Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Destinasi Wisata Murah Meriah dan Anti-Mainstream yang Bisa Kamu Datangi Jika ke Bogor

by Ariesta on 16 Januari, 2016

tips traveling hemat _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Bagi kamu warga Jakarta, kota manakah yang akan kamu kunjungi jika hanya diberi waktu satu hari pulang pergi? Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok, atau Bandung?

Letaknya yang dekat dengan ibu kota menjadikan Bogor sebagai salah satu kota favorit warga Jakarta dalam melepas penat di akhir pekan.  Selain alasan jarak, Bogor juga menyediakan wisata alam, kuliner, dan budaya. Beberapa area masih berhawa sejuk sehingga menjadi magnet bagi yang bosan dengan hiruk pikuk perkotaan.

Bogor tidak hanya terkenal akan kebun rayanya. Dengan budget terbatas, ini alternatif tempat wisata anti-mainstream di Bogor yang bisa kamu kunjungi saat akhir pekan.

Mengunjungi warisan budaya Pabrik Gong Pancasan

Gong merupakan alat musik tradisional Indonesia dan merupakan bagian dari perangkat gamelan Sunda, Jawa, dan Bali. Kabarnya, pabrik gong Pancasan adalah satu-satunya di Jawa Barat. Pabrik ini tidak hanya membuat gong perunggu, tapi juga perangkat gamelan lainnya seperti kenong, bonang, slendro, saron, dan kendang. Pabrik ini juga memproduksi gong besi jika ada yang memesan. (Baca juga: Wisata Murah Yogyakarta)

Pemesan gong tidak hanya dari kalangan praktisi karawitan, tapi juga individu yang memerlukan gong untuk koleksi, peresmian gedung, seminar, festival budaya, dan lain-lain. Pembelinya pun hingga mancanegara. Seperangkat gamelan bisa dihargai Rp 60 juta – Rp 70 juta. Gamelan Jawa bahkan lebih mahal lagi. Harga satu setnya bisa mencapai Rp 300 juta karena jumlahnya jauh lebih banyak. Untuk gongnya sendiri berkisan antara Rp 17 juta – Rp 20 juta tergantung diameter.

(Baca juga: 9 Kuliner Nikmat yang Sayang untuk Kamu Lewatkan di Kota Bandung)

Pabrik Gong Pancasan terletak di Jln. Pancasan No. 17 Bogor Barat. Dari Jakarta, kamu bisa naik commuter line lalu turun di stasiun Bogor. Dari stasiun Bogor naik angkot 02 turun di Bogor Trade Mall (BTM). Jalan sedikit ke Jl. Empang samping BTM mengikuti rute angkot 03 warna biru. Dari BTM kira-kira dua kilometer, di sisi kanan jalan terdapat tulisan Gong Factory Bogor.

Estimasi biaya:

Ongkos commuter line PP Jakarta-Bogor = Rp 10.000

Ongkos angkot PP = Rp 7.000

Makan siang di area Suryakencana = Rp 30.000

Menikmati indahnya Kawah Ratu

Destinasi satu ini memang paling cocok bagi kamu yang meyukai petualangan di alam terbuka. Berlokasi di kawan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Kawah Ratu terletak di pinggang gunung Salak pada ketinggian 1.437 mdpl. Ada beberapa jalur trek menuju Kawah Ratu. Bisa melalui jalur Cidahu-Cangkuang, Sukabumi, Gunung Bunder, atau Pasir Reungit dekat dengan kompleks Gunung Salak Endah.

Kawah Ratu masih aktif karena masih mengeluarkan asap putih. Tak heran jika ada tanda peringatan untuk tidak duduk atau berjongkok lebih dari tiga menit. Khawatirnya pengunjung yang fisiknya lemah tak sengaja menghirup gas belereng atau gas beracun lain yang bisa membuat tubuh lemas.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas - CekAja.com

Untuk menuju ke Pasir Reungit, salah satu jalur pendakian Kawah Ratu, kamu harus naik angkot jurusan Bubulak dari stasiun Bogor. Setelah sampai si terminal Bubulak, naik angkot jurusan Leuwiliang lalu turun di simpang Cibatok. Dari Cibatok kamu harus menyarter angkot untuk bisa sampai ke Gunung Picung atau Bumi Perkemahan Gunung Bunder yang berakhir di Pasir Reungit. (Baca juga: Wisata Murah Jawa Timur)

Estimasi biaya

Ongkos commuter line PP Jakarta-Bogor = Rp 10.000

Angkot Bubulak PP = Rp 7.000

Angkot Leuwiliang-Cibatok PP = Rp 12.000

Carter angkot = Rp 50.000 (supaya lebih murah, berangkat beramai-ramai sehingga bisa patungan)

(Baca juga: Mau Merasakan Sensasi Jadi Astronot? Ayo Liburan ke Tempat Ini)

Melihat cantiknya bunga sakura di Cibodas

Kamu yang ingin melihat keindahan bunga sakura tak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang. Dengan berkunjung ke Kebun Raya Cibodas di Cibodas kabupaten Bogor, kamu sudah menikmati keindahan bunga berwarna putih bersemu pink ini.

Kebun Raya  ini didirikan 11 April 1852 oleh Johannes Ellias Teijsmann, seorang kurator Kebun Raya Bogor. Aslinya tempat ini bernama Bergtuin te Tjibodas. Bunga sakura yang ada di Kebun Raya Cibodas adalah jenis Sakura Himalaya (Prunus cerasoides) bukan Sakura Jepang (Prunus serrulata). Namun tampilan mirip dan tak kalah indah dengan yang ada di Jepang.  Bunga ini bersemi bulan Maret dan September. Karena tanggalnya yang tidak tentu, kamu harus menelepon pengelola untuk bertanya.

Dari Jakarta, Kebun Raya Cibodas bisa dicapai dengan mudah. Naik bus jurusan Cianjur lalu turun di depan gapura papan nama petunjuk Kebun Raya Cibodas setelah melewati Puncak Pass dan Kota Bunga. Dari situ menyeberang lalu naik angkot kuning sampai pintu gerbang.

Estimasi biaya

Bus Jakarta-Cibodas PP = Rp 50.000

Tiket masuk Kebun Raya Cibodas = Rp 6.000

Angkot PP = Rp 12.000

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami