Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bagaimana Sih Cara Mendapatkan Sewa Rumah Murah?

by Satrya Agung on 9 Juni, 2016

tips beli rumah_KPR - CekAja.com

Rumah adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi manusia untuk bertahan hidup. Di zaman yang sudah serba mahal ini, tentu sangat sulit menemukan harga rumah yang murah dan terjangkau.

Jika kita memiliki dana berlimpah, apapun pasti bisa terbeli dengan mudah. Namun, kenyataan yang sering terjadi justru sebaliknya. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja terkadang sulit dan harus bekerja keras. Bagaimana mau membeli rumah ?

Jangan berkecil hati dulu. Kali ini ada cara alternatif buat kamu yang ingin memiliki rumah sendiri dengan dana terbatas. Sewa rumah menjadi jawaban atas kegalauan kamu. Memang sih dalam penyewaan ini merupakan hal yang bersifat sementara, tapi apa salahnya kan mencoba sesuatu yang bisa dijadikan batu loncatan untuk mendapatkan rumah dengan namamu sendiri. Kamu tidak akan rugi melakukannya.

Sistem seperti ini juga sangat cocok bagi kamu yang harus melakukan perjalanan dinas atau bekerja di luar kota. Solusi ini dipercaya menjadi alternatif terbaik yang bisa kamu lakukan. Nah, bagaimana sih mendapatkan sewa rumah murah yang pas di kantong. Yuk simak cara-caranya berikut ini.

Pahami kebutuhan diri sendiri

Ketahui apa yang kamu butuhkan dari sebuah rumah. Hal ini penting agar kamu bisa mempertimbangkan pilihan rumah yang akan disewa. Pastikan semua fitur tersebut tersedia agar kamu pun meras nyaman dan puas akan rumah tersebut.

Perhatikan lokasi rumah

Lokasi rumah sangat menentukan harga sewa. Rumah yang terletak di tengah kota tentu akan cenderung lebih mahal dibandingkan rumah yang berada di pinggiran kota. Bukan hanya di tengah kota, tapi terkadang di perumahan pun dipatok harga yang tinggi.

Pikirkan dengan baik kondisi keuanganmu sendiri. Dengan sewa rumah murah akan dapat menghemat pengeluaran untuk keperluan yang lebih penting dan ditabung agar kamu bisa membeli tanah untuk membangun sebuah rumah milikmu sendiri.

Perbandingan harga

Proses perbandingan biaya ini perlu mengunjungi beberapa properti yang berbeda. Dengan dihadapkan pada pilihan harga yang bervariasi, kamu dapat menentukan harga yang sesuai dengan kemampuanmu. Selain itu, kamu juga bisa melakukan sistem tawar menawar agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Jangan takut untuk bernegosiasi dan jika kamu memang benar-benar tertartik dengan rumah tersebut, lebih baik tidak menunjukkan gelagat kecocokan agar pemilik rumah masih bisa menurunkan harga.

Kondisi rumah meliputi jumlah kamar dan fasilitas yang tersedia

Kamu perlu memperhatikan luas dan jumlah kamar yang dimiliki rumah tersebut. Umumnya hal tersebut mempengaruhi harga dari sebuah rumah. Hendaknya sesuaikan dengan kondisi apakah rumah tersebut akan ditempati seorang diri atau bersama keluarga.

Pastikan jumlah kamar sesuai dengan orang yang akan menempati agar tidak ada kamar yang sia-sia. Perhatikan juga fasilitas yang ada pada rumah tersebut. Apapun yang dimiliki rumah tersebut, akan sangat mempengaruhi harga sewa.

Impian memiliki rumah memang menjadi impian bagi semua orang. Tapi baiknya kita pun perlu mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki untuk mendapatkan rumah. Cara alternatif seperti sewa rumah murah dapat menjadi tindakan terbaik untuk memulai impian memiliki rumah sendiri. Tidak perlu putus asa atau merasa malu karena saat ini baru mampu menyewa rumah.

Tidak ada hal baik yang bisa terjadi secara instan. Tentunya dibutuhkan proses dan usaha yang keras untuk dapat mewujudkannya. Semoga tips di atas dapat membantu kamu mendapatkan harga sewa terbaik.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami