Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Asuransi untuk Mobil Bekas Online

by Rini Agustina on 9 Januari, 2020

Mobil bagi orang Indonesia adalah simbol kesejahteraan, tak heran jika yang pertama kali dipikirkan setiap orang ketika mencapai sukses adalah membeli mobil. Jika tak mampu memiliki tunggangan baru, mobil bekaspun diburu. Tentunya bukan mobil bekas sembarangan namun yang sesuai dengan keinginan. Sayangnya, kerap kali pemilik mobil bekas sering mengacuhkan pentingnya asuransi kendaraan.

Asuransi untuk Mobil Bekas Online

Mereka beranggapan asuransi terlalu memberatkan, terlebih jika tak pernah digunakan maka jumlah premi yang telah dibayar bakal jadi hak milik pihak asuransi. Namun keberadaan asuransi ini penting untuk mengurangi resiko kerugian akibat kerusakan atau kehilangan mobil, sebab kita tak pernah tahu kapan musibah akan datang. Asuransi untuk mobil bekas justru penting dimiliki dibanding mobil baru.

Sebabnya adalah resiko kerusakan yang bisa jadi lebih sering, akibatnya kocek Anda juga akan ikut terkuras. Jika menggunakan asuransi beban itu bisa sedikit berkurang. Ada banyak asuransi untuk mobil bekas online yang bisa Kamu cari di internet. Setiap asuransi menawarkan premi dan keuntungan berbeda, sesuaikan saja dengan kebutuhan Kamu.

Pilihan Asuransi untuk Mobil Bekas Online
ADIRA DINAMIKA

ADIRA DINAMIKA - Asuransi untuk Mobil Bekas Online

PT Asuransi Adira Dinamika merupakan salah satu perusahaan asuransi yang sudah lama berdiri di Indonesia. Berbagai penghargaan baik dari Lembaga independent maupun pemerintah sudah mereka cicipi. Salah satu produk unggulan mereka adalah asuransi mobil. Ada dua jenis proteksi yang ditawarkan yakni:

All Risk: Memberikan jaminan atas mobil Anda untuk segala jenis kerusakan, mulai dari kerusakan ringan, rusak berat, hingga kehilangan kendaraan

TLO (Total Loss Only): Memberikan jaminan atas mobil Anda bila terjadi kehilangan atau kerusakan senilai lebih dari 75% dari harga mobil tersebut

Fitur Utama yang mereka berikan adalah:

  • Emergency Roadside Assistance, memberi bantuan apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diharapkan dalam perjalanan Anda
  • Autocillin Mobile Claim Application
  • Autocillin Mobile Service
  • Untuk Asuransi All Risk: Usia maksimal kendaraan 10 tahun
  • Untuk Asuransi TLO (Total Loss Only): Usia maksimal kendaraan 15 tahun

GARDA OTO

GARDA OTO - Asuransi untuk Mobil Bekas Online

Perusahaan asuransi Garda Oto juga tak mau ketinggalan. Mereka memiliki aplikasi asuransi untuk mobil bekas online dengan berbagai fitur dan layanan inovatif. Garda Mobile Otocare membantu Anda memantau kondisi kendaraan serta memudahkan proses klaim dan permintaan layanan darurat.

(Baca Juga: Yuk, Intip Tips Jitu Agar Klaim Asuransi Mobil Tidak Ditolak)

Saat menggunakan aplikasi Garda Oto Anda akan ditemani oleh asisten virtual mereka Garxia, yang dapat melayani pembelian polis asuransi kendaraan bermotor. Anda hanya perlu melakukan percakapan dilaman aplikasi tersebut makan Garxia akan memberi panduan untuk memberikan pilihan terbaik.

Garda Oto memberika dua opsi asuransi mobil
Comprehensive

Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian maupun total akibat risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia. Usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan comprehensive adalah 9 tahun.

Total Loss Only (TLO)

Menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan total (bila biaya perbaikan ≥75% dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya kerugian) dan risiko kendaraan hilang akibat pencurian. Usia maksimal kendaraan yang bisa mendapatkan perlindungan TLO adalah 12 tahun.

Mengenai cara pembelian asuransi mobil bekas online di Garda Oto juga sangat mudah. Anda bisa mengunduh formulir pendaftarannya di website resmi Garda Oto, kemudian pilih metode pembayaran yang diinginkan. Kemudian tentukan lokasi survei sesuai keinginan Anda. Tak menunggu lama polis Anda akan terbit.

Adanya Garda Mobile Otocare juga menjadi kelebihan tersendiri. Karena dengan aplikasi ini Anda dapat memantau status perbaikan kendaraan. Sehingga tak perlu menghubungi pihak bengkel jika ingin mengambil mobil setelah selesai perbaikan.

AXA AUTO INSURANCE

AXA AUTO INSURANCE - Asuransi untuk Mobil Bekas Online

Kalau biasa perusahaan asuransi kendaraan hanya menawarkan dua produk, beda dengan AXA Auto Insurance yang menawarkan hingga 4 produk asuransi yakni basic TLO, comprehensive, smart drive TLO, serta smart drive comprehensive.

AXA auto insurance membuka proteksi untuk semua jenis kendaraan penumpang pribadi, namun tidak termasuk kendaraan komersil. Mereka juga memberikan perlindungan bagi mobil premium dan mobil sport dengan ketentuan khusus.

Menariknya pada perlindungan smart drive, baik TLO maupun comprehensive, pemegang polis akan mendapatkan perluasan manfaat meliputi jaminan atas pemogokan, kerusuhan, huru-hara, terorisme, sabotase, banjir dan angin topan, gempa bumi dan tsunami, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Pembelian polis dapat dilakukan dalam laman resmi mereka. Anda hanya perlu mengisi formulir yang terdapat pada situs tersebut, seperti detail informasi mobil dan rinciannya. Setelah itu Anda akan mendapatkan email notifikasi terkait cara pembayaran dan penerimanaan polis.

ASURANSI MOBIL JASARAHARJA PUTERA (JP-ASTOR)

ASURANSI MOBIL JASARAHARJA PUTERA (JP-ASTOR) - Asuransi untuk Mobil Bekas Online

Berdiri sejak tahun 1993, JP-Astor, menawarkan dua produk pertanggungan, yaitu TLO dan all risk. Semua kebutuhan informasi mengenai produk JP Astor ini dapat Anda unduh dari laman resminya. Sementara untuk detail produknya adalah sebagai berikut:

Total Loss Only (TLO)

Jenis pertanggungan ini memberikan perlindungan dari risiko pencurian kendaraan atau risiko-risiko kerusakan akibat kecelakaan yang biaya perbaikannya memerlukan biaya sama atau lebih dari 75% dari harga kendaraan yang sebenarnya.

Comprehensive / All Risk

Jenis pertanggungan ini menjamin risiko yang lebih luas karena disamping risiko-risiko TLO di atas juga menjamin kerugian / kerusakan sebagian/partial akibat peristiwa-peristiwa yang dijamin dalam polis.

JP Astor masuk dalam daftar asuransi mobil bekas terbaik online, karena tidak hanya menyuguhkan kemudahan dalam proses pendaftaran dan klaim. Namun juga menjadi salah satu perusahaan asuransi kendaraan yang memiliki rekanan bengkel lengkap diberbagai kota. Sangat memudahkan Anda yang mengalami kerusakan mobil ketika sedang berada diluar kota.

Itulah beberapa pilihan asuransi untuk mobil Bekas terbaik saat ini. Namun sebelum memilih asuransi mobil, berikut ini ada beberapa pertimbangan yang mungkin akan memengaruhi keputusan.

(Baca Juga: Berapa Harga Asuransi Mobil All Risk? Simak Penjelasannya di Sini!)
Pertimbangan Sebelum Memilih Asuransi untuk Mobil Bekas
Tipe Asuransi

Seperti kita tahu asuransi kendaraan khususnya mobil menawarkan dua tipe asuransi yakni All Risk dan Total Loss Only (TLO). Asuransi yang bersifat all risk hanya menanggung kerusakan minor, jadi ketika terjadi kerusakan fatal pada mobil tidak seluruhnya bisa Anda klaim. Semua dinilai oleh pihak asuransi, mana yang wajib masuk klaim mereka dan mana yang tidak.

Sementara untuk TLO menanggung hampir semua beban kerusakan ataupun kehilangan. Karena TLO ini jangkauan perlindungannya lebih besar maka jumlah premi yang mesti dibayar juga lebih tinggi, biasanya 30% lebih besar dibanding ALL Risk. Namun kedua jenis asuransi ini tidak melindungi kendaraan Anda dari kerusakan akibat bencana alam misalnya banjir dan tanah longlor.

Jika ingin mendapatkan perlindungan tambahan, Anda wajib membayar biaya tambahan yang jauh lebih mahal. Namun hal itu sepadan dengan klaim yang akan didapat.

Tahun Mobil

Tidak semua asuransi menerima pengajuan perlindungan untuk mobil bekas, karena menganggap mobil bekas terlalu beresiko. Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan batas usia mobil yang bisa diproteksi yakni sekitar maksimal 10 tahun. Itupun jumlah preminya lebih besar dibanding mobil baru, namun jumlah klaim yang didapat akan tetap sama dengan asuransi mobil baru.

Karena itu ketika membeli mobil bekas, upayakan untuk tidak berusia lebih dari 10 tahun. Selain tidak bisa Anda proteksi resiko kerusakannya juga lebih besar dibanding mobil baru. Tentunya kerusakan mobil akan memengaruhi kondisi keuangan Anda.

Jumlah Premi

Seperti telah dijelaskan, premi mobil bekas biasanya lebih mahal dari mobil baru. Setidaknya bisa naik sampai 20%. Perusahaan asuransi berlasan karena perlindungan pada mobil bekas harus lebih ekstra maka jumlah premi juga tidak bisa disamakan dengan mobil  baru. Hal yang membuat mobil bekas ini perlindungannya begitu mahal adalah ketersediaan sparepart yang sudah langka. Sehingga ketika terjadi kecelakaan pihak asuransi harus mengeluarkan dana lebih besar untuk dapat memperbaiki kerusakan.

Taksiran Harga Mobil

Sebelum resmi memiliki asuransi mobil bekas, pihak asuransi biasanya akan melakukan survey untuk mengecek dan menentukan taksiran harga mobil Anda. Besarannya mungkin akan berbeda dari kenyataan ketika Anda membeli terutama jika Anda beli langsung dari pemilik lama, karena harganya biasanya didasarkan pada “saling kenal”.

Beda hal ketika Anda beli di showroom resmi seperti Auto 2000 milik Astra atau Auto Safe milik Hyundai. Biasanya pihak asuransi tak akan menakar kembali kelayakan harga mobil karena dianggap sudah direkondisi menjadi lebih baik oleh showroom resmi. Sehingga tingkat kerusakan awal mobil juga tidak tinggi.

Keuntungan Memilih Asuransi untuk Mobil Bekas Online

Sudah paham pentingnya asuransi untuk mobil bekas? Kini saatnya Anda berburu proteksi terbaik untuk mobil kesayangan. Namun jangan buru-buru dan melakukan cara lama dengan mendatangi satu persatu perusahaan asuransi mobil bekas. Karena kini sudah ada asuransi untuk mobil bekas online.

Sesuai Namanya asuransi untuk mobil bekas online ini tersedia dalam lama website perusahaan asuransi masing-masing. berbagai keuntungan bisa Anda dapat ketika memilih asuransi untuk mobil bekas online, diantaranya:

Bebas Membandingkan

Karena informasi terkait proteksi mobil bekas Anda dilakukan secara online tanpa tatap muka, maka lebih mudah untuk membandingkan satu asuransi dengan asuransi lainnya. Mulai dari membandingkan harga premi hingga keuntungan yang akan didapat seperti besaran klaim.

Harga Lebih Kompetitif

Keuntungan utama dari memilih asuransi untuk mobil bekas online adalah haganya yang bisa jadi lebih murah. Mengapa? Karena tidak ada keterlibatan agen pada prosesnya. Tahukah Anda bahwa ketika pertama kali melakukan prosesi pembelian asuransi mobil Bersama agen maka ada sejumlah fee yang mesti Anda bayar untuknya?

Nah ini tidak berlaku ketika memilih secara online, sebab kita hanya perlu mengisi formulir persetujuan dan tinggal menunggu survey datang dari pihak mereka.

Memilih dengan Lebih Bijak

Tak dapat dipungkiri bahwa peran agen asuransi mobil begitu memengaruhi pemilihan Anda pada jenis asuransi yang akan dipilih. Kerapkali diskusi dengan para agen justru menambah pening kepala. Lain hal ketika kita membaca dengan teliti lewat internet setiap produk asuransi mobil, maka proses pengambilan keputusan berlangsung lebih tenang tanpa gangguan.

Review

Ya, di internet ada banyak review terkait asuransi kendaraan khususnya mobil yang bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memilih yang mana. Memilih asuransi untuk mobil bekas online memberi Anda keleluasaan untuk mencari kelebihan satu asuransi dengan asuransi lain, termasuk juga kekurangannya lewat review para pengguna asuransinya.

Ingin beli asuransi? Ayo kunjungi Cekaja.com dan dapatkan asuransi terbaik untuk mobil kamu.

Tentang Penulis