Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Awas! Kota-Kota Ini Terkenal karena Banyak Pencopet

by Ariesta on 4 Februari, 2016

Sikap waspada memang harus dilakukan di mana saja, terutama di tempat umum dan wilayah baru yang belum terlalu kamu kuasai. Sejak kecil kita pun diajarkan untuk menaruh tas di depan dan awas terhadap gerak-gerik mencurigakan saat berdesak-desakkan di angkutan umum.

Kecopetan memang bisa menjadi mimpi buruk. Apalagi sekarang ini modus pencopetan makin beragam. Mulai dari pura-pura sakit, pura-pura minta tolong, pura-pura bertanya, dalam sekejap seleting tas sudah terbuka dan dompet pun raib.  Terkadang uang yang hilang di dalamnya tidak seberapa dibandingkan kerepotan mengurus semua kartu dan dokumen yang hilang.

Coba bayangkan jika kecopetan terjadi saat kamu traveling ke luar negeri. Tidak hanya risiko kerugian materi dan perjalanan jadi berantakkan, kamu bisa-bisa tidak bisa pulang kalau paspormu ikut hilang. Nah kalau kamu mengunjungi kota-kota di bawah ini, kamu harus ekstra waspada. Dikutip dari Tripadvisor inilah daftar 10 kota di dunia yang harus diwaspadai karena banyaknya kasus pencopetan terhadap turis sepanjang tahun 2015. Berikut urutannya.

Widget TRV Insurance

1. Barcelona, Spanyol

Aksi pencopetan dengan turis sebagai sasaran utamanya bukanlah hal baru di Barcelona. Las  Ramblas, area yang ramai di kalangan turis karena selalu ramai baik pagi maupun malam merupakan wilayah nomor satu di mana para pencopet Barcelona mencari mangsa.

Tercatat sebanyak 115.005 kasus pencopetan tas terjadi sepanjang tahun 2015. Itu artinya terjadi 315 pencurian dalam sehari! Korbannya tidak hanya turis tetapi juga warga lokal. Polisi setempat memperkirakan jumlah kasus pencopetan sebenarnya lebih banyak lagi karena banyak korban yang tidak melaporkannya. Diperkirakan ada 6.000 pencopet berkeliaran setiap harinya di Barcelona.

(Baca juga: Traveler Harus Waspada! Ini Negara dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi)

2. Roma, Italia

Banyaknya bangunan tua dan bersejarah membuat Roma dipenuhi oleh turis yang berwisata outdoor. Waspadai wilayah Trevi Fountain atau Pantheon karena pencopet di sini terkenal mahir mencuri dompet dan kamera pengunjung. Sekali raib, barangmu sulit kembali karena mereka beraksi secara kelompok.

3. Praha, Republik Czech

Salah satu lokasi paling romantis di Praha, Charles Bridge, yang pastinya dijejali turis merupakan sasaran empuk bagi pencopet. Sebelum kamu mengunjungi lokasi terkenal lain seperti sungai Vltava dan kastil Praha, pastikan jika semua barang berhargamu aman terkunci di loker hotel.

4. Madrid, Spanyol

Lagi-lagi Spanyol masuk ke dalam daftar. Pasar kaget El Rastro dan metro yang padat merupakan lokasi utama para pencopet beroperasi. Setelah mendapatkan dompetmu, si pelaku akan mengopernya ke temannya yang lain. Setelahnya mereka akan berpencar untuk menyempurnakan penyamaran.

5. Paris, Prancis

Jangan terkecoh dengan keindahan dan kemegahan menara Eiffel. Dibalik gelar sebagai kota romantis, Paris juga bergelar kota pencopet. Modus pencopetan banyak dilakukan di metro alias kereta bawah tanah.

6. Florence, Italia

Florence memang surga bagi pencinta seni. Turis yang terkagum-kagum dan terlihat lengah merupakan sasaran empuk pencopet. Saat kamu sedang mengagumi patung David karya Michelangelo’s atau replika Piazza della Signoria, di saat yang bersamaan mungkin ada pencopetnya yang sedang mengagumi isi dompetmu.

7. Buenos Aires, Argentina

Modus paling terkenal yang dilakukan pencopet di Buenos Aires adalah orang lokal (yang sebenarnya pencopet) mencoba membersihkan pakaian turis yang terkena noda. Saat itulah dia akan membuka tas atau merogoh kantung targetnya secara diam-diam.

(Baca juga: Inilah Daftar Negara dengan Gaji Rata-rata Terendah di Dunia)

8. Amsterdam, Belanda

Atmosfer kota yang santai acapkali membuat turis lengah. Selain marak aksi pencopetan, kota ini juga terkenal akan maraknya pencurian sepeda. Selain menaruh ransel di depan, kamu juga harus waspada saat berdesak-desakan di dalam angkutan umum.

9. Athena, Yunani

Seperti yang disebutkan di atas, atraksi bangunan bersejarah yang dipenuhi turis merupakan wilayah pilihan pencopet untuk melakukan aksinya. Jangan bawa uang kas terlalu banyak dan berhati-hati saat membuka dompet jika kamu mengunjungi Parthenon.

(Baca juga: Sembilan Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia)

10. Ho Chi Minh City, Vietnam

HCMC memang terkenal bagi turis yang menyukai sejarah. Museum, lokasi peninggalan perang Vietnam, dan bangunan berarsitektur Prancis, memang menjadikan HCMC terkenal di kalangan turis mancanegara. Namun kota ini juga terkenal akan aksi pencopetan. Tak hanya dompet, para pencopet juga mengincar ponsel, tas, dan kamera.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami