Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bakal Jadi Ibu Kota Baru, Ini Keistimewaan Pulau Kalimantan

by Sindhi Aderianti on 21 Agustus, 2019

Presiden Joko Widodo telah memastikan Ibu Kota negara akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu daerah di Pulau Kalimantan. Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi keputusan untuk menyiapkan Ibu Kota baru. Jakarta saat ini sudah terancam oleh banyak ketidaknyamanan seperti macet, gempa bumi, banjir, pergerakan atau penurunan muka tanah, dan juga tentunya polusi udara. Sehingga cepat atau lambat, pusat pemerintahan terpaksa harus dipindahkan ke wilayah lain.

ibu kota baru

Kalimantan dipilih sebagai lokasi Ibu Kota baru karena berbagai alasan. Selain lahannya yang luas dan diyakini aman dari bencana, pulau tersebut dipilih karena lokasinya berada di tengah-tengah Indonesia. Ibarat kertas yang masih kosong, nantinya wilayah ini juga akan lebih mudah untuk ditata sesuai tujuan yang diinginkan pemerintah. Adapun konsep pembangunannya kelak adalah smart, green, dan beautiful city.

Meski begitu, Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis dan perekonomian. Layaknya New York yang kini sudah lebih fokus menjadi sentral perdagangan negara, semenjak pemerintahannya diboyong pindah ke Washington DC.

Samboja, Kandidat Terkuat Pengganti Jakarta

Kecamatan Samboja di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur mendadak ramai diperbincangkan terkait rencana pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan. Samboja merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara dengan luas wilayah mencapai 1.045,90 km2.

Wilayah ini memiliki letak yang strategis karena berbatasan langsung dengan pintu gerbang Kalimantan Timur. Dari Bandara Sepinggan, Balikpapan hanya berjarak 1 jam 16 menit atau 44,8 km.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengaku lokasi ibu kota masih rahasia. Ia tidak mau memberikan konfirmasi mengenai Samboja ini. Namun untuk urusan desain memang sudah ada dan dikerjakan Kementerian PUPR.

(Baca juga: PNS Kementerian Keuangan dan 3 Instansi Lain Ikut Jokowi Pindah ke Ibu Kota Baru)
Istimewanya Pulau Kalimantan

Berbicara mengenai Kalimantan, kotanya mungkin tidak segemerlap Jakarta. Penduduknya sedikit, lahannya pun masih banyak yang kosong. Namun, pulau dengan sebutan Borneo ini menyimpan banyak keistimewaan yang tak dimiliki pulau-pulau lain. Maka wajar saja jika Ibu Kota baru akan berlokasi di Kalimantan. Berikut ini beberapa keistimewaan Kalimantan:

1. Sarangnya hewan dan buah endemik

Ada berbagai jenis buah endemik khas Kalimantan yang hanya bisa tumbuh di waktu-waktu tertentu. Rasanya pun enak! Salah satu buah langka  yang paling terkenal adalah keledang. Di samping itu, hutan yang terdapat di Kalimantan merupakan habitat alami terutama bagi hewan yang sudah masuk dalam kategori terancam punah seperti orang utan, bekantan, badak Borneo, tapir, dan beberapa spesies endemik lainnya.

2. Pulau terbesar di dunia

Kalimantan ternyata menempati urutan ke-3 sebagai pulau terbesar di dunia. Urutan pertama didapat Greendland yang membentang dengan luas 2.166.086 km persegi, disusul Papua seluas 800.000 km persegi di urutan kedua. Sedangkan urutan ketiga yakni Kalimantan, memiliki luas mencapai 743.330 km persegi.

3. Aman dari gempa

Kalimantan merupakan pulau yang paling aman terhadap gempa jika dibandingkan dengan beberapa pulau yang ada di Indonesia. Pulau tersebut hanya berdekatan dengan lempeng gempa yang tepatnya berada di bagian selat Makassar. Oleh karena itu potensi gempa yang ada di pulau ini sangatlah kecil.

4. Tiga negara dalam satu daratan

Uniknya lagi, pulau ini tak cuma dimiliki Indonesia saja. Ada pemilik lain yang juga menghuni Kalimantan yaitu Brunei Darussalam dan Malaysia. Namun Indonesia tetap memiliki wilayah kekuasaan yang paling besar dari negara lainnya, yakni sebanyak 70 persen.

(Baca juga: Menjelajah 8 Objek Wisata di Daerah Calon Ibu Kota Baru Indonesia)
5. Terdiri dari banyak sungai

Kalimantan juga sering dijuluki ‘pulau seribu sungai’. Hal ini karena pulau tersebut dikelilingi oleh tiga sungai yang membentang amat luasnya. Sungai-sungai terpanjang di Kalimantan meliputi Sungai Kapuas (1143 km) di Kalimantan Barat, Indonesia, Sungai Barito (880 km) di Kalimantan Tengah, Indonesia, Sungai Mahakam (980 km) di Kalimantan Timur, Indonesia.

Begitulah keistimewaan calon ibu kota baru  yang mungkin selama ini tak pernah kita ketahui. Ternyata bukan hanya besar, tapi menyimpan harta karun paling berharga untuk Indonesia. Jadi penasaran ingin ke Kalimantan, ya?

Dalam rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan, pemerintah akan turut memindahkan kurang lebih 1 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari empat kementerian. Di antaranya adalah Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami