Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Asuransi untuk Pensiunan, Lindungi Hari Tua Kamu  

by Gesti Weningtyas on 19 Maret, 2020

Dahulu beberapa generasi lama berlomba-lomba ingin menjadi aparatur sipil negara karena mereka memiliki jaminan hari tua atau asuransi dana pensiun. Tentu saja asuransi untuk pensiunan ini memberikan banyak sekali manfaat terutama bagi yang sudah tidak lagi produktif bekerja. Namun sekarang ini ini kamu bisa mendapatkan asuransi untuk pensiunan atau jaminan hari tua tanpa harus menjadi aparatur sipil negara.

Asuransi untuk Pensiunan, Lindungi Hari Tua Kamu

Selain itu dana yang tersedia di hari tua tentu akan sangat memberikan banyak manfaat karena saat usia telah bertambah produktivitas kerja pun juga menurun. Belum tentu dalam usia yang telah bertambah dan tidak lagi produktif kita bisa menghasilkan uang seperti saat masih muda belum lagi risiko risiko lainnya yang bisa menghampiri sewaktu-waktu. Maka untuk mengatasi hal ini asuransi pensiunan adalah solusi yang tepat.

Apabila kamu mencari asuransi untuk pensiunan atau yang sering disebut dengan Asuransi dana pensiun ada banyak sekali pilihan yang bisa kamu pertimbangkan untuk membeli produk Asuransi jenis ini. Dana pensiun kini bisa didapatkan oleh siapapun yang bekerja dan memiliki asuransi untuk pensiunan ini. Sehingga tidak hanya pegawai negeri atau aparatur sipil negara saja yang mendapatkan dana pensiun.

Manfaatnya Beragam

Kamu juga bisa memiliki produk asuransi untuk pensiunan dengan manfaat yang cukup beragam. Di Indonesia ada berbagai perusahaan asuransi yang menyediakan produk Asuransi dana pensiun ini. Jenis asuransi dana pensiun menjadi produk keuangan yang cukup diminati karena memberikan proteksi untukmu di masa yang akan datang. Apalagi, mengingat keuangan dan ekonomi masa depan yang tidak stabil maka ada baiknya kita mempersiapkan diri dengan memiliki produk asuransi untuk pensiunan ini.

Akan lebih baik jika kamu memiliki asuransi dana pensiun ini sejak dini untuk mempersiapkan berbagai hal yang mungkin saja bisa terjadi. Apalagi seorang karyawan atau pegawai yang bekerja di kantor dan sudah memiliki penghasilan tetap maka tak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk asuransi dana pensiun sebagai perlindungan di masa tua. Bukan hanya jaminan perlindungan penghasilan saja yang bisa kamu dapatkan setelah hari tua datang namun kamu juga bisa mendapatkan perlindungan lainnya seperti perlindungan jiwa dan perlindungan dari kecelakaan atau cacat tetap total.

Berikut merupakan beberapa pilihan asuransi pensiunan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera

Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera memberikan manfaat nilai investasi untuk dana hari tua loyalty bonus seumur hidup di tahun ke-7, selain itu ada pembebasan pembayaran premi untuk risiko penyakit kritis dan cacat tetap. Selain itu tertanggung juga mendapatkan perlindungan jiwa hingga usia 100 tahun. Syarat dan ketentuan umum yaitu usia masuk 18-70 tahun dengan masa pertanggungan hingga usia 65 tahun dan minimal premi yang dibayarkan Rp 1,5 juta per tahun.

Bila kamu ingin mendapatkan tabungan untuk masa tua, kamu juga bisa memanfaatkan Asuransi Mandiri Tabungan Rencana. Program Asuransi Mandiri Tabungan Rencana ini membuat kamu dapat mempersiapkan dan mewujudkan rencana yang bisa kamu persiapkan seperti membayar anak sekolah, liburan dan lainnya. Alhasil, tabungan ini kelak juga akan mempermudah perencanaan keuangan. Selain itu, tabungan ini juga memberikan fleksibilitas dalam menentukan dan mengubah setoran bulanan mulai dari Rp100.000/ US$10 per bulan. Jangka waktu cukup fleksibel (1-20 tahun). Nasabah juga dapat pengajuan asuransi tanpa melalui proses underwriting. Periode sisa angsuran akan dilanjutkan apabila tertanggung meninggal dunia atau menderita cacat tetap total.

2. Win Pension

Win Pensiun dari Astra Life ini menawarkan pilihan dana pensiun dari dana pensiun lembaga keuangan atau DPLK. Dengan menggunakan DPLK ini nasabah bisa bebas menentukan apa instrumen investasi yang akan dipilih apakah dana akan ditempatkan pada pasar uang atau di investasi lainnya seperti pasar modal. Dengan memilih investasi mana yang akan digunakan maka kamu bisa mendapatkan asuransi dana pensiun sesuai dengan keinginan.

Perlu kamu ketahui dana pensiun ini akan dikelola oleh lembaga keuangan yang kredibel dan terpercaya dan tentunya juga berizin. Setiap penasehat investasi ini memiliki reputasi yang sudah tak diragukan lagi dalam mengelola dana. Sehingga goma di hari tua nanti bukan hanya tabungan saja yang bisa kamu dapatkan namun juga manfaat Dana yang sudah berkembang karena digunakan dalam investasi pasar uang maupun pasar saham.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti manfaat pensiun yang akan dibayarkan saat masa pensiun dimulai, manfaat cacat tetap atau cacat total, selanjutnya adalah manfaat meninggal dunia yang akan dibayarkan kepada ahli waris.

3. AIA Protection Income Plan

AIA Protection Income Plan adalah pilihan asuransi pensiunan bagi kamu yang ingin menyimpan dana berupa tabungan dan investasi untuk masa tua kelak. Dengan menggunakan asuransi jenis ini kamu bisa merencanakan keuangan untuk dana pendidikan anak tabungan ibadah maupun perencanaan keuangan yang bisa kamu dapatkan di hari tua.

Kamu juga bisa menentukan perencanaan masa pertanggungan mulai dari 5 hingga 20 tahun sesuai dengan kebutuhan.Selain itu ada juga manfaat meninggal dan cacat tetap total yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki produk ini. Pastikan kamu telah memiliki asuransi dana pensiun sejak masih berusia produktif. Sebab kelak Jika kamu sudah bertambah usia dan tidak bisa bekerja lagi asuransi dana pensiun atau asuransi pensiunan ini ke depan yang akan membantu kondisi finansial mu agar hidupmu lebih nyaman.

(Baca Juga: Alasan Pentingnya Asuransi Pendidikan Anak)

Jika ada Manfaat Uang Tunai Tambahan, maka akan di transfer otomatis ke akun rekening yang terdaftar di AIA dan kamu bisa menentukan apakah pembayaran tersebut diambil secara berkala sesuai ketentuan polis atau diakumulasi. Pilihan tersebut dapat dilakukan berdasarkan persetujuan dari Pemegang Polis, serta dengan melengkapi Formulir Persetujuan Pembayaran dan diserahkan ke AIA.

Sedangkan untuk pengambilan manfaat yang diakumulasikan, besaran nilai tingkat suku bunga mengikuti kebijakan AIA. Kamu dapat melakukan pengambilan dana yang diakumulasikan sewaktu-waktu, dengan melengkapi dokumen yang diperlukan sebagaimana tercantum dalam ketentuan Polis. Jangan lupa untuk membaca polis asuransi yang telah kamu beli dengan teliti agar bisa mendapatkan manfaat dari asuransi dana pensiun secara optimal.

4. MiGolden Retirement

Asuransi dana pensiun dari Manulife ini mungkin bisa jadi pilihan buat kamu yang mencari produk asuransi untuk pensiunan. MiGolden Retirement memiliki banyak pilihan produk penempatan dana yang bisa kamu pilih. Apabila kamu menyukai investasi yang yang agresif dengan resiko yang cukup tinggi namun timbal balik yang lebih besar maka kamu bisa menempatkan dana untuk pensiun di investasikan ke pasar saham atau pasar modal. Manajer investasi akan mengelola dana agar kamu dapat menggunakannya saat pensiun nanti lebih berkembang.

Kamu bisa memilih jangka waktu dana pensiun yang akan diajukan mulai dari 5 tahun hingga 25 tahun. Kamu juga dapat memilih pilihan dana investasi untuk dana pensiun. Jika kamu memilih produk asuransi dari Manulife ini kamu akan mendapatkan manfaat pensiun normal yaitu di usia 40 tahun ada juga manfaat pensiun dipercepat yaitu 10 tahun lebih cepat dari usia yang seharusnya nya. Ada juga manfaat pensiun untuk cacat total dan tetap serta manfaat meninggal dunia. Semakin panjang jangka waktu yang kamu pilih tentunya akumulasi dana investasi pun akan semakin besar. Apabila kamu ingin mengambil produk Asuransi pensiunan ini maka sebaiknya kamu berkonsultasi dengan agen asuransi terkait untuk mendapatkan detail produk yang bisa kamu pilih terkait penempatan dana pensiunan.

Apabila kamu membutuhkan perlindungan dana tunai maka kamu mungkin bisa mempertimbangkan produk dari Manulife yaitu MiFUture Income Protector. Asuransi dana pensiun ini memberikan manfaat pembayaran tunai pada usia mapan 100% dan tertanggung juga akan mendapatkan pembebasan premi selama masa pembayaran premi apabila tertanggung meninggal dunia. Selain itu total 400% dana akan dibayarkan selama 20 tahun setelah tertanggung berada pada usia mapan.

5. iPension

iPension bisa menjadi pilihan buat kamu yang saat ini masih bekerja karena iuran ipension yang kamu bayarkan setiap bulan berasal dari penghasilan atau gaji kotor sebelum dipotong pajak penghasilan. Pembayaran iuran iPENSION menggunakan fasilitas penundaan pembayaran pajak, dan pajak pensiun akan dikenakan saat kamu mencairkannya di masa depan.

Pajak penghasilan yang dikenakan pada penghasilan kamu saat ini dibandingkan Pajak Penghasilan yang dikenakan pada saat kamu pensiun.  Keuntungan dari produk Asuransi ini yaitu kamu bisa mendapatkan pengembangan dana lebih optimal karena hasil investasi iPENSION bebas pajak. Jika kamu memiliki tabungan, deposito, surat obligasi atau saham maka setiap bulan setelah menerima bunga/pengembangan atas bunga tersebut secara otomatis akan dipotong pajak final 15-20%. Inilah yang membedakan menabung biasa dengan iPENSION karena hasil investasi bebas pajak. Pajak Pensiun akan dikenakan saat Anda mencairkan dana pensiun.

Kamu juga bisa mendapatkan pendapatan Bulanan Seumur Hidup. Lalu apabila peserta meninggal dunia, janda/dudanya akan menerima santunan bulanan sampai meninggal dunia, dilanjutkan santunan yatim sampai anak mencapai usia 25 tahun atau sudah menikah/bekerja. Jadi, kepastian manfaat seperti ini bisa dimiliki peserta iPENSION, bukan pegawai negeri saja.

Fleksibel dalam menentukan besarnya iuran, pilihan investasi, switching dana serta penarikan iuran sebelum usia pensiunan. Selain itu, tidak ada masa tunggu untuk menarik iuran iPENSION.

Pastikan Masa Tua kamu Terindungi

Nah, demikian adalah beberapa pilihan produk asuransi untuk pensiunan yang bisa kamu persiapkan dari sekarang. Sebab usia yang bertambah dan menu adalah keniscayaan namun mempersiapkan masa tua dengan kesejahteraan tentunya adalah pilihan. Saat ini, kamu mungkin sudah melakukan kerja keras dan banting tulang di usia muda maka di usia tua kelak tentunya kamu berhak menikmati apa yang sudah menjadi hasil kerja kerasmu selama bertahun-tahun dengan memiliki asuransi dana pensiun.

Kamu juga bisa memutuskan produk selain asuransi seperti tabungan yang mungkin bisa kamu pilih sebagai dana pensiun. Namun asuransi untuk pensiunan ini memiliki berbagai manfaat yang tentunya tidak ada pada tabungan biasa. Kamu juga dapat merencanakan asuransi untuk pensiun ini selama jangka waktu yang diinginkan dan jumlah premi yang harus dibayarkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jika kamu belum menemukan pilihan premi mana yang sesuai dengan kebutuhan maka  kamu bisa membandingkan produk Asuransi  dari berbagai perusahaan asuransi terbaik di cekaja.com.

Tentang Penulis