Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Baca Buku Ini Bisa Bikin Kamu Makin Kaya

by Ariesta on 10 Januari, 2016

investasi barang langka - CekAja.com

Kalau ingin kondisi keuanganmu sehat, tentunya kam harus rajin-rajin meningkatkan pemahaman soal finansial. Ingin mengubah kebiasaan buruk dalam mengelola uang? Berarti kamu harus mengubah pola pikirmu tentang uang.

Tak perlu mengikuti seminar, empat buku berikut akan mengubah pandanganmu tentang uang dan membuatmu mandiri secara finansial. Buku-buku berikut juga membantumu dalam menentukan goal finansial yang ingin kamu capai.

 “The Millionaire Next Door”

Buku ini menantang asumsi yang dimiliki kebanyakan orang Amerika tentang menjadi kaya. Ini terlihat dar kebiasaan para miliarder dalam mengelola aset mereka . Buku ini menyoroti kesalahan umum yang dibuat orang Amerika ketika mereka mencoba membangun kekayaan atau ketika mereka ingin bertindak seolah-olah mereka kaya. The Millionaire Next Door wajib kamu baca jika kamu ingin memahami perbedaan antara benar-benar kaya dan kaya yang biasa saja.

“The Total Money Makeover”

Dave Ramsey menantang caramu dalam memandang uang. Ia menjabarkan cara-cara yang akan membantumu keluar dari utang sehingga kamu bisa benar-benar mulai membangun kekayaan. Secara terperinci, Ramsey menuliskan tujuh langkah supaya para pembacanya bisa meraih kemandirian finansial. Rencana ini memang membutuhkan pengorbanan dan kerja keras namun sangat jitu.

Jika kamu meluangkan waktu untuk menerapkan prinsip yang ia ajarkan, kamu bisa keluar dari jeratan uang dengan cepat. Ramsey juga menuntunmu untuk pensiun dengan nyaman sampai bisa meninggalkan warisan untuk anak-anak. (Baca juga: Sembilan Benda yang Bisa Datangkan Keuntungan Besar Ketika Jadi Investasi)

“Rich Dad, Poor Dad”

Rich Dad, Poor Dad merupakan buku best seller. Sama seperti dua buku di atas, buku ini juga menantang pandangan kekebanyakan orang Amerika dalam melihat uang. Penulis menjelaskan bagaimana melihat uang dengan cara yang berbeda yang dipelajari dari ayah sahabatnya. Ia juga membahas tentang mendapatkan penghasilan dari lebih dari satu sumber dan menggunakan real estate untuk membangun kekayaan. Dia juga membuatmu berpikir ulang tentang hal-hal yang selama ini kamu pikir sebagai aset bagus.

Sebagai contoh, rumah bukanlah aset kalau kamu harus mengeluarkan biaya perawatan setiap bulan. Buku ini juga cocok bagi kamu yang ingin membangun kekayaan dan menjadi mandiri secara finansial. Akan tetapi,kamu tetap perlu berhati-hati mengikuti saran-saran di dalamnya  agar tidak berakhir dengan utang. (Baca : Orang terkaya di dunia )

 Your Money or Your Life: Transforming Your Relationship with Money

Tak hanya tentang uang, buku ini juga akan menantang cara pandangmu tentang waktu. Latihan-latihan yang tersedia memberi kesempatan untuk mengevaluasi apakah tujuan hidupmu sesuai dengan pekerjaan dan situasi keuangan saat ini. Buku ini berisi rencana-rencana yang dapat membantumu untuk memiliki goal finansial sesuai dengan tujuan hidup. Saran-saran di dalamnya juga membantumu untuk mendapatkan kemandirian finansial dari waktu ke waktu. Bahkan jika Anda tidak sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip dalam buku ini, strategi filsafat dan investasi dasar di dalamnya berguna agar kondisi finansialmu ke arah lebih baik.

Setelah membaca buku-buku di atas, jangan lupa untuk menerapkan ilmunya dengan cara berinvestasi.

Tentang Penulis