Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Awal Bulan, Ini 5 Cara Kelola Uang Biar Nggak Keburu Tekor

by Miftahul Khoer on 4 Februari, 2020

Masih tanggal belasan, tapi kantong sudah kempes duluan? Kondisi ini pasti cukup sering dirasakan banyak orang. Jalan kelar satu-satunya, ubah cara kelola uang milikmu di awal bulan.

cara kelola uang di awal bulan

Gajian memang saat paling menyenangkan. Saking senangnya, kamu tak sadar berfoya-foya menghabiskan uang tersebut di tanggal yang masih ‘belia’. Entah itu untuk berbelanja, makan ke tempat fancy, liburan, dan lain-lain sampai tak terasa gaji nyaris 0 rupiah.

Sayang banget! Gaji yang seharusnya kamu pakai untuk hal penting, malah sudah habis duluan. Lalu untuk memenuhi kebutuhan primer beberapa minggu ke depan, pakai apa lagi? 

Pastinya kamu tidak mau hal seperti ini terus-menerus. Daripada tersiksa dan menjalani hidup dengan tidak nyaman, berikut cara paling bijak mengelola uang di awal bulan setelah gajian:

1. Membuat budget  pengeluaran

Pernahkah kamu terpikirkan untuk membuat budget pengeluaran untuk harian, mingguan, bahkan bulanan? Meskipun terkesan sepele, tapi ini sangat penting. Dengan budgeting, kamu bisa mengatur pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan lebih bijak.

Perlu konsistensi dan niat yang kuat dari kamu supaya tak mudah tergoda menggunakan uang yang sudah dibagi ke dalam beberapa pos. Misalnya, kamu mempunyai gaji per bulannya Rp5 juta. Kemudian, kamu mau menabung Rp1 juta tiap bulannya. Maka kamu ada sisa Rp4 juta yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Lalu uang Rp4 juta ini kamu bagi-bagi untuk pengeluaran, semisal untuk makan satu bulan, pulsa atau internet, kebutuhan sehari-hari, bayar listrik atau air, dan membayar cicilan kalau kamu punya.

Usahakan kamu jangan tergoda untuk menggunakan uang yang sudah dibagi-bagi itu untuk keperluan lain. Kecuali kalau keperluan itu sangat mendesak dan butuh.

2. Irit uang makan

Tinggal di kota besar memang banyak godaannya. Ada saja keinginan kamu untuk makan makanan sesuatu yang sedang hits. Ketika sudah gajian, pasti akan dengan mudahnya menggunakan uang tersebut hanya untuk membeli makanan yang mungkin rasanya biasa saja, tapi mahal. Hal itu biasanya akan cenderung ke gengsi. Awas, kebiasaan ini bisa terus menguras dompet kamu.

Jika ingin lebih pandai mengelola uang di awal bulan, maka kamu harus irit uang makan. Kalau bisa, pilihlah makanan yang menang murah tapi enak. Mau semakin irit? Cukup membeli bahan-bahannya saja, lalu olah dan masak sendiri di rumah. Cara ini akan lebih menghemat uang ketimbang kamu membeli makanan yang sudah jadi.

Walau demikian, bukan makan di restoran berarti tak boleh sama sekali. Kamu masih bisa menikmati makanan di restoran, asalkan bisa mengatur intensitasnya.

3. Bijak saat shopping

Di saat lagi ada uang, tangan rasanya gatal ingin membeli barang-barang. Apalagi, jika barang tersebut menarik. Maka dengan ‘lapar mata’, kamu bisa langsung membeli barang tersebut, tanpa berpikir panjang apakah memang membutuhkan barang tersebut atau hanya sekedar nafsu saja. Kalau sudah begini, yang tersisa adalah gigit jari saat tanggal tua mulai datang, atau mungkin pertengahan bulan.

Bila kamu tidak mau mengalami hal tersebut, maka ada baiknya kontrol diri untuk tidak boros, apalagi membeli barang-barang tak penting secara berlebihan di awal bulan. 

Ketika berbelanja, utamakan membeli barang yang memang sedang kamu butuhkan. Membeli barang yang hanya untuk memenuhi keinginan saja sangat menunjukkan kalau kamu belum bijak dalam mengelola keuangan pribadi.

(Baca Juga: 8 Jurus Hemat Anak Kos untuk Bertahan Hidup di Tanggal Tua)
4. Manfaatkan diskon dan promo

Dalam persaingan bisnis, pasti akan ada yang namanya diskon dan promo. Hal ini dilakukan demi menarik konsumen  agar mau menggunakan barang dan jasa mereka.

Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan saat hendak membeli barang yang sedang dibutuhkan. Tapi, kamu harus pintar-pintar memilih diskon dan promo yang diberikan pada setiap produknya. Sebab, beberapa penjual terkadang menaikkan harganya dulu baru didiskon, alias sama saja. 

Semisal untuk program diskon tebus Rp1000 untuk item kedua, perhatikan harganya. Apakah memang benar-benar mengirit budget atau lebih baik membeli online saja yang notabene selalu lebih murah, karena tak ada cost di sewa tempat?

Dengan menggunakan momentum ini, otomatis kamu bisa menghemat uang. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan tapi dengan tidak mengeluarkan banyak uang.

5. Cari penghasilan tambahan

Kalau memang kebutuhanmu sangat banyak dan uang gaji bulananmu kurang mencukupi terlebiih kamu tipe orang yang tidak bisa berhemat, coba deh iseng-iseng cari penghasilan tambahan lain. Semakin besar penghasilan tambahan yang kamu dapat, maka akan semakin besar uang yang bisa kamu nikmati.

Ada banyak peluang yang bisa kamu ambil untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti membuka bisnis online, membuka jasa sesuai keahlianmu, maupun berinvestasi. 

Dengan penghasilan tambahan ini, maka kamu tidak hanya tertarik dari gaji bulanan saja. Bahkan, penghasilan tambahan ini mempunyai potensi yang bisa melebihi jumlah gaji yang biasa kamu terima tiap bulannya. 

Seperti itulah 5 cara kelola uang di awal bulan terampuh untukmu. Kuncinya adalah irit dan disiplin untuk mewujudkan keuangan yang lebih sehat di 2020 ini.  Bye bye tekor duluan pas masih tanggal muda!

Untuk hal urgent tak terduga, gunakan kartu kredit dimana kamu bisa membayarnya di bulan depan sehingga gajimu tetap utuh. Apply sekarang juga hanya di CekAja.com!

(Baca Juga: Simak Cara dan Syarat Pengajuan Kartu Kredit BNI Online)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.