Bahaya Mandi Malam Bagi Orang Dewasa, Mitos atau Fakta?

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Masih banyak informasi yang beredar di masyarakat, tentang bahaya mandi malam, terutama untuk orang dewasa. Aktivitas seperti ini disebut berisiko bagi kesehatan tubuh hingga memicu terjadinya penyakit rematik. Benarkah demikian? Cek informasi lengkapnya mengenai bahaya mandi malam lewat artikel di bawah ini.

Bahaya Mandi Malam Bagi Orang Dewasa, Mitos atau Fakta?

Mitos atau Fakta, Mandi Malam Menyebabkan Rematik?

Salah satu bahaya mandi malam yang paling terkenal di masyarakat adalah dapat memicu penyakit rematik. Ini jelas hanyalah mitos belaka, karena belum ada penelitian lebih lanjut mengenai keterikatan antara mandi malam dengan penyakit rematik.

Rematik merupakan suatu penyakit yang tidak hanya menyerang sendi, namun juga tulang dan otot. Gejala yang umum dirasa oleh penderita rematik adalah nyeri di bagian persendian. Salah satu jenis rematik yang paling sering dirasakan adalah rheumatoid arthritis.

Dilansir dari laman SehatQ dan ditinjau oleh dr. Indra Wijaya, rheumatoid arthritis adalah radang sendi yang terjadi dalam jangka panjang dengan gejala nyeri atau bahkan pembengkakan pada tangan, pergelangan tangan, dan kaki.

Sistem imun yang menyerang synovium hingga menyebabkan peradangan pada synovium, dan membuat tulang rawan hancur dengan sendirinya adalah penyebab utama rheumatoid arthritis.

Selain itu, masih dari laman SehatQ, penyakit ini juga sangat berisiko bagi mereka yang punya riwayat serupa, terpapar polusi lingkungan, dan perokok aktif.

Lalu, kembali lagi pada topik utama di poin ini, benarkah rematik menjadi salah satu bahaya mandi malam? Jawabannya tentu saja tidak ya.

Namun, menurut kebanyakan dokter yang menangani kasus penyakit sendi menjelaskan, bahwa penderita rematik memang tidak dianjurkan untuk mandi malam karena bisa membuat otot-otot tubuh menjadi kaku dan memicu nyeri di bagian tersebut.

(Baca Juga: Bahaya Memiliki Karang Gigi dan Penyebabnya)

Mitos Lainnya Mengenai Bahaya Mandi Malam

Menjaga kesehatan itu penting, tapi menghindari diri dari informasi salah juga tak kalah penting lho. Jangan sampai diri sendiri hanyut pada informasi yang sekedar beredar di masyarakat, tanpa dicari tahu lebih dulu akan kebenaran dari info tersebut. Apalagi yang menyangkut seputar kesehatan.

Salah satu informasi yang kerap salah diartikan adalah mandi malam. Ya, kamu pasti sudah banyak mendengar bukan jika mandi malam itu tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan?

Beberapa mitos yang beredar mulai dari membuat kulit menjadi keriput hingga menyebabkan paru-paru basah adalah informasi yang keliru mengenai bahaya mandi malam. Tak percaya? Ini penjelasan lengkapnya.

  • Membuat kulit menjadi keriput

Siapa sih yang ingin kulitnya tampak keriput meski umur masih 20an? Pasti enggak ada yang ingin kan punya kulit wajah kering dan keriput, apalagi para kaum hawa.

Makanya, tak sedikit dari mereka yang mulai menerapkan gaya hidup sehat hingga menggunakan skincare anti-aging untuk mencegah penuaan dini.

Nah, ngomong-ngomong mengenai gaya hidup, salah satu yang paling dihindari adalah mandi malam. Soalnya, banyak yang beranggapan kalau mandi malam bisa membuat kulit menjadi cepat keriput.

Padahal faktanya, kalau cuma mandi dengan waktu yang singkat, yakni 10 menit tak bakal ada efek samping, seperti anggapan yang beredar di masyarakat lho.

Alih-alih berbahaya, justru dengan mandi malam, bisa membuat kamu cepat terlelap setelah lelah beraktivitas seharian penuh. Terutama, buat kamu yang bekerja atau punya aktivitas di luar ruangan, dengan jumlah keringat yang dikeluarkan jauh lebih banyak.

  • Menyebabkan paru-paru basah

Bahaya mandi malam lainnya yang menjadi mitos dan masih banyak beredar di masyarakat adalah mengakibatkan terjadinya penyakit paru-paru basah. Penyakit ini disebabkan karena infeksi pada kedua atau salah satu bagian paru-paru.

Paru-paru basah kebanyakan dialami oleh mereka yang tertular kuman dari orang lain, dengan gejala meliputi mual, jantung berdebar, nyeri dada saat batuk, serta tidak nafsu makan.

Jadi, bisa dibilang penyakit paru-paru basah bukan termasuk bahaya mandi malam. Melainkan penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri ataupun jamur yang masuk ke dalam tubuh.

Fakta Mengenai Bahaya Mandi Malam

Meski banyak mitos yang beredar mengenai bahaya mandi malam, namun tak menutup kemungkinan jika kebiasaan seperti ini punya dampak buruk bagi tubuh. Dan ini dia beberapa bahaya mandi malam bagi kesehatan.

  • Meningkatkan risiko asam urat, terutama bagi usia lanjut
  • Meningkatkan risiko masuk angin atau demam yang dialami
  • Mempercepat penuaan dini, jika terlalu lama mandi saat malam hari
  • Mengganggu metabolisme tubuh, jika mandi terlalu lama dengan air yang sangat dingin atau panas

Manfaat Baik dari Mandi Malam

Daripada hanya berpatok pada dampak buruknya, mendingan kamu juga ketahui efek baik dari mandi malam. Karena enggak selamnya kebiasaan ini berbahaya bagi tubuh lho. Berikut manfaat baik dari mandi malam:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Apapun kebiasaan yang dilakukan pasti punya dampak negatif dan positif, begitupun pada kebiasaan mandi malam. Ya, jika dahulu kamu lebih banyak mengenal akan bahaya mandi malam, cobalah ubah persepsimu itu dan lihat manfaat dari kebiasaan ini.

Menurut berbagai situs resmi yang membahas seputar kesehatan, mandi malam justru memiliki efek baik, terutama untuk meningkatkan kualitas tidur.

Baik menggunakan air biasa atau air hangat dengan suhu sekitar 40 derajat Celsius, kamu bisa mencoba kebiasaan ini setidaknya saat setengah jam sebelum tidur.

2. Relaksasi tubuh

Saat mengalami keletihan setelah beraktivitas, lakukanlah relaksasi tubuh dengan berendam dalam air hangat selama kurang lebih 10 hingga 15 menit saat malam hari.

Aktivitas ini diyakini bermanfaat meredam masalah mental sehingga kamu tak lagi mengalami susah tidur atau imsonia di malam hari.

3. Meredakan gejala rematik

Kalau bahaya mandi malam yang satu ini sih memang sudah diyakini sebagai mitos belaka. Malahan, menurut sebuah laman kesehatan, mandi malam dianggap sangat bermanfaat untuk meredakan gejala rematik yang dialami. Namun memang kebiasaan seperti ini harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter yang ahli.

4. Menjaga kesehatan kulit tubuh

Setelah seharian beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk bersihkan tubuh dengan melakukan aktivitas rutin yakni mandi. Dengan begitu, kulit pun akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, karena bakteri dan jamur yang melekat, terutama pada bagian kepala, ketiak, leher, dan selangkangan juga ikut mati saat kamu membersihkan tubuh dengan sabun mandi.

(Baca Juga: 6 Penyebab Kemandulan Pria, Apa Saja?)

Anjuran untuk Mandi Malam Bagi Pasien yang akan Operasi

Pada kondisi tertentu, mandi malam juga sangat dianjurkan terutama buat pasien yang akan menjalani prosedur operasi. Biasanya dokter bakal meminta sang pasien untuk mandi di malam hari dengan memakai sabun antiseptik atau paling tidak produk yang mengandung bahan chlorhexidine gluconate.

Saat mandi, pasien juga harus membersihkan kuku jarinya, terlebih jika dia menggunakan kutek atau makeup.

Sebaiknya jangan mencukur di area yang bakal dioperasi, jika dibutuhkan pun, biarkan tenaga kesehatan yang mencukurnya, karena mereka lebih tahu akan metode mencukur itu sendiri.

Biar Makin Terjaga, Miliki Perlindungan Tambahan dengan Asuransi Kesehatan

Nah, itu tadi pembahasan mengenai bahaya mandi malam yang ternyata kebanyakan adalah mitos. Ingat, menjaga kesehatan adalah kunci utama untuk hidup yang lebih lama.

Namun, kalau menjaga saja tanpa memberikan perlindungan ekstra untuk kesehatan, buat apa?

Perlindungan ekstra ini bisa dengan memanfaatkan produk asuransi kesehatan lho. Jadi selain sehat, kamu juga turut membuat kondisi finansial tetap stabil. Nah, salah satu produk yang bisa kamu gunakan adalah asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Lewat CekAja, kamu enggak hanya bisa membeli asuransi kesehatannya saja, melainkan kamu juga dapat membandingkan keseluruhan produk dari mitra ternama yang dimiliki oleh portal finansial terbaik ini.

Jadi, tunggu apalagi? Segera akses laman utama CekAja.com dan miliki asuransi kesehatannya dengan perlindungan menyeluruh serta bantuan klaim cepat.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri