Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Awas Terjebak Macet, Malam Ini Bakal jadi Puncak Arus Mudik!

by Gentur Putro Jati on 31 Mei, 2019

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan puncak arus mudik lebaran 2019 akan terjadi pada hari ini, Jumat (31/5). Sebab, hari ini merupakan hari terakhir masuk kerja para karyawan di Ibukota sebelum pekan depan memasuki masa cuti bersama yaitu 3 – 9 Juni 2019.

Macet Mudik Lebaran

“31 Mei puncaknya,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa hari lalu.

Prediksi Kemenhub ini diamini oleh manajemen PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang juga memprediksi puncak volume arus mudik yang melintas di Gerbang Tol Palimanan Utama terjadi pada hari ini atau H-5 Idul Fitri 1440 H. Mereka juga memperkirakan kenaikan total volume kendaraan naik 12 persen dibanding tahun lalu.

(Baca juga: Tempat Wisata Penghilang Penat di Jalur Mudik Lampung, Cek Yuk!)

Deputy General Manager HR & General Affair Jasa Marga Cabang Palikanci, Zakaria, mengatakan akan ada 80.912 kendaraan yang melintas pada H-5 Lebaran di GT Palimanan Utama. Dibandingkan jumlah kendaraan pada hari biasa rata-rata sekitar 14.282 kendaraan, volume kendaraan di puncak arus mudik ini meningkat 455 persen.

Gelombang Pertama

Gelombang arus mudik sudah mulai terjadi sejak kemarin. Sistem satu arah di tol Trans Jawa dari mulai Cikampek hingga Brebes Barat. Hari ini sistem one way diberlakukan mulai pukul 06.00 WIB untuk mengantisipasi pemudik yang berangkat setelah sahur.

Meski pemerintah dan Jasa Marga memprediksi hari ini merupakan puncak arus mudik, ramalan berbeda diungkapkan oleh pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Polri memprediksi puncak arus mudik lebaran 2019 justru terjadi pada Minggu (2/6) atau H-3 lebaran pada Rabu (5/6).

“Walaupun pemerintah memberikan libur nasional dan cuti bersama yang panjang, tetapi puncak mudik adalah H-3 Lebaran,” kata Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri, Kamis (30/5) dikutip dari Antara.

Sebaliknya, untuk arus balik Polri memprediksi puncaknya bakal jatuh H+3 Lebaran atau Sabtu, 8 Juni 2019. Pada puncak arus balik, sekitar 22,4 persen dari pemudik diperkirakan akan kembali ke kota tinggalnya.

Sensasi Macet

Jadi buat kamu yang sudah siap untuk berangkat mudik hari ini atau Minggu (2/6), siap-siap saja untuk merasakan sensasi kemacetan luar biasa yang selalu terjadi setiap musim libur Lebaran.

Beberapa titik rawan macet menurut Jasa Marga antara lain sepanjang Tol Palikanci berada di Off Ramp gerbang tol (GT) Ciperna Barat, On Ramp GT Palimanan 3, dan Off Ramp GT Kanci. Sementara di tempat peristirahatan, Jasa Marga menyebut titik rawan macet berada di Rest Area 207 A ke arah Brebes.

Jasa Marga mengantisipasi keadaan itu dengan menambah kapasitas transaksi GT dengan menambah gardu transaksi. Mereka juga menambah personel pengatur lalu lintas, rambu-rambu petunjuk arah, dan petugas kebersihan.

Penambahan tempat peristirahatan juga ditempuh untuk mengatasi potensi membeludaknya pemudik di tempat-tempat yang sudah ada. Tempat peristirahatan sementara disiapkan di KM 204 Jalan Tol Palikanci. Lalu berkenaan dengan penerapan satu jalur di jalan tol, Jasa Marga berjanji menambah rambu-rambu yang memudahkan pengendara.

(Baca juga: Mudik Pakai Mobil? Perlengkapan Ini Jangan Sampai Lupa Dibawa Ya!)

Sebelum mudik, pastikan kamu membawa uang tunai yang cukup untuk membeli berbagai kebutuhan selama di perjalanan. Namun, kamu juga bisa menggunakan kartu kredit yang bisa kamu peroleh dari CekAja.com untuk memudahkan transaksi kamu.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum