Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Atur Jadwal Tidur Agar Tetap Bugar Saat Puasa dan Piala Dunia

by JTO on 4 Juli, 2014

Walau hanya menghabiskan waktu 2 jam, aktivitas sahur untuk berpuasa di bulan Ramadhan ternyata bisa mempengaruhi jam tidur. Apalagi, bulan Ramadhan kali ini bertepatan dengan diselenggarakannya piala dunia. Jam penyelenggaraan pertandingan yang rata-rata malam hari, mau tidak mau juga ikut andil besar bagi Anda untuk mengatur jadwal tidur.

Nah, agar Anda selalu lebih bugar dan tidak mengantuk saat beraktivitas, selain mengatur waktu tidur Anda juga dapat lakukan beberapa hal dibawah ini. Apa saja?

Curi waktu tidur

Telah banyak diulas oleh berbagai penelitian, bahwa kekuatan tidur siang 10-20 menit bisa membuat Anda lebih bugar dan segar disaat Anda kehabisan energi. Ini akan menjadi semacam obat saat Anda mengantuk karena harus bangun sahur dan menonton sepak bola di malam hari. Curi waktu tidur ini pada saat jam istirahat.

Kapan Anda harus tidur?

Pertanyaan ini terkait dengan kedisiplinan dan kuantitas dari aktivitas Anda. Biasanya, saat bulan Ramadhan banyak kantor yang mengurangi jam kerja untuk para karyawannya, dan menetapkan waktu pulang lebih cepat. Dengan begitu, Anda bisa tidur lebih awal sehabis ibadah salat tarawih. Terkait jadwal piala dunia, tetapkan waktu tidur yang bisa disesuaikan.

Berapa lama Anda tidur?

Pertanyaan ini terkait dengan kualitas dari tidur yang Anda miliki. Jangan sampai, Anda memiliki waktu lama untuk tidur, namun di sela-sela tidur Anda selalu terbangun. Entah karena mimpi buruk, bunyi berisik dari luar kamar Anda, atau hal lain. Nah, cobalah untuk meminimalkan hal-hal eksternal yang bisa membangunkan Anda di saat tidur. Sebab, akan lebih penting bila Anda tidur dengan waktu singkat namun berkualitas. Dibanding tidur dengan waktu lama namun selalu terganggu dan bangun.

Relaksasi sebelum tidur

Poin ini sangat terkait dengan poin sebelumnya. Banyak pakar yang mengatakan bahwa stress bisa mengganggu tidur. Karena itu, sebelum Anda berangka untuk tidur, lakukanlah semacam ritual relaksasi untuk memecahkan hubungan antara aktivitas harian Anda yang penuh stres dan waktu tidur Anda. Ritual ini dapat dilakukan dengan cara sederhana, seperti dengan membaca sesuatu yang ringan, mandi air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan dengan lampu redup, dan aromaterapi. Cobalah untuk tidak menonton TV atau menggunakan gadget sebelum tidur. Pasalnya, dua hal tersebut terkadang malah membuat Anda tidak mengantuk dan menunda waktu tidur.

Atur kenyamanan

Anda ingin tidur lebih cepat, lebih berkualitas, dan bisa bangun di saat yang tepat agar Anda dapat nonton bola dan melaksanakan sahur. satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menciptakan kenyamanan untuk tempat tidur Anda. Intinya, kamar Anda harus ideal untuk tidur. Dengan begitu, disaat Anda harus tidur Anda pun dapat tidur lebih cepat. Dan, disaat Anda harus bangun, baik untuk sahur ataupun menonton bola, Anda dapat bangun dengan cepat. Ciptakan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Gunakan kasur yang tepat dan bantal dapat berkontribusi untuk tidur yang lebih baik.

Cukup Nutrisi

Faktor ini tidak boleh ditinggalkan karena cukup penting. Tidur berkualitas bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Cobalah untuk menyantap buah dan sayur, serta meminum multivitamin di saat sahur atau berbuka. Hal ini dapat mampu menjaga kadar gula darah yang salah satu fungsinya ialah mengatur siklus tidur.

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami