Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Mau Backpackeran ke Malaysia Modal Rp2 Juta? Begini Caranya

by Miftahul Khoer on 29 November, 2019

Yang ada di pikiran orang tentang traveling adalah harus mempersiapkan banyak uang, apalagi untuk plesir ke luar negeri. Biasanya biaya terbesar yang dialokasikan adalah untuk tiket pesawat dan juga akomodasi selama di destinasi wisata.

Bagi yang ingin jalan-jalan ke luar negeri dengan biaya terjangkau, Malaysia menjadi salah satu opsi destinasi yang layak dipertimbangkan. Kamu bisa jalan-jalan ke Malaysia dengan uang tidak lebih dari Rp2 juta. Mau tahu caranya?

1. Berburu tiket pesawat promo

Berburu tiket pesawat promo

Tiket pesawat memang menyedot banyak anggaran saat akan berwisata. Tapi, bisa disiasati dengan mencari tiket pesawat promo untuk menekan anggaran.

Dalam berburu tiket murah, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah memilih waktu untuk memesan tiket. Waktu terbaik memesan tiket adalah pada pukul 11 malam karena maspakai memiliki sistem seat control untuk membatalkan pemesanan tiket pesawat yang tidak aktif.

Banyak orang yang memesan tiket namun belum membayarnya dan pada jam 11 malam adalah waktunya maskapai membatalkan reservasi yang tidak aktif, sehingga ketika pembatalan pesanan dilakukan maskapai, maka harga tiket menjadi lebih murah dari biasanya.

Kamu juga bisa melakukan pembandingan harga tiket pesawat di berbagai aplikasi penjualan tiket online yang ada saat ini.

(Baca juga: 50 Pulau Terbaik di Dunia 2019, Ternyata Bali Salah Satunya!)

Lakukan pembelian tiket pada saat low season atau pada saat bukan musim liburan. Pesan tiket jauh-jauh hari atau sekitar 3 bulan sebelum keberangkatan.

Untuk ke Malaysia, banyak promo perjalanan dengan harga hanya Rp700 ribu untuk penerbangan pulang pergi sehingga bisa sangat mengurangi alokasi anggaran untuk penerbangan.

2. Jangan gengsi tinggal di hotel murah

Jangan gengsi tinggal di hotel murah

Sama seperti di Indonesia, di Malaysia juga banyak hotel dan tempat penginapan dengan harga terjangkau sekitar Rp200 ribu-Rp300 ribuan semalam, namun memiliki fasilitas yang cukup layak dan memuaskan.

Kalau kamu jalan-jalan bersama teman-teman, kamu bisa berbagi kamar satu untuk berdua sehingga harga sewa penginapan pun dibayar secara patungan. Selain itu, cari penginapan yang dekat dengan akses transportasi umum seperti stasiun MRT untuk menghemat biaya transportasi.

3. Pakai transportasi umum

Pakai transportasi umum

Sarana transportasi umum di Malaysia sudah bagus sehingga sangat nyaman untuk digunakan oleh para wisatawan, yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat dana liburan selama di sana.

Kamu bisa menggunakan bus Go KL untuk berkeliling Kuala Lumpur hingga menara Petronas, dan kabar baiknya adalah bus ini gratis dan juga tersedia WIFI jadi kamu bisa tetap eksis selama perjalanan.

Alternatif transportasi lainnya adalah kamu bisa menggunakan MRT, LRT, ataupun kereta api untuk menyambangi daerah yang ingin kamu tuju. Atau untuk lebih hematnya lagi, kamu bisa berjalan kaki untuk tamasya berkeliling kota sambil melihat-lihat pemandangan yang ada.

4. Kunjungi tempat wisata gratisan

Kunjungi tempat wisata gratisan

Di Malaysia banyak tempat wisata gratis untuk sekadar foto-foto untuk konten media sosial kamu. Tempat-tempat tujuan gratis yang ada antara lain Batu Cave, Petronas Twin Tower, dan Masjid Jamek.

Kalau kamu mau berbelanja, coba kunjungi Central Market untuk membeli oleh-oleh seperti coklat-coklat kekinian atau souvenir lainnya. Selain itu, untuk makan selama di Malaysia, kamu bisa coba makan di kaki lima yang ada di Chinese Town yang menjual berbagai makanan dengan harga terjangkau dengan harga mulai dari 1 ringgit atau sekitar Rp3 ribuan untuk nasi lemak.

(Baca juga: 7 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah, Kepoin Yuk!)

Pilihan makanan bisa kamu sesuaikan. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan kehalalan makanan yang dijajakan, karena Malaysia sama seperti Indonesia yang mayoritas muslim sehingga makanan halal banyak tersedia. 

Alokasi anggaran jalan-jalan untuk masing-masing orang tentu berbeda sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Meski begitu, tentu jalan-jalan murah selalu menarik bagi semua orang.

Meski mengejar bujet terendah untuk liburan, namun tidak ada salahnya untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi saat kamu berada di negara orang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mengantongi kartu kredit dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI untuk keadaan darurat.

Pilih dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan liburan kamu, melalui CekAja.com sekarang juga! Cek berbagai benefit kartu kredit BRI, di sini.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.