Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Bagian Tubuh yang Mudah Menimbun Lemak

by JTO on 1 Februari, 2015

Orang gemuk biasanya ditandai dengan perutnya yang buncit atau besar. Tidak salah bila perut menjadi salah satu bagian tubuh yang banyak menimbun lemak. Selain perut, adakah bagian tubuh lain yang mudah menimbun lemak?

Menjawab pertanyaan tersebut, bagian tubuh lain yang menimbun lemak adalah di paha (paha atas atau bawah) dan juga lengan atas. Namun, Khusus buat wanita, ada satu bagian tambahan yang hobi dihinggapi lemak, yaitu bokongnya.

Ada Alasan Medisnya

Ternyata ada alasan medis kenapa lemak lebih banyak menumpuk pada tiga bagian itu dibanding bagian tubuh lain. Karena fungsi lemak adalah untuk melindungi bagian tubuh yang sensitif. Jadi, secara anatomi, perut, paha, dan lengan atas, memang bagian yang sensitif sekali.

Misalnya perut. Bagian tubuh ini menimbun lemak karena untuk melindungi beberapa organ vital seperti jantung, ginjal, liver, dan usus. Bahkan, menurut beberapa penelitian yang dilakukan di Universitas Loyola di Chicago, lemak perut (dalam jumlah yang normal) kemungkinan bermanfaat untuk mengatur sistem kekebalan tubuh.

(Baca juga: Cara Mudah Latihan Beban untuk Kurangi Lemak)

Begitu juga di bokong, yang bisa kita rasakan manfaat lemaknya yaitu untuk bantalan tubuh kita saat sedang duduk. Kemudian untuk di bagian paha adalah melindungi tulang dan otot pada paha yang merupakan bagian tubuh paling vital untuk berjalan dan berlari.

Sedangkan, untuk lengan, lemak juga tak terasa sering bergelambir jika kita mengangkat tangan. Pasalnya, lengan adalah bagian paling penting dan berotot dari tangan manusia yang sering digunakan untuk mengangkat beban dan lain-lain.

Namun, karena sistem ini sudah otomatis berjalan dalam tubuh manusia, maka setiap kelebihan lemak yang masuk ke tubuh, pasti akan langsung mengarah ke bagian-bagian yang sudah disebutkan di atas tadi. Tak heran jika banyak orang yang menderita obesitas, maka ukuran perut, paha, lengan, dan bokongya jauh lebih besar dari bagian yang lain.

(Baca: 12 Cara Menurunkan Perut Gemuk Setelah Melahirkan)

Lalu bisakah kita melakukan upaya untuk mengurangi lemak hanya di bagian-bagian tersebut?

Asuransi Kesehatan


Jawabannya bisa. Sebab, saat ini sudah banyak klinik kecantikan yang menyediakan alat canggih yang bisa dipasang pada bagian tertentu yang kelebihan lemak. Selain itu juga ada operasi sedot lemak yang secara khusus bisa untuk menghilangkan lemak di perut Anda.

Penggunaan terapi khusus ini akan semakin terasa manfaatnya jika kita mengurangi konsumsi kalori serta rajin berolahraga.

Jadi, apakah Anda termasuk orang yang ngebet ingin menghilangkan lemak yang mengganggu penampilan? Silakan temukan terapi yang pas dan sesuai dengan isi kantong Anda.

Mau perlindungan kesehatan yang sesuai budget Anda? Klik di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami