Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Bagaimana Sih Cara Membuat Blogger Menghasilkan Uang?

by Satrya Agung on 20 Februari, 2016

tips belanja online - CekAja.com

Mungkin ini pertanyaan yang acap kali muncul di benak kita yang masih awam dengan dunia blog. Kalau membuat blog sendiri hampir semua orang bisa melakukannya. Kalau untuk membuat blog hampir semua orang bisa.

Namun ketika ditanya apakah blog tersebut menghasilkan uang apa tidak, maka muncul pertanyaan “Bagaimana caranya?”. Kali ini kita akan membahas cara membuat blogger menghasilkan uang dari blog mereka.

Secara garis besar, blogger terdiri dari dua kategori, yakni yang hanya untuk hobi dan yang ingin menghasilkan uang dari blog. Untuk itu diperlukan penentuan terlebih dahulu akan tujuan membuat blog tersebut. Jika memang ingin membuat blog yang bisa menambah isi dompet maka kamu harus baca artikel ini hingga tuntas.

Ada banyak cara membuat blogger mengeruk pundi-pundi dari blog mereka, seperti;

Affiliate Marketing

Sederhananya adalah menjadi makelar atau tukang promo. Tentu yang dipromokan baiknya yang sesuai dengan tema blog kamu. Kamu tinggal pilih dari banyak website yang menawarkan kerjasama sebagai affiliate marketing mereka. Untuk itu sebaiknya blog kamu bukan blog gado-gado. Yang mana bermacam tema pembahasan kamu tulis di sana. Jika demikian adanya, maka akan sulit sekali kamu mendapatkan uang dari affiliate marketing ini.

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

Ruang iklan

Jika blog kamu sudah mempunyai pengunjung yang ramai, maka cara ini bisa kamu pilih agar blog kamu menghasilkan uang. Tentu saja iklan yang akan dipasang harus sesuai dengan tema blog kamu. Untuk itu traffic menjadi hal yang vital. Karena semakin tinggi traffic yang kamu punya maka semakin mahal pula ruang iklan yang disewa.

(Baca juga: Inilah 7 Pendapatan Blogger Terkaya di Dunia)

Google Adsense

Cara ini yang paling umum dilakukan para blogger. Semakin banyak yang klik iklan di blog kamu maka semakin banyak pula uang yang mengalir ke rekening kamu. Ini dikarenakan Google Adsense mempunyai metode Pay Per Click atau PPC. Tapi jangan pernah terpikir apalagi melakukan kecurangan dengan mengklik iklan kamu sendiri. Bisa-bisa Google akan memblokir blog kamu dan kesempatan kamu mendapatkan uang pun akan raib.

Paid for review

Tugasnya adalah mengulas sebuah produk atau satu tema. Job ini diberikan oleh pihak Advertiser kepada blogger yang dinilai mampu menulis ulasan yang bagus. Bayarannya pun bervariasi, umumnya berkisaran 300 hingga 500 ribu. Tapi tergantung kesepakatan. Selain jumlah pengunjung yang tinggi, kualitas tulisan pun ikut berperan. Terus terang saja, banyak blog yang muncul punya traffic bagus tapi konten yang dihasilkan sangat jelek.

Ada banyak blogger yang mengkhususkan diri mereka sebagai paid reviewer ini. Jangan kaget kalau bayaran mereka bisa mencapai 5 juta lho untuk satu artikel. Ini dikarenakan tulisan mereka sangat bagus kualitasnya dan mampu menghasilkan engagement yang tinggi, selain traffic yang tinggi juga tentunya.

(Baca juga: Tips Kaya Tanpa Kerja Kantoran Lewat Hobi Bloging)

Penulis Konten

Profesi ini sudah sering kita bahas. Rata-rata para blogger membuka diri mereka untuk menerima pekerjaan sebagai penulis konten. Dan konten tersebut tidak diterbitkan di blog mereka, tapi di website klien atau pihak yang membayar jasa mereka atas penulisan konten.

Menjual produk atau jasa sendiri

Untuk yang satu ini kamu harus punya sesuatu yang kamu hasilkan sendiri untuk dijual. Misal, kalau kamu suka tanaman atau bunga, lalu kamu membuat blog mengenai itu, maka kamu mempunyai potensi untuk menjual bibit kepada pembaca. Cara ini tidak banyak dilakukan oleh blogger lain pada umumnya. Tapi mereka yang menekuni ini punya pembaca yang setia lho. Bahkan akhirnya malah berteman.

Sekarang kamu sudah mengerti kan bagaimana cara membuat blogger menghasilkan uang. Apakah kamu berniat untuk membuat blog juga? Coba saja, blogging is fun, lho!

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.