Bali Investment Trade and Tourism 2020, Pameran Komoditas Daerah Indonesia

3 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Bali Investment Trade and Tourism 2020 rencananya akan digelar di Atrium Utama Level 21 Mall, Denpasar, Bali pada 5 hingga 8 Maret mendatang. Pameran ini menampilkan produk-produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia.

Bali Investment Trade and Tourism 2020

Bali Investment Trade and Tourism merupakan event tahunan yang melibatkan Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata, serta Pemerintah Provinsi Bali untuk menyukseskan event tersebut.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah, event ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi tiap wilayah di Indonesia dalam memasarkan produk-produk unggulannya. Selain itu, Bali Investment Trade and Tourism 2020 juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di masing-masing stand daerah.

Kilas Balik Bali Investment Trade and Tourism 2019

Informasi mengenai Bali Investment Trade and Tourism 2020 memang belum banyak beredar di laman pencarian Google. Oleh karena itu, CekAja bakal memberikan kilas balik keseruan event tersebut di tahun 2019 lalu sebagai gambaran akan event yang rencananya bakal berlangsung awal Maret 2020 ini.

Bali Investment Trade and Tourism 2019 merupakan event hasil kolaborasi antara PT Visi Sinergi Antarnusa dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Pariwisata, serta Pemerintah Provinsi Bali. Ini adalah pameran yang sudah berlangsung selama 7 tahun berturut-turut guna memamerkan produk unggulan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Event yang berlangsung selama 4 hari, terhitung  dari 21 hingga 24 November 2019 ini setidaknya diikuti 15 wilayah, antara lain adalah Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Sumatera Utara, Kota Palembang, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Talaud, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Bogor, Kabupaten Malang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan Kabupaten Bangkalan.

(Baca Juga: Yuk Intip 8 Restoran Romantis Untuk Dinner Di Bali)

Selain menampilkan produk-produk yang dimiliki, beberapa peserta pameran yang terlibat juga mempromosikan objek wisata yang ada di wilayahnya tersebut. Misalnya saja, Kabupaten Talaud yang memfokuskan stand mereka sebagai media promosi objek wisata yang ada di kabupaten tersebut sekaligus menawarkan peluang investasi bagi para investor dalam sektor pariwisata.

Tidak mau ketinggalan pula UMKM Sulsel yang berhasil membawa sejumlah produk unggulannya seperti sutera, kopi, kerajinan tenun, kerajinan tangan khas Toraja, serta cemilan-cemilan dari Makassar.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan pihak Media Sulsel bersama penanggung jawab stand UMKM Sulsel, Azis, produk-produk unggulan asal Sulawesi Selatan yang dibawa memang beragam.

Namun diantara semua produk, pihaknya memang sengaja lebih menonjolkan sutera sebagai ciri khas dari wilayah tersebut. Ini sesuai dengan program gubernur guna membangkitkan kejayaan sutera milik Sulawesi Selatan.

Selain Bali, Ada 11 Kota yang Terlibat Investment Trade and Tourism Expo

Tidak hanya Bali saja yang menjadi tuan rumah untuk event Bali Investment Trade and Tourism 2020. Bahkan ada 11 kota yang juga terlibat dalam event bertajuk komoditas unggulan tersebut. Uniknya tiap kota yang tergabung dalam Investment Trade and Tourism Expo rupanya tidak diselenggarakan serentak.

Ada kota yang baru saja menyelenggarakan event tersebut, ada pula yang telah menyelenggarakannya selama 11 tahun berturut-turut. Dan berikut 11 kota yang terlibat pada 2019 lalu dalam Investment Trade and Tourism Expo:

  • Balikpapan
  • Banjarmasin
  • Samarinda
  • Palembang
  • Batam
  • Bali
  • Lampung
  • Medan
  • Kupang
  • Jogja
  • Manado

Bali Investment Trade and Tourism 2020

Belum banyak informasi di internet yang membahas Bali Investment Trade and Tourism 2020. Namun yang pasti, event ini bakal diadakan kembali di Level 21 Mall Denpasar, Bali pada 5-8 Maret 2020.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, event ini diadakan sebagai ajang promosi memperkenalkan produk-produk unggulan dari masing-masing wilayah yang terlibat.

Harapannya, event ini dapat berlangsung meriah seperti tahun sebelumnya, dimana para pengunjung maupun investor banyak berdatangan dan bertransaksi di pameran tersebut.

(Baca Juga: Cek Potensi Devisa Indonesia dari Pariwisata!)

Bisa dikatakan, lewat event gelaran pemerintah ini terdapat hubungan mutualisme yang tidak hanya menguntungkan pihak UMKM daerah saja, namun juga pengunjung yang turut berpartisipasi di dalamnya.

Bagaimana, kamu tertarik untuk mendatangi Bali Investment Trade and Tourism 2020? Jika iya, jangan lupa untuk gunakan kartu kredit dari CekAja saat mendatangi pameran tersebut.

Soalnya, akan ada banyak sekali stand dari berbagai wilayah di Indonesia yang terlibat di sana. Daripada kalap menggunakan uang cash, mendingan pakai saja kartu kredit dari CekAaja.com yang memberikan penawaran menarik berupa bunga rendah dan cicilan ringan.

Yuk, tunggu apalagi? Segera ajukan kartu kredit pertamamu hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri