Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bagaimana Caranya Memilih DP Motor yang Baik?

by lhmdi on 14 November, 2016

Membayar menggunakan Down payment atau dp motor saat ingin membeli kendaraan bermotor seperti Honda, Suzuki, Yamaha tentunya bukanlah hal yang baru.

Saat masyarakat tidak memiliki uang tunai yang cukup untuk membeli kendaraan bermotor, namun di saat bersamaan, kebutuhan akan transportasi semakin tinggi, maka mencicil dengan cara membayar uang muka atau dp adalah solusinya.

Biasanya ini terjadi karena uang muka yang ditawarkan oleh leasing atau dealer motor biasanya sangat, murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Namun tentunya tidak semua pengajuan kredit motor akan selalu disetujui dan biasanya disebabkan oleh banyak faktor.

Agar tidak binggung sebelum mengajukan DP motor Honda, pastikan terlebih dahulu mengetahui beberapa tips berikut ini:

1. Pilih lembaga pembiayaan atau leasing yang baik

Setelah siap memilih motor yang Anda inginkan, sekarang saatnya memiliah lembaga pembiayaan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memilih lembaga pembiayaan yang bekerjasama dengan bank tertentu agar memudahkan saat melakukan pembayaran cicilan.

Pastikan juga lembaga pembiayaan yang Anda pilih sudah memiliki kredibilitas baik dalam melayani pembelian motor secara kredit. Anda bisa mencari informasi lengkapnya dengan bertanya kepada teman atau kerabat terlebih dahulu.

  1. Pilih fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Beberapa lembaga pembiayaan biasanya selalu menambahkan berbagai macam promo-promo atau hadiah langsung ketika Anda mengajukan kredit untuk membeli motor. Beberapa diantaranya adalah ponsel pintar atau televisi terbaru dan lain-lainnya.

Namun, jangan tergiur dengan promo-promo menarik. Namun, tentukan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya bagaimana cara pembayarannya, apakah motor yang dibeli sudah dibekali asuransi, bagaimana proses pelunasannya, kapankah pengambilan BPKB bisa dilakukan dan lain-lainnya.

Cara ini lebih penting untuk diketahui, agar Anda tidak terbebani dengan berbagai syarat pembayaran yang justru dapat menambah beban pengeluaran keuangan. Jadi pastikan bertanya dengan sangat lengkap dan detil kepada lembaga pembiayaan yang Anda pilih saat mengajukan pembelian motor nantinya.

  1. Ajukan dp motor dengan nilai nominal besar

Uang muka atau dp secara umum merupakan salah satu pertimbangan yang dipilih oleh lembaga pembiayaan ketika masyarakat mengajukan kendaraan bermotor. Sebagai contoh, jika Anda mengajukan dp motor merk honda dengan nilai yang besar, maka proses persetujuan dari lembaga pembiayaan biasanya bisa dilakukan secara cepat.

Sebagai contoh, ketika Anda ingin mengajukan kredit untuk pembelian motor Honda dengan harga On The Road senilai Rp 13. 850.000, maka lakukan pembayaran dp motor honda senilai 30%. Berarti nilai akhir dari uang muka yang akan dibayarkan senilai Rp 4.000.000.

Secara umum, jika seseorang mengajukan dp motor dengan nilai nominal yang besar, maka peluang untuk disetujui oleh lembaga pembiayaan semakin besar.

 

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami