Bahaya Tindik Di Bagian Tubuh, Infeksi Hingga Serangan Penyakit

Orang-orang dari berbagai budaya yang berbeda telah melakukan tindik di bagian tubuh mereka selama berabad-abad lalu. Tapi, apakah mereka tahu apa saja bahaya tindik di bagian tubuh?

Jika kita melihat di buku sejarah, kita akan menemukan bahwa orang Mesir, Yunani, dan Romawi telah menghiasi tubuh mereka dengan tindikan dan tato.

Banyak yang menindik tubuh mereka untuk menunjukkan kepentingan mereka dalam suatu kelompok, atau karena mereka mengira hal itu melindungi mereka dari kejahatan.

Hari ini, kita tahu lebih banyak tentang risiko dan bahaya tindik di bagian tubuh kita. Tindik di bagian tubuh adalah keputusan yang serius.

Sebelum kita  memutuskan untuk menindik, tanyakan kepada orang tua, orang dewasa terpercaya, dan teman kita apa yang mereka pikirkan.

Meskipun sekarang ada banyak metode yang dipakai untuk melakukan tindik, bahayanya tetap mengikuti.

Kali ini kita akan berikan informasi bahaya tindik di bagian tubuh yang mesti kita ketahui dulu sebelum memutuskan akan melakukan tindik. Apa saja itu? Tetap ikuti tulisan ini sampai selesai.

(Baca Juga: Fobia Jarum Suntik? Ini Cara Mengatasinya!)

Bahaya Tindik Di Bagian Tubuh

Melakukan tindik di beberapa bagian tubuh bagi banyak orang memang terlihat keren. Tapi dibalik itu ada bahaya tindik di bagian tubuh yang mengintai.

Beberapa orang akan mengalami komplikasi karena tindik itu sendiri menimbulkan luka. Luka inilah yang bisa saja beresiko tinggi bagi kesehatan kita.

Sebelum kita memasang tindik ada baiknya tahu dulu bahaya yang mengintainya seperti di bawah ini:

1. Infeksi

Salah satu bahaya tindik di bagian tubuh adalah infeksi. Baik itu infeksi kecil maupun yang serius.

Karena jika ada bagian tubuh yang terluka maka resiko infeksi pasti ada. Lebih-lebih kalau kita tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk merawat bagian yang sudah ditindik.

Infeksi tindik bisa semakin parah jika kita membiarkannya. Infeksi ini bisa membuat proses penyembuhan tindik semakin lama.

Ketahui dulu apakah kita bisa merawat bekas luka tindik itu. Jika kita bukan orang yang teliti baiknya lupakan untuk memasang tindik. Apalagi di bagian tubuh yang rentan.

2. Reaksi alergi

Bahaya tindik di bagian tubuh selanjutnya adalah reaksi alergi. Biasanya untuk logam tertentu bisa memicu reaksi alergi yang serius.

Ada yang berupa gatal, kemerahan, adanya ruam, bercak kering sampai luka melepuh yang biasanya ada cairan didalamnya. Sebaiknya konsultasi dulu ke dokter untuk mengetahui apakah kita memiliki alergi terhadap logam tertentu.

Karena biasanya tindik akan dipasangi oleh perhiasan dari logam maka penting untuk tahu apakah kita memiliki reaksi alergi untuk logam tertentu.

3. Keloid dan Luka Robek

Keloid dan luka robek menjadi tanda bahaya tindik di bagian tubuh selanjutnya. Luka robek bisa karena salah waktu penanganan tindik atau terjatuh atau tindik tertarik secara tidak sengaja.

Luka robek ini bisa saja menjadi resiko luka yang lebih besar jika kita tidak menanganinya. Keloid juga menjadi tanda bahaya karena ini adalah pembelahan sel kulit yang berlebihan.

Keloid ini mungkin tak sakit tapi mengganggu dalam penampilan. Keloid bisa terbentuk bahkan dari luka yang sudah sembuh. 

4. Tertular atau Menularkan Penyakit

Bahaya tindik di bagian tubuh ternyata juga bisa menularkan penyakit loh. Kita bisa saja tertular maupun menularkan penyakit yang serius jika peralatan tindik tidak disterilkan dengan benar.

Penyakit yang bisa ditularkan antara lain seperti hepatitis B, C, tetanus bahkan sampai HIV. Pastikan kalau alat untuk menindiknya sudah higienis dan disterilkan.

Jika kita menindik di studio jangan sungkan untuk menanyakan kesterilan alat-alatnya. Kalau ragu lebih baik cari studio tindik lain yang lebih bisa dipercaya.

(Baca Juga: Gejala Batu Ginjal)

5. Masalah Kerusakan Saraf dan Gigi

Bahaya tindik di bagian tubuh yang mengerikan adalah bisa terjadi kerusakan saraf dan gigi jika menindik dengan cara yang salah. Tidak jarang orang yang menindik lidah yang mengakibatkan kerusakan saraf dan gigi.

Tindik pada lidah juga bisa beresiko tertelan jika tindik lepas. Yang paling parah adalah jangka panjangnya bisa kesulitan bicara bahkan untuk mengunyah makanan.

Tindik lidah yang mengalami infeksi malah bisa menjadi pintu penyakit lainnya.

Itu dia 5 bahaya tindik di bagian tubuh yang harus kita ketahui dulu, sebelum memutuskan melakukan tindik.

Ada kondisi medis yang bisa mengganggu proses penyembuhan alami setelah penindikan, yang membuat penindikan dalam keadaan ini tidak hanya keputusan yang buruk, tetapi juga berisiko.

Larangan Tindik

Asosiasi penindik profesional merekomendasikan agar kita tidak menindik jika:

  • Kita mengalami iritasi kulit atau lesi yang tidak biasa atau ruam, benjolan, luka, tahi lalat, atau banyak bintik-bintik atau lecet di mana kita ingin ditindik
  • Kita mengidap diabetes, hemofilia, gangguan autoimunitas penyakit jantung bawaan, atau kondisi medis lain yang mungkin mengganggu proses penyembuhan
  • Kita memiliki pekerjaan atau berpartisipasi dalam aktivitas yang membuat penindikan tidak dapat diterima
  • Kita  memiliki rencana untuk hamil dan tindikan di pusar, puting akan berbahaya, terlebih jika kita sedang hamil

Jika kita berada pada kondisi di atas ada baiknya untuk melupakan tindik di bagian tubuh. Bahaya tindik di bagian tubuh apalagi di tempat-tempat yang rentan bisa saja membahayakan nyawa kita.

Tapi jika kita berada dalam kondisi fit dan tetap melakukan tindik, maka kita harus cari studio tindik yang berlisensi dan terpercaya.

Jangan pernah berpikiran untuk menindik bagian tubuh sendiri, karena kita tidak tahu metodenya.

Menindik sendiri juga bisa meningkatkan resiko infeksi yang mengerikan. Setelah kita memutuskan untuk menindik tentu kita juga harus tahu bagaimana cara merawat dan menghindari infeksi.

Tindik di bagian tubuh adalah keputusan besar. Kita berharap tulisan ini menjawab pertanyaan serta memahami semua kemungkinan resikonya, sehingga kita bisa membuat keputusan yang terbaik untuk kamu.

Jika kamu memutuskan untuk melakukan tindik badan, kami harap kamu mengikuti pedoman keselamatan untuk perawatan setelahnya.

Kunjungi studio tindik yang dapat diandalkan, beli jenis perhiasan yang tepat, jaga kebersihan area tindik dan segera ke layanan kesehatan jika memiliki gejala infeksi. 

Kesehatan memang jauh lebih penting ketimbang penampilan fisik. Jadi pastikan jika kamu menginginkan penampilan fisik yang baik, kamu harus memiliki kesehatan yang baik juga.

Untuk berjaga jaga, akan sangat baik jika memiliki asuransi kesehatan. Karena jika terjadi gangguan kesehatan kita bisa langsung mengatasinya.