Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

by Tisyrin N. T on 10 Januari, 2020

Memasuki musim hujan, virus flu biasanya  ‘bertebaran’. Walau terdengar sepele, penyakit ini mudah sekali menular dan cukup menganggu aktivitas sehari-hari. Flu hanyalah salah satu jenis penyakit yang kerap muncul di musim hujan. Nah, kita bisa terlindungi dari berbagai penyakit dengan sistem kekebalan tubuh yang mumpuni. Maka dari itu, hindari kebiasaan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ya, rupanya, kebiasaan atau perilaku kita juga berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh lho. Situs kesehatan WebMD melansir, gaya hidup dapat memengaruhi seberapa baik sistem kekebalan tubuh kamu dapat melindungi dari kuman, virus, dan penyakit kronis.

Mengganti kebiasaan yang buruk dengan kebiasaan lain yang lebih baik dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap ‘jagoan’. Inilah daftar kebiasaan atau perilaku buruk yang melemahkan sistem kekebalan tubuh seperti dilansir WebMD:

1. Kurang tidur
Kurang tidur - Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
source: honestdocs.id

Coba perhatiin deh, kamu lebih mungkin terserang flu atau infeksi lain ketika kamu kurang tidur. Studi juga membantu membuktikan bahwa orang yang beristirahat dengan baik dan menerima vaksin flu, mengembangkan perlindungan yang lebih kuat terhadap penyakit.

Tidur yang tidak cukup dapat menyebabkan kadar hormon stres menjadi lebih tinggi. Selain itu, hal ini juga dapat memicu lebih banyak peradangan di tubuh kamu. Meskipun para peneliti belum memastikan bagaimana tidur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi sudah jelas bahwa tidur yang cukup (biasanya 7 hingga 9 jam) untuk orang dewasa, adalah kunci untuk kesehatan yang baik.

(Baca juga: Pengen Lebih Sehat di 2020? Konsumsi 10 Jenis Makanan Ini)
2. Kamu gak olahraga
Kamu gak olahraga - Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
source: medicalnewstoday.com

Cobalah berolahraga sedang atau moderat seperti jalan kaki selama 30 menit setiap hari. Olahraga dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Jika kamu gak olahraga secara teratur, kemungkinan besar kamu akan lebih mudah terserang flu dibandingkan seseorang yang melakukannya.

Olahraga juga dapat meningkatkan hormon yang membawa perasaan positif di tubuh dan membantu kamu tidur lebih baik. Nah, kedua hal tersebut baik untuk sistem kekebalan tubuh kamu.

3. Pola makan kamu kurang baik
Pola makan kamu kurang baik - Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
source: wellandgood.com

Makan atau minum terlalu banyak gula akan membatasi sel-sel sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri. Efek ini berlangsung setidaknya beberapa jam setelah menenggak minuman manis.

Maka dari itu, makanlah lebih banyak buah dan sayuran, yang kaya akan nutrisi seperti vitamin C dan E, ditambah beta-carotene dan zinc.  Cobalah berbagai macam buah dan sayuran berwarna cerah, termasuk buah beri, buah jeruk, kiwi, apel, anggur merah, kangkung, bawang, bayam, kentang manis, dan wortel. Lalu, beberapa varietas jamur – seperti shiitake – juga dapat menyokong sistem kekebalan tubuh kamu.

Makanan lain yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh antara lain bawang putih segar, yang dapat membantu melawan virus dan bakteri, dan sup ayam klasik. Sebuah penelitian memperlihatkan, jika kamu terkena flu atau pilek, semangkuk sup ayam dapat membantu sembuh lebih cepat.

4. Kamu selalu stres
Kamu selalu stres - Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
source: medicalnewstoday.com

Setiap orang pernah mengalami stres, itu bagian dari kehidupan. Namun, jika stres berlangsung lama, itu membuat kamu lebih rentan terkena penyakit, mulai dari sekedar pilek hingga penyakit serius. Stres kronis membuat tubuh kamu dialiri hormon stres yang ‘menekan’ sistem kekebalan tubuh.

Kamu mungkin tidak bisa menghilangkan stres, tetapi kamu bisa berupaya untuk lebih baik dalam mengelolanya. Caranya antara lain dengan belajar bermeditasi, slow down, terhubung dengan orang lain, berolahraga hingga konseling.

Mengurangi stres artinya akan menurunkan kadar hormon stres. Hal ini membantu kamu menciptakan tidur yang lebih baik, yang juga sekaligus akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang bermeditasi secara teratur mungkin memiliki respon sistem kekebalan yang lebih sehat. Dalam satu percobaan, orang yang bermeditasi selama periode 8 minggu, membuat lebih banyak antibodi terhadap vaksin flu daripada orang yang tidak bermeditasi. Mereka juga masih menunjukkan peningkatan respon sistem kekebalan tubuh 4 bulan kemudian.

5. Kamu terlalu ‘terisolasi’
Kamu terlalu terisolasi - Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
source: scoopwhoop.com

Memiliki hubungan yang kuat dan jejaring sosial yang  baik  akan berpengaruh positif bagi kamu. Penelitian menunjukkan, orang-orang yang merasa terhubung dengan teman-teman – apakah itu beberapa teman dekat atau kelompok besar – memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat daripada mereka yang merasa sendirian.

Dalam sebuah penelitian, mahasiswa baru yang kesepian memiliki respon kekebalan tubuh yang lebih lemah terhadap vaksin flu daripada mereka yang merasa terhubung dengan orang lain.

(Baca juga: Diet Jantung Sehat, Ini 8 Cara Menyenangkan untuk Mempraktekannya)
6. Kamu kehilangan selera humor
Kamu kehilangan selera humor - Awas! Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Melemahkan Sistem Kekebalan Tubuh
source: thoughtcatalog.com

Tertawa itu baik untukmu, karena akan membatasi kadar hormon stres dalam tubuh dan meningkatkan jenis sel darah putih yang melawan infeksi. Dalam sebuah penelitian, pria diberitahu 3 hari sebelumnya bahwa mereka akan menonton video lucu. Hasilnya, tingkat hormon stres mereka turun.

Nah, selain menghindari kebiasaan atau perilaku di atas, yuk lindungi kesehatan keluargamu dengan asuransi terbaik! Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.