Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Bagaimana Kehidupan Istri-istri Para Miliarder di Dunia?

by Ariesta on 5 April, 2016

Melinda Gates_kartu kredit - CekAja.com

Di balik pria sukses, ada wanita hebat di belakangnya. Ungkapan ini memang cocok untuk menggambarkan betapa besar peran istri dalam setiap langkah suami menuju kesuksesan. Begitu juga yang dilakukan istri-istri para miliarder di dunia. Beberapa di antara mereka terkenal cerdas, berpendidikan, murah hati, dan pastinya selalu siap sedia mendukung suami.

Mereka membantah tuduhan ‘cewek matre’ karena ternyata mengenal sang suami jauh sebelum suami menjadi miliarder. Kalaupun menikah setelah sang suami kaya, mereka membuktikan kalau mereka tidak sekedar berparas cantik, tapi juga berotak cerdas sehingga memang pantas bersanding dengan salah satu pria terkaya di dunia. Siapa mereka? Berikut sekilas cerira dari istri-istri para miliarder di dunia.

Priscilla Chan

Priscilla Chan

Tidak banyak yang tahu kalau Mark Zuckerberg sudah lama menjalin cinta dengan seorang gadis yang kini menjadi istrinya, bahkan sebelum dia menjadi milarder. Adalah Priscilla Chan, wanita kelahiran 24 Februari 1985 yang berhasil memikat hati Mark. Pertemuan mereka terjadi pada 2003 di Universitas Harvard saat malam penyambutan mahasiswa baru, tepatnya saat keduanya sedang mengantri ke toilet.

Ia lahir di Braintree Masaachusetts namun tumbuh besar di Quincy Boston. Ia merupakan keturunan asli Tiongkok, namun orangtuanya bermigrasi dari Vietnam ke Amerika menumpang kapal pengungsi. Priscilla lulus dari SMA Quincy pada 2003 dan mendapat julukan jenius dari teman-temannya. Karena kepintarannya, ia terpilih sebagai perwakilan angkatan untuk menyampaikan pidato dalam upacara kelulusan.

Berbeda dengan Mark yang drop out, Priscilla meraih sarjana di bidang biologi dari Harvard pada 2007. Selepas lulus, dia mengajar IPA di sekolah swasra Harker selama setahun. Sempat menjalan LDR (Long Distance Relationship), mereka berdua sempat putus dan Mark mengencani gadis lain. Namun tak lama kemudian pasangan ini kembali bersama, tak lama setelah Priscilla memutuskan mendaftar di jurusan kedokteran Universitas California San Francisco pada 2008. Lulus empat tahun kemudian, Priscilla menamatkan program magang sebagai dokter anak.

(Baca juga: 6 Cara Manajemen Keuangan ala Miliarder Agar Makin Kaya)

Banyak yang bilang kalau sikap dermawan Mark dipengaruhi oleh istrinya. Pasangan kaya raya ini pernah  menyumbang US$1,6  miliar, termasuk US$75 juta untuk rumah sakit San Francisco tempat Priscilla bekerja. Pada 2013, mereka memberikan US$18 juta untuk Silicon Valley Community Foundation. Dan US$120 juta untuk sekolah-sekolah negeri di sekitar San Francisco. Dan pada 1 Desember 2015, pasangan ini menyumbang 99% dari saham Facebook mereka senilai US$45 miliar melalui Chan Zuckerberg Initiative, lembaga yang mereka dirikan yang bergerak di bidang kesehatan dan pendidikan.

Melinda Ann French 

melinda Gates

Melinda Ann French merupakan istri dari orang terkaya di dunia. Ia lahir di Dallas Texas pada 15 Agustus 1964 dari ayah teknisi pesawat dan ibu rumah tangga. Ibunya sangat ingin Melinda bisa sekolah sampai perguruan tinggi. Oleh karenanya, setiap akhir pekan keluarga French akan bergotong royong membersihkan rental properti yang mereka miliki untuk menambah biaya sekolah.

Ketertarikan Melinda pada komputer bermula saat dia mengamil kelas matematika lanjutan di sekolahnya. Ia kemudian memutuskan berkuliah di jurusan ilmu komputer Duke University pada 1986. Selepas lulus, ia langsung melanjutkan ke jenjang S2 jurusan administrasi bisnis dengan fokus ekonomi dei universitas yang sama.

(Baca juga: Prospek Investasi Mengilap di Balik Tren Koleksi Tas Branded)

Melinda dipekerjakan Microsoft Cosporation pada 1987. Dengan memulai kariernya sebagai manajer produk yang memgembangkan multimedia dan menciptakan produk interaktif. Pertemuan pertamanya dengan Bill Gates juga terjadi di tahun yang sama, teparnya saat pameran PC di Manhattan. Belakangan, Melinda tahu kalau bosnya itu punya selera humor yang cerdas. Setelah berpacaran selama enam tahun, Bill melamar Melinda pada tahun 1994.

Setelah kelahiran anak mereka yang pertama pada 1994, Melinda memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya dem membesarkan anak.  Sama halnya dengan sosok Priscilla Chan yang cerdas, Melinda juga terkenal murah hati. Pada 2014 lalu, pasangan Bill dan Melinda Gates menyumbang US$30 miliar melalui lembaga yang mereka dirikan.

Susan Buffet dan Astrid Menks

Warren dan dua istrinya

Warren Buffett telah menikah dua kali selama hidupnya. Buffett menikah dengan istri pertamanya Susan pada 1952. Mereka dikaruniai 3 orag anak dan menikah selama 50 tahun sampai kematian Susan pada 1952. Meskipun pernikahan Warren dan Susan berlangung lama, mereka tidak sepenuhnya selalu bersama.

Mereka pernah pisah rumah pada 1977 karena Susan harus pindah ke San Fransisco karena ingin mengejar mimpinya. Ia merasa terbebani karena suaminya mendadak terkenal sebagai orang terkaya. Meski demikian keduanya tetap dekat dan saling menelepon meski terhalang jarak.

(Baca juga: Daftar Artis yang Miliki Bayaran Termahal di Instagram)

Pada saat itulah Susan meminta teman-temannya untuk melaporkan kondisi Warren, salah satunya adalah Astrid Menks. Warren bahkan memintanya pindah untuk mengurusnya. Susan dan Astrid kemudian sepakat untuk ‘berbagi suami’. Ketiganya sering datang ke acara-acara besar bersama tanpa saling cemburu. Astrid tahu bahwa Warren akan setia pada Susan dan dia pun tidak mempermasalahkan hal ini. Warren tetap setia saat Susan menghadapi penyakit hingga kematiannya di tahun 2004.

Barulah tahun 2006 atau dua tahun setelah kematian istri pertama, Buffet akhirnya menikahi Astrid. Meski cinta segitiga ini hampir terdengar mustahil bagi banyak orang, namun teman-teman terdekat mereka memuji keakuran mereka. Mereka mengingat bahwa Susan sangat suportif dan sering memuji Astrid.

Rosalia Mera

Amancio-Ortega-Goana-si-prima-sotie-Rosalia-Mera

Hingga kematiannya pada usia 69 tahun pada 2013 lalu, Rosalia Mera merupakan wanita terkaya di Spanyol dan wanita terkaya di dunia yang memperoleh kekayaannya lewat kerja keras sendiri. Mera lahir pada 28 Januari 1944 di Galicia Spanyol. Di usia yang masih 11 tahun, dia drop out dari sekolah untuk menjadi asisten sales di toko pakaian.

Rosalia adalah wanita yang mengantarkan suaminya, Amancio Ortego menjadi orang terkaya di dunia setelah Bill Gates. Awalnya dia mendesain gaun dan pakaian dalam wanita. Pasangan ini kemudian membuka toko Zara pertama mereka pada 1975. Bersama-sama mereka membangun Zara hingga menjadi retail fesyen terbesar di dunia. Kesuksesan Zara tak terlepas dari strategi mereka dalam mengimitasi karya desainer populer dengan harga yang lebih terjangkau. Sayangnya pasangan ini bercerai pada 2001. Di tahun yang sama, Amancio kemudian menikah dengan Flora Pérez.

Melania Knauss

Melania

Terlepas dari pernyataan kontroversial Donald Trump soal imigran, ternyata istrinya sendiri adalah seorang imigran asal Slovenia. Melania merupakan mantan model yang sekarang berprofesi sebagai desainer perhiasan dan jam tangan. Dia memulai kariernya sebagai model di usia 16 tahun dan menjadi model profesional di usia 18 tahun.

Terlepas dari profesinya sebagai model, Melania adalah sosok yang pintar. Dia fasih berbahasa Slovenia, Inggris, Prancis, Serbia, dan Jerman dan mendapat gelar sajana di bidang desain dan arsitektur dari University of Ljubljana Slovenia. Pertemuan pertama mereka terjadi saat keduanya menghadiri acara fashion week di New York pada September 1998. Tujuh tahun berselang, keduanya pun menikah pada 22 Januari 2005. Melania resmi memperoleh kewarganegaraan Amerika setahun kemudian.

(Baca juga: Fakta dan Mitos Kerajaan Bisnis Donald Trump)

Seperti istri para miliarder lainnya, Melania juga aktif dalam beragam kegiatan amal. Di antaranya penggalangan dana untuk penelitian kanker, pencegahan kekerasan pada anak-anak, dan palang merah Amerika.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami