Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Awas Bahaya, 5 Penyakit Ini Bisa Membunuhmu Hanya dalam Sehari!

by Rafly Aditia on 30 Desember, 2016

penyakit mematikan - CekAja.com

Seiring berkembangnya zaman, orang mulai meninggalkan gaya hidup sehat karena berbagai alasan. Hal tersebut tanpa disadari sama saja membuat diri lebih rentan terhadap risiko kesehatan yang ada.

Seperti kita ketahui, sekarang banyak penyakit berbahaya yang bisa merenggut nyawa seseorang dalam waktu singkat. Sekedar berjaga-jaga, ketahuilah 5 penyakit berbahaya yang bisa membunuh dalam sehari ini!

Meningitis

Meningococcal Desease atau juga biasa disebut dengan Meningitis merupakan infeksi meninges yang menyerang membran penutup otak dan sumsum tulag belakang. Peradangan meninges apabila parah dapat menyebabkan radang otak.

Bakteri Meningococcal merupakan bakteri yang sangat serius dan bisa menyebabkan kematian secara dini. Tanda-tanda seseorang terkena penyakit meningitis adalah sakit kepala yang parah, muntah, demam tinggi, hingga kaku leher.

Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit kritis yang paling banyak membunuh manusia di dunia. Berdasarkan penelitian dari WHO, terbukti bahwa 17,5 juta orang meninggal karena stroke pada tahun 2012.

Walau begitu, sebenarnya penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang bisa dcegah selama masih dalam fase awal. Caranya adalah dengan tidak merokok, menjalankan diet sehat dan aktif dalam berolahraga.

Kolera

Penyakit ini tersebar lewat bakteri yang ada pada air yang terkontaminasi. Kolera menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi dari diare yang benar-benar serius sehingga dalam hitungan jam saja bisa berakibat fatal bila tidak diatasi dengan baik dan cekatan.

(Baca juga: Sehat dan Hemat dengan Mengelola Tanaman Cara Hidroponik)

Biasanya penyakit kolera menjangkit para penduduk di lingkungan kumuh yang tidak memiliki sanitasi memadai.

Pes

Black death atau pes merupakan penyakit yang disebabkan oleh sebuah bakteri bernama Yersinia pestis. Setidaknya ada tiga jenis pes yang dapat terjadi, antara lain;

  • Bubonic plague yang akan menimbulkan pembesaran kelenjar getah bening.
  • Pneumonic plague yang menginfeksi tubuh bahkan hingga paru-paru
  • dan Septicemic plague dimana bakteri berhasil berkembang biak di dalam darah penderita.

Biasanya pes menyebar dnegan mudah di daerah yang tidak memiliki sistem sanitasi terjaga dan padat penduduk serta punya populasi hewan pengerat khususnya tikus yang cukup tinggi.

(Baca juga: 8 Makanan yang Minimalkan Risiko Penyakit Jantung)

Ebola

Virus Ebola memang mengerikan, Ebola dapat menyerang manusia dengan wujud penyakit demam dan pendarahan yang menular. Cara virus ini menyebar adalah lewat darah dan daging hewan yang terinfeksi, hubungan langsung dengan darah dan cairan tubuh/sekresi serta hubungan langsung dengan organ atau jenazah penderita.

Gejala Ebola antara lain diare parah, lemas, muntah, kelelahan berlebihan, sakit kepala hebat, serta demam tinggi yang mendadak.

Sebelum semua risiko sakit itu datang, karena itu kamu mesti siap asuransi kesehatan. Agar biaya atas risiko yang muncul tidak membuat khawatir.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.