Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Avengers: End Game Kalahkan Titanic!

by Gito on 7 Mei, 2019

Bagi para pecinta film Marvel, kamu pasti sudah menonton serial terbaru dari film Avengers? Mengambil judul End Game, serial yang dikabarkan menjadi serial terakhir dari seri Avengers itu sukses merebut hati penonton.

Terbukti hanya dalam waktu 11 hari, Avengers: End Game berhasil meraup penghasilan USD 2,188 miliar atau sekitar Rp31,17 triliun. Jumlah itu bahkan melampaui penghasilan film drama legendaris, Titanic.

Film yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet itu hanya berhasil menggondol penghasilan USD2,187 miliar selama masa penayangannya di tahun 1997.

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh tim Marvels Cinematic Universe (MCU) selaku franchise film Avengers memang patut diacungi jempol. Karena mereka mengambil langkah yang unik dan juga berbeda dalam promosi film ini.

Jika kamu suka mengkonsumsi makanan olahan dari restoran cepat saji McDonald’s, kamu pasti tidak akan ketinggalan promo Avengers: End Game. Ya, Marvel Studios menggandeng McDonalds untuk meluncurkan 24 karakter dari fim Avengers: End Game.

Aksi itu dilakukan sebagai salah satu rangkaian promosi penayangan film yang memakan biaya produksi sebesar USD350 juta hingga USD400 juta atau sekitar Rp5 triliun. Selain MCDonalds, Marvel juga menggandeng Hertz, perusahaan penyewaan mobil dan Geico perusahaan asuransi.

Selain itu, produsen mobil asal Jerman, Audi juga tidak luput dari bidikan Marvel Studios untuk diajak kerjasama. Tidak kurang sekitar 2 video promosi berhasil dibuat dari kerjasama itu. Seakan tak cukup, Marvel Studios juga menggandeng perusahaan minuman terbesar di Amerika Serikat, Coca-Cola.

Kamu yang menyukai minuman soda bisa mengkoleksi sekaligus menikmatinya minumannya. Karena dalam Coca-Cola kaleng terdapat edisi khusus yang bergambarkan karakter Avengers seperti Thor, Iron Man, Captain America, Captain Marvels, Nebula, Ronin, Hulk, War Machine dan juga Ant Man.

(Baca juga: 5 Film Marvel dengan Pendapatan Tertinggi Hingga Triliunan)

Jika dilihat memang promosi yang dilakukan oleh pihak Marvel terkesan “jor-joran”.  Tetapi melihat hasil yang didapat, sepertinya semua itu bisa terbalaskan dengan baik.

Oh ya, Marvel juga bekerjasama dengan produsen ponsel pintar asal Korea Selatan, Oppo. Oppo rencananya akan merilis Oppo F11 spesial edisi Angevers: End Game di 15 negara termasuk di Asia Tenggara dan juga Afrika.

Film garapan Russo Brothers itu menghabiskan biaya promosi sebesar USD200 juta atau sekitar Rp2,85 triliun. Angka itu jauh melebihi dana promosi Avengers: Infinity War yang menghabiskan dana promosi USD150 juta.

Selain hal tersebut diatas, berikut merupakan beberapa fakta menarik tentang film Avengers: End Game. Simak yuk!

(Baca juga: 5 Alasan Mengapa Captain Marvel Layak jadi Panutan Perempuan!)
Film Terbanyak di Twit

Selain berhasil memecahkan rekor box office, Avengers; End Game juga memecahkan rekor di dunia maya. Mengacu pada Twitter, sejak awal rilis di 24 April lalu, film yang sempat diputar penayangannya selama 24 jam di Indonesia itu juga menjadi film yang paling banyak di twit oleh penggemarnya.

Setidaknya terdapat lebih dari 50 juta twit tentang Avengers: Endgame sejak awal tahun 2019. Sementara sekitar 25 juta twit muncul selama seminggu terakhir ini.

Alhasil hashtag #AvengersEndgame sempat menjadi trending lantaran banyak penggemar film Marvel yang membicarakan film ini di twitter.

Tidak Ada Post Credit

Berbeda dengan film Marvel lainnya yang dibagian akhir cerita biasa disisipkan clue tentang kelanjutan film berikutnya. Dalam Avengers: End Game tidak ada format post-credit yang muncul setelah credit title tayang.

Hal itu dikarenakan Avengers: End Game merupakan film penutup dalam fase ke tiga MCU. Dikatakan End Game juga karena nantinya akan hadir sebuah buku baru yang berbeda dengan sebelumnya.

Ada Kampanye #DontSpoilTheEndgame Avengers: End Game

Sepertinya hanya di Avengers: End Game terdapat kampanye untuk tidak memberikan bocoran tentang bagaimana film itu berlangsung. Sejak sebelum tayang, Russo Brothers mengajak para pemain dan juga kru yang terlibat didalamnya untuk mengkampanyekan #DontSpoilTheEndGame.

Meskipun pada akhirnya larangan memberikan bocoran atau spoiler dicabut pada Senin kemarin (6/5), tetapi publik sudah terlanjur merespon kuat kampanye tersebut.

Sehingga terjadi sebuah insiden pemukulan terhadap seorang pria yang membocorkan jalan cerita Avengers: End Game di Hong Kong.

Nah bagaimana menurut kamu film tersebut? Apakah kamu puas? Tetapi tenang, jika kamu masih belum puas dan ingin menonton ulang Avengers: End Game, jangan khawatir, filmnya masih tayang di bioskop-bioskop kok.

Kamu juga bisa mmemanfaatkan promo dari kartu kredit kesayangan kamu untuk mendapatan promo menarik. Belum punya kartu kredit? Ajukan di CekAja.com, prosesnya mudah dan juga online, tidak perlu antri. Pilihan banknya juga ada banyak dan kredible semua. Yuk!

Tentang Penulis

Jurnalis, penyuka musik britpop, sangat suka dengan dendeng kering.