Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Asyik Suku Bunga Kartu Kredit Turun! Ini Keuntungannya Buat Nasabah

by Ariesta on 17 Januari, 2017

belanja menggunakan kartu kredit - CekAja.com

Kartu kredit sering dianggap sebagai biang masalah finansial. Padahal jika bijak menggunakannya, belanja menggunakan kartu kredit lebih menguntungkan karena banyaknya diskon dan promosi.

Nominal pembelanjaan ini oleh bank penerbit kartu kredit dikonversikan ke dalam poin/reward yang bisa kamu tukarkan dengan voucher belanja dan hadiah menarik lainnya. Sekali lagi, kartu kredit sebenarnya menguntungkan asalkan kamu menggunakannnya di saat yang tepat. Apalagi, sekarang Bank Indonesia mengeluarkan surat edaran No. 18/33/DKSP perihal Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu.

Dalam surat edaran tersebut tertera, untuk penyelarasan kondisi ekonomi terkini dan untuk mendorong efisiensi serta meningkatkan transaksi menggunakan kartu kredit oleh masyarakat, Bank Indonesia memandang perlu untuk melakukan penyesuaian terhadap batas maksimum suku bunga kartu kredit. Intinya, bunga kartu kredit yang tadinya sebesar 36% per tahun atau 2,95% per bulan turun jadi 26,95% per tahun atau 2,25% per bulan.

Memangnya apa sih keuntungan turunnya suka bunga kartu kredit bagi pemilik kartu kredit? Simak ulasannya berikut ini.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Nikmati belanja lebih banyak tanpa khawatir biaya bunga yang mahal

Prinsip menguntungkan dalam menggunakan kartu kredit di antaranya sebagai berikut:

  1. Belanja saat ada diskon/cash back dari kartu kredit dan membayar penuh sebelum jatuh tempo.
  2. Melakukan pembelian besar sehingga mendapat banyak poin dan melunasinya sebelum jatuh tempo.
  3. Cicilan nol persen dan membayar tagihan sebelum jatuh tempo.

Jika cicilan tidak termasuk bunga nol persen atau belum dibayar setelah jatuh tempo, maka Anda diharuskan membayar bunga. Mungkin kamu mengira perhitungan bunga dilakukan sesederhana jumlah tagihan x besar bunga. Kenyatannya, bunga dihitung berdasarkan selisih hari. Dan inilah yang membuat tagihan membengkak bagi si pemilik kartu kredit.

Setidaknya ada tiga komponen perhitungan bunga, yakni beban bunga transaski, beban bunga tagihgan bulan lalu, dan beban bunga pembayaran. Tapi karena bunga diturunkan menjadi 26,95% per tahun atau 2,25% per bulan, bunga yang harus dibayarkan saat mencicil barang lebih murah.

Namun perlu dicatat, BI tidak serta merta menurunkan suku bunga kartu kredit secara langsung. Ada periode transisi selama enam bulan. Paling lambat perubahan dilakukan tanggal 2 Mei 2017.

Transaksi pembelanjaan hingga tarik tunai menggunakan suku bunga yang sama

Selain sebagai alat bertransaksi, kartu kredit juga bersifat sebagai dana talangan. Menarik uang tunai lewat kartu kredit sama saja meminjam pada bank, namun dengan bunga yang lumayan. Tapi karena suku bunga akan diturunkan secara bertahap, beban bunga tarik tunai jadi berkurang. (Baca juga: Mari Belajar dari Suksesnya Perjalanan Karier Bruce Lee)

Semakin ringan mengubah metode pembayaran menjadi cicilan

Kamu yang selalu melunasi tagihan juga diutungkan dengan kebijakan ini.  Bunga rendah akan berguna jika kamu harus tarik tunai atau ingin mengubah metode pembayaran dari tunai ke cicilan.

Persoalan suku bunga kartu kredit ini memang sangat krusial bagi nasabah, terutama bagi mereka yang suka menunggak tagihan. Besaran suku bunga juga menjadi prinsip untuk memilih produk kartu kredit.

Dalam aturan umum kartu kredit, tak semua belanja dengan kartu kredit terkena bunga. Ini berlaku bagi nasabah yang disiplin membayar tagihan setiap bulan selalu dibayar lunas, sehingga tak terkena bunga.Tapi, ketika tagihan hanya dibayar sebagian atau jumlah nominal minimum, maka sisanya akan dikenakan bunga yang berlaku.

Semakin sedikit nominal yang dibayarkan untuk keseluruhan tagihan, makin besar bunga yang dibebankan. Jika kamu terus-terusan membayar sebagian atau minimal, maka bunganya akan terus berlipat-lipat.

Daftar kartu kredit yang berikan banyak promosi di sini

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami