Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Bahan Makanan yang Mampu Bertahan dalam Waktu Lama

by Tisyrin N. T on 5 Maret, 2017

makanan anti basi_kartu kredit - CekAja.com

Berbelanja bahan makanan sudah jadi rutinitas bagi sebagian orang. Kamu seringkali membeli bahan makanan secukupnya lalu membuangnya jika merasa sudah terlalu lama menyimpannya.

Membeli bahan makanan dalam jumlah banyak akan menimbulkan kekhawatiran terhadap masa kadaluarsa. Bagaimana jika ternyata beberapa bahan makanan punya masa kadaluarsa lebih lama dari yang kamu bayangkan? Bahkan ada pula yang hampir tidak memiliki masa kadaluarsa? Berikut ini beberapa bahan makanan yang mampu bertahan dalam jangka waktu sangat lama.

Gula

Beberapa sumber menyebutkan, berapa lama gula akan bertahan adalah tergantung bagaimana cara kamu menyimpannya. Dengan cara penyimpanan yang benar yaitu dalam wadah kedap udara, kamu akan lebih tenang karena tak perlu buru-buru belanja gula.

Kamu juga harus ingat, jangan simpan gula di tempat yang lembab, tempat yang terlalu kering atau terpapar sinar matahari. Jika menyimpan dengan cara yang salah, gula bisa mudah rusak dan berubah bentuk misalnya mengeras.

Madu

Konon, madu tertua di dunia diduga berumur lebih dari 5.000 tahun. Terdapat laporan bahwa para ahli purbakala menemukan beberapa botol madu yang masih enak di kuburan Mesir kuno. Bakteri tidak mampu hidup dalam madu karena rendahnya kandungan air dan sifat asamnya tinggi. Jadi, tak perlu khawatir belanja madu dalam jumlah banyak.

Beras putih

Sebuah penelitian memperlihatkan, beras putih mampu bertahan hingga 30 tahun. Sementara jenis beras lainnya tidak bisa bertahan selama itu. Dengan begitu, kamu bisa belanja beras sekaligus dalam jumlah banyak.

Garam

Kamu pasti mengenal garam sebagai pengawet makanan. Ya, garam memang mampu bertahan dalam waktu lama. Beberapa sumber menyebutkan garam layak pakai selama 5 tahun.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami