaan asuransi ternama. Sudah punya belum?

Pilihan Asuransi Terbaik untuk Properti Beserta Manfaat dan Cara Memilihnya

Nah, buat Anda yang beruntung telah memiliki hunian, maka penting bagi Anda untuk mendaftarkannya asuransi properti. Mengapa properti penting untuk diasuransikan?

Asuransi properti penting untuk dimiliki bagi Anda yang sudah memiliki rumah, demi melindungi rumah Anda beserta isinya, dari kejadian-kejadian tak terduga, yang tidak diinginkan. Misalnya seperti terkena bencana, bahan bangunan tidak kuat dan menimpa Anda, adanya perampokan, kebakaran, dan lain-lain.

Tidak hanya kendaraan saja yang bisa diasuransikan, karena properti seperti rumah dan isinya, juga merupakan aset yang perlu dijaga. Adapun manfaat atau alasan pentingnya memiliki asuransi terbaik untuk properti adalah sebagai berikut.

(Baca Juga: Pentingnya Membeli Asuransi Untuk Ruko)
Alasan Pentingnya Memiliki Asuransi Terbaik untuk Properti
  • Bisa melindungi bangunan rumah Anda beserta isinya dari berbagai macam risiko dan hal-hal yang tidak terduga.
  • Bisa memberikan Anda dan keluarga rasa aman, karena merasa terlindungi.
  • Premi alias biaya asuransi properti tergolong murah.
  • Asuransi properti juga akan mengganti bangunan rumah beserta isinya, jika ada kerusakan atau kehilangan.
  • Membantu Anda agar terhindar dari gangguan finansial, terlebih harga aset tersebut sangat mahal, sehingga tabungan pribadi Anda tidak terpecah fokusnya ketika kejadian tak terduga tersebut terjadi
  • Anda juga akan mendapatkan tempat tinggal sementara, jika kejadian tak terduga tersebut sampai menyebabkan Anda kehilangan tempat tinggal. Misalnya akibat kebakaran, kebanjiran, dan lain-lain.

Asuransi properti di Indonesia pun kini sudah mulai diminati dan menjadi tren, bagi kalangan tertentu demi melindungi hunian mereka. Namun, banyaknya produk asuransi terbaik untuk properti, mungkin akan membuat Anda dan calon nasabah lainnya akan sulit untuk memilih.

Terlebih, berbagai produk asuransi properti yang ditawarkan dari tiap perusahaan juga, tentunya menawarkan perlindungan yang berbeda-beda. Sebagai calon nasabah, penting juga bagi Anda mengetahui lebih jauh terkait produk ini.

Jenis-jenis Asuransi Properti
  • Asuransi Properti All Risk (PAR)
  • Polis Standard Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Bagaimana dengan pilihan produk asuransi terbaik untuk properti, yang bisa dijadikan pilihan? Nah, berikut rangkuman asuransi terbaik untuk properti dari perusahaan terbaik di Indonesia, baik dari properti individu maupun bisnis.

Pilihan Asuransi Terbaik untuk Properti
1. Allianz

Asuransi terbaik untuk properti yang pertama adalah Allianz. Selain menawarkan produk asuransi di bidang lain, Allianz juga menawarkan produk asuransi properti. Selain itu, Allianz juga menawarkan asuransi properti konvensional dan syariat sesuai kebutuhan nasabah.

Salah satu contohnya adalah produk Polis bernama RumahKu Plus, di mana Anda bisa memperoleh polis tersebut langsung di kantor pusat atau cabang, melalui agen, atau broker.

Setiap produk asuransi properti tentunya memiliki keunggulan masing-masing, dan Allianz memiliki keunggulan dengan adanya ganti rugi yang mencapai Rp20 miliar untuk setiap risiko. Sementara, premi yang harus dibayarkan hanya berkisar 0,0294 hingga 0,244 persen.

2. Sinar Mas

Dikenal dengan perusahaan yang berdiri di bidang building, Sinar Mas juga memiliki perusahaan di bidang finansial dan asuransi loh. Perusahaan raksasa Sinar Mas ini juga termasuk dalam rekomendasi produk asuransi terbaik untuk properti.

Untuk kategori asuransi properti di Sinar Mas di antaranya adalah Fire and Allied Perils. Di mana kategori Fire and Allied Perils ini, Sinar Mas menyediakan tujuh polis asuransi terkait properti yaitu Homeowners – SImas Rumah Hemat ++, Simas Ruko, Property All Risks, Industrial All Risks, Business Interruption, Growing Trees Insurance, Asuransi Kerusuhan dan Huru-hara, serta Asuransi Terorisme dan Sabotase.

3. ACA

Pilihan asuransi terbaik untuk properti yang selanjutnya ada Asuransi ACA. Produk asuransi properti dari ACA ini bisa dibilang merupakan salah satu yang terbaik, dalam kelompok asuransi umum (kerugian).

Menyediakan produk yang bervariasi, ACA menawarkan asuransi kendaraan bermotor dan asuransi properti. Nah, untuk asuransi properti, ACA sendiri menyediakan lima pilihan polis di antaranya adalah Asuransi Kebakaran (PSAKI), Asuransi Pencurian & Pembongkaran, Asuransi Rumah Idaman (ASRI), Asuransi Semua Risiko Properti/Industri (All Risk), dan Asuransi Gempa Bumi Indonesia. Berdasarkan riset Lifepal, Asuransi Rumah Idaman menjadi salah polis asuransi properti yang paling laris.

(Baca Juga: Corona Mewabah, Pentingkah Asuransi Properti Saat Ini?)
4. Adira Insurance

Adira Insurance juga bisa menjadi pilihan brand asuransi properti. Terlebih, Adira merupakan salah satu nama besar dalam asuransi umum. Kalau untuk produk asuransi propertinya, Adira menyediakan pilihan konvensional dan syariah.

Nah, jika Anda hanya memiliki budget tipis, maka tersedia pula asuransi mikro dengan jaminan ganti rugi terbatas, namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, Adira juga menyediakan program AIRA Ramadan, yaitu polis asuransi properti untuk nasabah, yang mudik dan meninggalkan asetnya sementara. Bahkan, asuransi Adira juga menawarkan produk asuransi tempat usaha alias asuransi properti bisnis juga loh.

Banyak bukan pilihan asuransi terbaik untuk properti? Namun, sebelum Anda mengajukannya, sebaiknya intip cara memilih asuransi properti terbaik di Indonesia ini dulu.

Cara Memilih Asuransi Terbaik untuk Properti
  • Pastikan Anda menyelidiki kredibilitas perusahaan asuransi, di mana Anda bisa mengecek semuanya terkait perusahaan dalam dasar-dasar acuan hukum mengenai asuransi di Undang-undang Nomor 40 Tahun 2014 Tentang Perasuransian.
  • Sama halnya dengan produk asuransi di bidang lain, asuransi properti juga memiliki produk perluasan atau tambahan, di sini Anda juga harus cermat.
  • Memahami kondisi rumah atau properti yang ingin Anda asuransikan, pastikan Anda memilih produk sesuai dengan kondisi properti Anda.
  • Tidak hanya memahami kondisi propertinya, Anda juga harus memahami kondisi keuangan Anda. Jangan sampai Anda memaksakan untuk memilih asuransi properti yang tidak sesuai dengan kantong Anda.
  • Mempelajari proses pengajuan klaim, karena biasanya tiap perusahaan berbeda-beda.

Itu dia beberapa informasi tentang rekomendasi pilihan asuransi terbaik untuk properti beserta manfaat dan cara memilihnya. Anda ingin mengetahui informasi tersebut secara praktis? Cek saja, di CekAja.com.

Selain mengetahui informasi terkait produk asuransi properti dari berbagai perusahaan asuransi ternama Indonesia, Anda juga bisa sekaligus membandingkan dan mengajukan asuransi properti secara online.

Kapan lagi Anda bisa mengajukan asuransi properti se-praktis dan semudah ini? Yuk, langsung saja kunjungi situsnya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk