Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bagaimana Lawan Jenis Menilai Mobil yang Cocok untuk Anda?

by Arfan Wiraguna on 1 Juni, 2015

Mobil Irit bahan bakar bensin, model yang indah, serta interior yang lega dan nyaman merupakan pertimbangan mayoritas orang dalam membeli mobil. Namun tahukah Anda bahwa ternyata pria dan wanita memiliki bayangan yang berbeda atas pertimbangan-pertimbangan ini?

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Insure secara online pada tahun 2014, ternyata bayangan wanita mengenai pria yang menarik adalah cowok yang mengendarai mobil truk Ford bak terbuka berwarna hitam. Di sisi lain, bayangan pria mengenai wanita yang menarik adalah cewek yang mengendarai mobil BMW sport warna merah.

Hasil ini didapat dari 2.000 responden yang berstatus sebagai pengendara dengan usia minimal 18 tahun. Para responden diminta untuk menggambarkan jenis kendaraan yang mereka anggap paling menarik untuk dikendarai oleh lawan jenis.

Menurut wanita, mobil apakah yang cocok untuk pria?

Sebagian wanita, 32 persen mengatakan bahwa pria yang mengendarai truk bak terbuka sebagai pilihan yang paling menarik. Pilihan pria yang mengendarai mobil sport justru berada di posisi kedua, yaitu 27 persen dari total responden wanita. Sisanya, wanita lebih memilih pria yang mengendarai Sport Utility Vehicle (SUV) sebanyak 16 persen, sedan (11 persen) dan mobil hibrida/listrik (4 persen).

Dari sisi merek, pembagian ini menjadi lebih kentara lagi, dengan bagian paling besar diraih oleh Ford (16 persen), diikuti oleh Chevrolet dan Porsche. Untuk soal eksterior, wanita menilai pria yang menarik akan mengendarai mobil berwarna hitam (53 persen), serta perak di tempat kedua dengan 16 persen. 

(Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Beli Mobil)

Mobil apakah yang membuat wanita terlihat menarik di mata pria?

Entah bagaimana, pria lebih punya sudut pandang yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya dalam memilih preferensi kendaraan yang cocok untuk wanita. Bagian paling besar adalah 39 persen pria yang menggambarkan bahwa wanita yang menarik, tentu mengendarai mobil sport. Di nomor dua, ada wanita yang mengendarai sedan (22 persen) dan di nomor tiga, pria memilih wanita yang mengendarai SUV (20 persen).

Pria juga ternyata lebih memilih merek-merek kelas atas dibandingkan wanita. Dari total responden pria, 16 persennya memilih BMW, diikuti oleh Mercedes-Benz (14 persen) dan Porsche (10 persen). Dalam segi warna, pria menilai bahwa wanita yang menarik akan mengendarai mobil berwarna merah (40 persen), hitam (23 persen) dan perak (14 persen). 

(Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Kredit Kendaraan Bermotor?)

Bagaimana sebenarnya pandangan dari pria dan wanita itu sendiri?

Dikutip dari sebuah artikel yang mengungkap hasil penelitian lembaga konsultan dan analis industri otomotif Polk pada 2010, disebutkan wanita sendiri sebenarnya lebih memilih mobil kecil ketika membeli kendaraan bermerek BMW. Sekitar 50 persen produk mobil kecil BMW, atau lebih terkenal dengan merek MINI, dibeli oleh wanita.

Penelitian lainnya, yang dilakukan oleh Edmuns pada pada 2014, menguatkan fakta bahwa MINI masih menjadi merek yang paling disukai oleh wanita, diikuti oleh KIA, Fiat, Mitsubishi dan Hyundai. Pembeli merek-merek yang mengedepankan kecepatan, seperti Lamborghini, Ferrari dan McLaren, ternyata didominasi oleh pria (lebih dari 90 persen).

Analis senior di Edmuns, Jessica Caldwell, menjelaskan bahwa hasil riset ini menunjukkan, pria lebih peduli untuk mencari mobil dengan kekuatan tinggi yang dapat meningkatkan prestise dan menunjukkan kekayaan mereka. Di sisi lain, wanita lebih pragmatis di dalam membeli mobil dengan mementingkan aspek kegunaan, tingkat efisiensi dan harga. Dalam segi penampilan, wanita ternyata lebih menyukai mobil dengan warna yang kurang mencolok, berbeda dengan pria yang lebih suka dengan warna-warna berani. 

(Baca juga: 7 Mobil Murah, Hemat, dan Irit BBM)

Bagi para pria yang masih ragu-ragu untuk memilih mobil truk bak terbuka karena takut terlihat tidak berkelas atau para wanita yang enggan memilih mobil sport karena takut terlihat tidak elegan, cobalah sebaliknya. Selain agar tidak buang-buang uang secara percuma, bisa jadi pilihan itu malah justru membuat Anda kian menarik dimata pasangan dan membuat premi asuransi kendaraan jadi lebih terjangkau.

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami