Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Ayo, Tes Seberapa Sehat Diri Kamu dengan 15 Ujian Ini

by Ariesta on 1 Februari, 2017

Pagi Lebih Sehat dan Produktiv - CekAja

Sehat ditandai dengan tubuh yang fit. Coba tes dirimu sendiri, apakah baru naik dan turun tangga sekali saja kamu sudah terengah-engah?

Mungkin dari bentuk tubuh, kamu merasa sehat karena tidak terlihat kelebihan atau kekurangan berat badan. Tapi coba lakukan push up dan plank delapan hitungan. Masih merasa sehat? Kalau kamu penasaran seberapa kuat dan fit tubuhmu, lakukan 15 gerakan olahraga ini untuk mengetesnya.

Dapat menyentuh kaki dengan mudah

Kalau ingin mengetes kelenturan tubuhmu, coba sentuh ujung kaki atau cium lututmu. Jika otot di sekitar tangan, pundak, punggung, dan kaki terasa kaku, tandanya kamu kurang olahraga. Cara mudahnya adalah menggunakan hamstring stretch, sebuah karet elastis selama 30 detik setiap tiga minggu sekali. Hasilnya bisa kamu rasakan setelah sebulan.

Mampu melakukan plank minimal 60 detik 

Kalau berhasil melakukannya, tandanya kamu punya abs dan punggung bawah yang kuat. Plank termasuk gerakan yang sulit dilakuakan. Orang dengan perut buncit pasti sulit melakukannya.

Sanggup berlari 2 mil

Berlari 2mil atau 3,2 kilometer merupakan tes ketahanan tubuh yang dilakukan militer Amerika. Tapi tenang saja, kalau kamu tidak begitu suka berlari, kamu bisa menggantinya dengan bersepeda, berenang, dan aerobik dengan risiko cedera lebih rendah.

Bisa tidur nyenyak

Percaya atau tidak, tidur nyenyak merupakan salah satu tanda bahwa tubuhmu fit atau sebaliknya. Berdasarkan artikel kesehatan di Psychology Today, olahraga bisa menguatkan sistem circadian dan mengobato insomnia. Kalau kamu menderita insomnia akut, coba tingkatkan aktivitas fisik dengan melakukan jogging setiap hari.

Bisa melakukan 20 hitungan lunge

Gerakan lunges berguna untuk menguatkan kaki dan bokong. Lunge memang mengoptimalkan banyak fungsi otot. Inilah mengapa gerakan ini sulit dilakukan. Kalau kamu bisa melakukan 20 hitungan lunge tanpa jatuh atau goyang, artinya tubuhmu memang fit.

BMI tepat

BMI (Body Mass Index) adalah kadar relatif lemak tubuh seseorang yang sudah dewasa dengan usia 20 tahun ke atas. BMI digunakan untuk menentukan status berat badan seseorang apakah seseorang memiliki badan yang terlalu kurus, ideal, atau terlalu gemuk.

Terlalu kurus: kurang dari 18,5

Sehat: 18,5 – 24,9

Kelebihan berat badan: 25 – 29.9

Obesitas: lebih dari 30

Sekarang sudah banyak situs BMI online di mana kamu hanya tinggal memasukan tinggi badan dan berat badan untuk mengetahui BMI.

Dapat melakukan push up 27 hitungan 

Push-up merupakan gerakan sederhana yang bisa mengukur seberapa fit dirimu. Meski sederhana, orang yang obesitas pasti kesulitan melakukannya. Ada banyak varian push up untuk mengetes ketahanan tubuh. Salah satunya push up satu tangan.

Denyut jantung normal

Saat olahraga, denyut jantungmu memang meningkat. Namun denyut jantung normal saat istirahatlah yang menjadi indikator kamu sehat atau tidak. Denyut jantung istirahat bisa menginformasika berapa kali jantung berdetak per menit ketika sedang duduk diam. Rentang normal ada di angka 50-100. KAmu juga bisa mengukur tingkat kebugaran dengan menghitung berapa lama detak jantung kembali normal setelah selesai berolahraga. Semakin cepat kamu pulih, berarti semakin sehat pula tubuhmu.

Naik lima anak tangga tanpa jeda

Yang satu ini mungkin terdengar tidak masuk akal. Namun Harvard Health Publications menjelaskan ahli bedah toraks di Amerika akan meminta pasien menaiki lima anak tangga tanpa berhenti untuk melihat apakah mereka cukup fit dalam menjalani operasi paru-paru. Sementara sudah banyak cara tes yang lebih modern, metode tangga ini masih menjadi tes dipakai untuk menguji kardiovaskular.

Sanggup bangun tanpa bantuan

Ini adalah tes yang bisa kamu coba di mana saja setiap saat. Yang harus kamu lakukan adalah duduk di lantai (bukan bertumpu pada lutut), kemudian berdiri tanpa menggunakan lutut, tangan, atau bagian lain dari tubuh. Tes ini untuk menguji kekuatan otot, fleksibilitas, keseimbangan, dan koordinasi. Jika kamu memiliki kesulitan bangun tanpa bantuan, kamu harus fokus melakukan latihan yang membangun koordinasi seperti berdiri pada satu kaki sambil mengangat satu lengan.

Mampu melakukan wall sit

Kamu juga bisa mencoba tes ini di rumah. Caranya dengan bersandar di dinding dengan posisi duduk. Punggungmu harus lurus dan lutut harus membentuk sudut 90 derajat. Ukuran fit bagi pria adalah bisa menahan posisi tersebut selama 100 detik, sedangkan wabita 60 detik. Tes ini bertujuan untuk menguji otot tubuh bagian bawah. (Baca juga: 3 Tipe Orang yang Ditakdirkan untuk Sukses, Kamu Termasuk?)

Bisa loncat setinggi 8 kaki

Tes berikutnya adalah menguji sejauh apa kamu dapat melompat. Posisikan kaki selebar bahu. Lalu, tekuk lutut saat mengayunkan lengan ke belakang. Ayunkan sambil bergerak maju dan melompat sejauh yang kamu bisa. Jika bisa meloncat setinggi 6 kaki (1,8 meter), kamu sudah tergolong sehat. Tubuhmu sangat fit kalau bisa loncat sampai 8 kaki (2,4 meter).

Dapat lari 200 meter dalam 30 detik

Siapapun bisa lari sejauh 200 meter dengan mudah. Tapi jika bisa melakukannya hanya dalam 30 detik, tubuhmu tergolong fit. Juara Olimpiade Usain Bolt bisa berlari 200 meter dalam waktu kurang dari 20 detik. Perlu meningkatkan kecepatan? Cobalah melakukan treadmill dan squat untuk mengencangkan tubuh bagian bawah.

Bisa melakukan 60 sit up dalam 1 menit

Sit up juga tergolong gerakan populer. Tapi bisakah melakukan 60 sit up dalam 1 menit? Untuk memulai tes ini, tekuk kaki lalu letakkan kedua tangan di belakang kepala. Jika ingin abs terbentuk, jangan turunkan tangan. Kalau tidak bisa melakukan sampai 60 sit up, 45 pun sudah menunjukkan bahwa tubuhmu fit.

Tentang Penulis