6 Bahaya Tangki Bensin Mobil Kosong Perlu Diwaspadai, Apa Saja?

Sebagai pemilik sekaligus pengguna mobil, sebaiknya kamu mengetahui bahaya tangki bensin kosong. Pasalnya, banyak dari para pengguna kendaraan, yang ditemukan sering membiarkan bensin hingga tersisa setengah atau seperempat tangki dahulu baru mengisinya.

Sementara, hal itu sebenarnya tidak boleh dilakukan. Sebab, itu dapat membuat tangki memiliki banyak ruang. Sehingga, udara akan mudah terkondensasi, karena ruang kosong yang tersedia sangat besar.

Namun selain itu, membiarkan tangki bensin mobil kosong juga memberikan banyak sekali bahaya untuk kendaraanmu.

Karena pada dasarnya, bensin sendiri berperan sebagai media pendingin untuk pompa bahan bakar.

Yang mana, pompa bahan bakar ini sudah seharusnya selalu terpendam. Dan apabila bensin tinggal sedikit, makan proses pendinginan pun menjadi terganggu.

Hal itulah yang menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya berbagai jenis bahaya, apabila tangki bensin mobil dibiarkan kosong.

Jika kamu penasaran apa saja bahaya yang dapat ditimbulkan tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa bahaya tangki bensin mobil kosong, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Bahaya Tangki Bensin Mobil Kosong

Jika berbicara tentang bahaya tangki bensin mobil kosong, sebenarnya ada banyak sekali risiko yang dapat ditimbulkan, yang di antaranya akan diulas sebagai berikut.

1. Membuat tangki bensin cepat kotor dan berkarat

Bahaya tangki bensin mobil kosong yang pertama, yaitu tangki akan lebih cepat kotor dan berkarat.

Hal itu karena, tangki bensin yang berada dalam keadaan hampir kosong, sangat berpotensi untuk membuat bahan bakar menguap, dan mengakibatkan munculnya titik-titik air yang nantinya akan menempel dalam tangki bensin.

Apalagi, titik-titik air tersebut bisa menjadi perantara untuk mengikat kotoran, yang berasal dari bensin yang tidak terendapkan secara maksimal.

Dengan begitu, tangki bensin tidak hanya cepat kotor, tetapi juga lebih cepat berkarat karena air akan membuat besi menjadi karatan, akibat proses oksidasi yang terjadi.

(Baca Juga: Penyebab Mobil Boros Bensin)

2. Membuat kotoran mengendap

Selain membuat tangki bensin cepat kotor dan berkarat, tangki mobil yang dibiarkan kosong juga dapat memicu timbulnya endapan kotoran, yang dapat membuat saluran bahan bakar mudah tersumbat.

Pasalnya, pada saat tangki hampir kosong, kotoran yang ada pada tangki mudah tersedot pompa bensin.

Jika kotoran tersebut sudah tersedot, maka hal itu dapat membuat mesin jadi tersumbat, dan memicu mobil untuk tiba-tiba mogok saat digunakan. Bagaimana, sangat berbahaya bukan?

3. Bensin menjadi lebih boros

Bahaya tangki bensin mobil kosong yang selanjutnya, yaitu bensin akan lebih cepat boros, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Hal itu tentu saja disebabkan oleh kendaraanmu, yang membutuhkan tenaga ekstra dari bensin untuk menggerakkan mesin kendaraan.

Jadi, jika kamu ingin berhemat, maka sebaiknya tidak membiarkan bensin habis atau tersisa hanya seperempat tangki saja.

Tetapi justru mengisinya selagi bensin masih setengah tangki, untuk mencegah perilaku boros dalam mengisi bensin mobil.

4. Alat pompa tidak bekerja maksimal

Alat pompa yang tidak bekerja maksimal, nyatanya juga merupakan salah satu bentuk dari bahaya tangki bensin mobil kosong yang ditimbulkan.

Hal itu bisa terjadi, biasanya akibat dari filter bensin yang sangat kotor. Sebab dalam keadaan normal, pompa bahan bakar seharusnya bisa menyalurkan bensin secara merata.

Namun karena filter bensin yang sangat kotor, akhirnya proses penyaluran bensin melalui pompa pun menjadi kurang maksimal.

Dampak yang bisa kamu rasakan, yaitu performa mobil menjadi sangat menurun, dan bahan bakar pun lebih boros dari biasanya.

Belum lagi, jika ada kotoran yang tidak sengaja masuk ke dalam pompa bahan bakar, yang sudah pasti menimbulkan kerusakan parah di bagian dalam mobil.

5. Alat pompa lebih cepat rusak

Selain membuat alat pompa tidak bisa bekerja maksimal, bahaya tangki bensin mobil kosong yang ditimbulkan juga berupa alat pompa yang jadi lebih cepat rusak.

Perlu diketahui, di bawah tangki mobil sebenarnya terdapat sebuah alat yang berguna untuk menyalurkan bensin ke mesin, bernama fuel pump.

Nah fuel pump ini memiliki risiko kerusakan yang sangat besar, apabila tangki bensin seringkali dibiarkan hampir kosong.

Dan jika sudah rusak, maka kamu harus menggantinya dengan yang baru, dan mengeluarkan sejumlah uang yang sangat banyak.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya kerusakan alat pompa, sebaiknya ketahui waktu pengisian bensin mobil yang tepat sejak dini.

6. Fungsi sistem pengapian menjadi terganggu

Bahaya tangki bensin mobil kosong yang terakhir, yaitu fungsi sistem pengapian menjadi terganggu.

Hal itu bisa terjadi, apabila fuel pump benar-benar sudah rusak. Sehingga sistem pengapian, baik itu karburator atau injektor yang berfungsi untuk menggerakkan mesin, menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Keuntungan Mengisi Penuh Tangki Bensin Mobil

Setelah di pembahasan sebelumnya, kamu sudah mengetahui beberapa bahaya tangki bensin mobil kosong, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui keuntungan mengisi penuh tangki bensin mobil.

Secara umum, ada banyak keuntungan diberikan dari mengisi penuh tangki bensin mobil, di antaranya yaitu:

  • Meminimalisir ruang udara
  • Mencegah berkaratnya tempat penyimpanan BBM akibat udara yang ada di dalam tangki
  • Tidak perlu khawatir kehabisan bensin, apabila digunakan jarak jauh, terjebak macet dan tidak menemukan SPBU
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Penyebab Mobil Terbakar Saat Isi Bensin)

Beberapa informasi terkait bahaya tangki bensin mobil kosong, sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua informasi tersebut sangat berguna dan penting untuk diketahui, khususnya bagi kamu yang memiliki mobil.

Sehingga, kamu sebagai pemilik tidak mengerti bagaimana cara mengendarainya saja, tetapi juga mengerti bagaimana cara merawat kendaraan yang baik dan benar, agar tidak mudah rusak.

Jika hal itu sudah kamu ketahui dan terapkan dengan baik, maka selanjutnya kamu bisa langsung melindungi kendaraanmu dengan asuransi kendaraan.

Sebab, asuransi kendaraan berguna untuk melindungi kendaraanmu, dari segala risiko kerusakan dengan maksimal.

Jadi, buat kamu yang belum melindungi kendaraanmu dengan asuransi kendaraan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kendaraan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kau pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kendaraan terbaikmu sekarang juga!