Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Awas Tertipu Travel Haji dan Umroh Bermasalah, Ini Cara Mengantisipasinya!

by Rafly Aditia on 1 September, 2016

Memilih travel haji dan umroh memang tidak boleh sembarangan. Selain perbandingan harga, masih ada berbagai faktor lain yang perlu diperhatikan. Oleh karenanya, kamu yang berencana naik haji maupun umroh harus mengetahui semua faktornya agar tidak mudah terjebak dengan tawaran harga murah travel abal-abal.

Untuk kamu yang punya rencana naik haji dan umroh, berikut tips memilih agen travel haji dan umroh agar tidak tertipu dan mengalami kerugian:

[widg-ctrv]

Cek ke Kementerian Agama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apakah travel haji dan umroh pilihanmu punya izin resmi dari Kementerian Agama RI? Caranya gampang sekali, cukup kunjungi website resmi kemenag.go.id dan cari tahu apakah travel pilihanmu sudah punya izin resmi atau malah izinnya sudah tidak berlaku. (Baca juga: 7 Motor Sport Keluaran Tahun 2016 yang Cocok Dijadikan Tungangan Sehari-hari)

Pastikan travel pilihanmu anggota asosiasi resmi

Langkah selanjutnya cari tahu apakah travel pilihan-mu sudah masuk dalam anggota asosiasi penyelenggara umroh dan haji seperti ASPHURINDO atau HIMPUH. Biasanya, travel yang sudah tergabung dalam asosiasi tersebut memiliki reputasi yang baik dan terjamin.

Cek jadwal keberangkatan

Hal penting lain yang harus diketahui adalah kepastian jadwal keberangkatan, pesawat apa yang digunakan dan informasi penting lainnya perihal keberangkatan. Terutama untuk umroh, jika travel pilihanmu tidak bisa menentukan tanggal keberangkatan dengan pasti maka travel tersebut perlu diragukan reputasinya. (Baca juga: Deretan Wanita Ini Bukti Bahwa Perempuan Bukan Hanya Konsumen Industri Fesyen)

Harga paket dan biaya umroh harus masuk akal

Bila biaya naik haji yang ditawarkan oleh travel pilihanmu tidak masuk akal, yakni terlalu murah dibandingkan harga paket rata-rata, tawaran tersebut patut dicurigai. Untuk itu lakukan pengecekan ulang dengan menyesuaikan harga dengan travel lain serta fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Hati-hati, jangan mudah tergiur dengan tawaran harga miring travel umroh dan haji abal-abal.

Ingin mengumpulkan dana untuk naik haji dan umroh? Pilih instrumen investasi terbaik untuk mengembangkan dana kamu di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami