Asuransi Untuk Orang Tua Lanjut Usia, Melindungi Kamu dan Keluargamu

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Asuransi seringkali dipakai untuk memberikan perlindungan. Baik asuransi jiwa ataupun untuk kesehatan oleh orang yang masih berada pada usia produktif atau masih relatif muda.

Asuransi Untuk Orang Tua

Banyak yang mengira asuransi tidak bisa mencakup perlindungan untuk orang tua yang lanjut usia. Karena tingginya risiko yang dimiliki oleh manusia usia lanjut. Memang sebaiknya asuransi sudah dipersiapkan sejak usia muda untuk persiapan di masa tua nanti.

Namun, sebagai anak yang berbakti, tidak ada salahnya pula untuk mempersiapkan asuransi untuk orang tua sebagai salah satu bentuk kasih sayang.

Dengan membeli asuransi untuk orang tua usia lanjut membuat kita siap menghadapi risiko saat terjadi penyakit yang mengharuskan perawatan dengan biaya yang besar. Persiapan ini perlu dilakukan. Karena pertambahan usia adalah sesuatu yang pasti dan tidak bisa dielakkan oleh siapapun. Bertambahnya usia juga seringkali diikuti oleh kondisi kesehatan yang menurun.

Seiring bertambahnya usia, kondisi fisik mulai terbatas. Sehingga berpotensi mengalami berbagai jenis risiko dalam kesehatan. Usia tua biasanya dimulai sejak masa pensiun di usia 55 tahun ke atas.

Banyak orang yang tidak menyadari bertambahnya usia juga mengharuskan adanya perubahan pola hidup serta proteksi dari asuransi kesehatan. Agar bila terjadi masalah kesehatan keluarga tidak perlu repot mengeluarkan biaya besar.

Akan tetapi, asuransi kesehatan untuk lanjut usia masih kurang populer di berbagai kota besar. Karena kondisi ekonomi masyarakat yang mayoritas masih pas-pasan.

Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dan pemahaman atas pentingnya asuransi untuk lanjut usia. Berikut ini penjelasan mengenai asuransi untuk orang tua lanjut usia:

Banyak perusahaan asuransi yang menyediakan perlindungan untuk lanjut usia

Dua Jenis Asuransi Untuk Orang Tua

Perusahaan asuransi banyak menyediakan program perlindungan untuk orang tua lanjut usia. Perusahaan-perusahaan tersebut mengharapkan agar para orang tua bisa terlindungi di usia senjanya.

Khususnya dengan terjaminnya kesehatan. Agar pada saat terjadi risiko kesehatan tidak perlu khawatir mengeluarkan uang besar untuk pengobatan di rumah sakit.

Pada umumnya, perusahaan asuransi menyediakan kesempatan perlindungan untuk orang tua berusia lanjut melalui dua jenis asuransi antara lain:

-Asuransi kesehatan stand-alone atau asuransi kesehatan murni. seperti yang tersedia pada perusahaan asuransi seperti Allianz, AXA Insurance, Cigna, dan juga Sinar Mas.

-Asuransi jiwa unit link yang memberikan manfaat tambahan (rider) berbentuk perlindungan kesehatan seperti Manulife.

Asuransi unit link ini sesuai untuk yang membutuhkan asuransi yang menyediakan asuransi tambahan agar biaya rawat inap tidak mahal. Nasabah bisa meminta asuransi tambahan kepada pihak asuransi.

Produk asuransi unit link memiliki kelebihan dari sisi proteksi kesehatan yang terjamin dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya. Kemudian, proteksi kesehatan di rumah sakit dengan unit link memiliki batasan usia lebih panjang dibandingkan dengan asuransi kesehatan murni.

Beberapa perbedaan dan ketentuan umum yang berlaku untuk dua jenis asuransi ini adalah proteksi kesehatan.

Selain itu, pertanggungan asuransi untuk unit link bisa diperpanjang hingga usia 79 tahun. Sementara asuransi kesehatan murni hanya sampai 70 tahun.

Asuransi Unit Link lebih tepat untuk usia lanjut

Karena batasan usia maksimal perlindungan di rumah sakit untuk asuransi unit link lebih panjang. Yakni hingga 70 tahun. Sementara asuransi kesehatan murni hanya sampai 65 tahun. Maka untuk perlindungan orang tua usia lanjut lebih baik menggunakan asuransi unit link.

Selain itu, masa proteksi nasabah asuransi bisa diperpanjang hingga 79 tahun untuk asuransi unit link.

Sementara untuk asuransi kesehatan murni hanya sampai 70 tahun sehingga dengan memilih asuransi unit link akan lebih menguntungkan untuk manusia lanjut usia.

Akan tetapi, dalam memilih asuransi untuk perlindungan orang tua lanjut usia sama seperti halnya memilih asuransi lainnya, yakni tergantung pada kebutuhan masing-masing nasabah.

Apabila dirasa tidak perlu melakukan rawat inap pada masa-masa mendatang, maka tipe asuransi kesehatan murni menjadi pilihan tepat.

Akan tetapi, apabila orang tua lanjut usia merasa perlu untuk melakukan pengobatan secara intensif di rumah sakit dan ingin melakukan persiapan di masa depan, maka sebaiknya memiliki asuransi kesehatan dengan tambahan unit link tersebut.

Jenis-jenis asuransi lainnya untuk orang tua lanjut usia

Selain asuransi kesehatan, orang tua berusia lanjut juga perlu memiliki perlindungan asuransi jiwa. Ada berbagai jenis asuransi jiwa yang sesuai untuk orang tua lanjut usia yang perlu dipahami, antara lain:

a. Asuransi Jiwa dengan Jaminan

Perusahaan asuransi memiliki produk asuransi jiwa dengan jaminan untuk manusia lanjut usia yang memungkinkan nasabahnya terlindungi tanpa melihat usia ataupun kondisi kesehatannya.

Oleh karena itu, jenis asuransi ini sesuai untuk orang tua yang sudah berusia lanjut, ataupun yang memiliki banyak masalah kesehatan.

Kelebihan dari jenis asuransi ini adalah tidak rumit dalam pembeliannya karena tidak perlu ada cek kesehatan pada saat membeli polis ini. Namun, jenis asuransi ini memiliki kekurangan antara lain biaya preminya lebih mahal dibandingkan jenis asuransi jiwa lainnya.

Selain itu, asuransi jiwa jenis ini tidak dapat mengeluarkan pembayaran dalam jangka waktu 24 bulan setelah polis mulai dibuka sehingga apabila lansia pemegang polis meninggal dalam jangka waktu tersebut, maka tidak akan menerima uang pertanggungan dan hanya menerima uang yang sudah terlanjur disetor saja yang dikembalikan.

b. Asuransi Jiwa Berjangka

Kemudian ada jenis asuransi jiwa berjangka yang bisa dibeli oleh orang yang masih berusia muda karena akan merasakan manfaatnya dalam beberapa tahun setelah membeli polis tersebut.

Jenis asuransi ini cocok untuk nasabah yang memiliki beberapa tanggungan seperti cicilan KPR atau biaya sekolah anak dan biaya lainnya.

Akan tetapi, biasanya orang tua lanjut usia yang membeli jenis asuransi ini memiliki tujuan lain yakni untuk masa tua yang lebih nyaman karena memiliki uang simpanan.

Kelebihan dari jenis asuransi ini adalah jangka waktu pembayaran polis yang fleksibel dengan besaran nilai pertanggungan dan biaya premi yang bisa ditentukan sendiri.

Biasanya, besaran nilai pertanggungan berbeda-beda antar perusahaan asuransi, tergantung dengan biaya premi yang dibayarkan.

Selain itu, biaya premi asuransi ini juga lebih terjangkau bila dibandingkan dengan asuransi jiwa untuk seumur hidup.

Namun, jenis asuransi ini memiliki kekurangan antara lain persetujuan polis lebih sulit karena kebanyakan perusahaan asuransi hanya fokus pada isu-isu kesehatan dan keluarga.

Kemudian, tidak semua perusahaan asuransi menawarkan asuransi berjangka untuk lansia dengan umur di atas 80 tahun.

Selanjutnya, nilai pertanggungan dalam asuransi ini cenderung lebih besar, akan tetapi biasanya lansia tidak membutuhkan nilai pertanggungan yang terlalu besar.

c. Asuransi Jiwa untuk Seumur Hidup

Satu jenis asuransi jiwa lainnya adalah asuransi jiwa untuk seumur hidup yang merupakan asuransi jiwa yang paling cocok untuk lansia, khususnya untuk orang yang tidak ingin keluarga yang ditinggalkannya setelah meninggal nanti memiliki masalah finansial.

Tujuan dari asuransi jenis ini adalah untuk mengembalikan kondisi keuangan keluarga nasabah setelah nasabah meninggal dunia.

Namun, hal yang perlu dipahami dari asuransi ini adalah biaya premi bulanannya relatif besar, namun uang pertanggungannya juga pasti lebih besar.

Selain itu, jenis asuransi ini juga berfungsi sebagai instrumen investasi karena bisa meningkatkan nilai uang di masa depan dengan nilai pertanggungan yang besar di masa tua.

Tapi, seperti jenis asuransi lainnya, asuransi ini juga memiliki kekurangan. Yakni biaya preminya paling mahal di antara jenis asuransi jiwa lainnya. karena memiliki manfaat yang sangat banyak.

Selain itu, pada asuransi jenis ini berarti nasabah mengizinkan pihak asuransi berinvestasi atas nama nasabah yang besaran investasinya tidak sebesar investasi yang dilakukan secara individu.

Karena sistem investasi yang diterapkan manajer investasi di perusahaan asuransi cenderung konservatif.

Gambaran pentingnya asuransi jiwa untuk orang tua lanjut usia

Asuransi jiwa bermanfaat apabila orang tua yang menjadi nasabah telah berpulang karena asuransi bisa dicairkan kepada orang yang ditunjuk sebagai ahli waris nasabah.

Oleh karena itu, uang premi yang dibayarkan nasabah tidak akan terbuang percuma dan bisa dimanfaatkan oleh ahli waris terdaftar.

Gambaran atau ilustrasi dari manfaat asuransi jiwa adalah apabila seorang nasabah memiliki asuransi dengan biaya premi Rp2 juta setiap bulannya, maka dalam waktu 10 tahun akumulasi premi menjadi Rp240 juta. Uang premi sekaligus uang simpanan tersebut sangat membantu untuk keperluan biaya pengobatan.

Sistem asuransi seperti ini sebenarnya seperti memaksakan nasabah untuk menabung. Karena banyak orang yang sulit menabung di tengah banyaknya kebutuhan.

Nasabah yang memiliki asuransi akan memasukkan biaya premi ke dalam daftar pengeluaran rutin bulannya nya.

Sehingga dengan begitu maka tabungan melalui pembayaran premi terus berjalan. Walaupun dalam asuransi tidak terdapat bunga seperti di bank.

(Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Prudential Yang Mudah dan Tepat)

Namun, kelebihan dari asuransi adalah apabila ada nasabah yang meninggal sebelum masa waktu pembayaran premi selama 10 tahun, maka pihak asuransi akan membayarkan kepada pemegang warisan yang sudah disetujui sejumlah biaya premi selama 10 tahun yakni sebesar Rp240 juta.

Nasabah akan diuntungkan, namun pihak asuransi sama sekali tidak akan rugi. Karena punya banyak nasabah lainnya yang tidak mengalami kondisi serupa. Sehingga bisa melakukan perputaran uang.

Usia dan masa depan seseorang tidak ada yang tahu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila masa depan dipersiapkan dari sekarang. Tentunya melalui asuransi yang bisa memberikan perlindungan di masa tua nanti.

Untuk pengajuan asuransi yang aman dan terpercaya, kamu bisa melakukannya di CekAja!

[widg-hlt]

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti