Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bambu Getah Getih Dibongkar Habis, 3 Seni Instalasi Ini Justru Makin Ramai Pengunjung

by Sindhi Aderianti on 25 Juli, 2019

Jika melancong ke daerah Thamrin, Jakarta Pusat, pastinya tak asing lagi dengan instalasi bambu yang bertengger amat besarnya di depan Plaza Indonesia. Sayangnya pemandangan instalasi bambu bernama Getah Getih tersebut kini tinggal kenangan. 

instalasi bambu getah getih
(Foto: Instagram Anies Baswedan)

Padahal, dulu pemasangan karya seni ini sempat ramai diperbincangkan. Bukan dari sudut pandang seninya, tetapi lebih kepada anggaran Pemprov DKI yang konon mencapai setengah miliar rupiah. Sedangkan instalasi tersebut hanya dipajang dari Agustus 2018 hingga pertengahan Juli 2019. Dengan kata lain, tak sampai setahun.

Lalu mengapa dibongkar habis? Menurut pihak terkait, instalasi bambu Getah Getih sudah mulai rapuh sehingga pembongkaran terpaksa harus dilakukan. Mengenai biaya pembuatan dan pemasangan yang diketahui telah menghabiskan Rp550 juta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan kalau dana itu tidak akan habis sia-sia karena disumbangkan kepada petani bambu.

Apa Itu Seni Instalasi?

Berbicara mengenai seni instalasi, keberadaannya kini memang semakin disambut baik di Indonesia. Terbukti, sudah banyak ekshibisi atau acara yang menjadi wadah untuk karya seni tersebut. Dengan menjamurnya ekshibisi dan pameran seni yang mewadahi seni instalasi tadi, apresiasi masyarakat pun ikut bertambah. Mulai sekadar melihat-lihat hingga menjadikannya objek berswafoto.

Dulu menikmati sebuah karya seni mungkin kerap diidentikan dengan museum yang terkesan kuno dan sunyi. Nah, seni instalasi ini menyuguhkan kesan berbeda. Seni instalasi mengonstruksikan beberapa benda di dalam suatu ruangan. Berbagai elemen juga turut digabungkan seperti visual, bunyi, aroma, sinar, angin, dan sesuatu yang bergerak.

(Baca juga: Video Metromini Hadang TransJakarta Viral: Ini Fakta-fakta si Bus Merah)
Hang Out ke Ekshibisi Seni Instalasi Ini, Yuk!

Berbagai instalasi seni kini dikemas dalam konsep serba instagrammable demi menarik banyak minat pengunjung. Seperti ini 3 seni instalasi yang semakin ramai pengunjung:

1. TeamLab Future Park

Keberadaan ekshibisi yang berlokasi di Mal Gandaria City ini langsung menarik banyak pengunjung sejak pertama kali dibuka. TeamLab Future Park memiliki instalasi seni berkonsep digital berkelas dunia. Ragam pencahayaan warna-warni akan kamu temukan pada setiap arena yang terdiri dari lima tema berbeda di sana.

Menariknya lagi, setiap pengunjung bisa menggambar karya mereka sendiri yang akan di-scan, lalu muncul dan bergerak di tembok dan mampu bergerak. Selain itu, pengunjung juga bebas bermain bola besar hingga menaiki perosotan layaknya anak-anak di bawah sorotan cahaya.

TeamLab Future Park buka dari pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB dan hanya berlangsung sampai 20 Desember 2019. Harga tiket anak – anak (2-12 tahun) dan dewasa (13 tahun ke atas) adalah Rp135.000 di hari Senin-Jumat, dan Rp150.000 di hari Sabtu-Minggu.

2. Moja Museum

Sejak Mei 2019, Moja Museum sedikit mengubah konsep instalasinya. Ialah ‘Roja’, arena roller skating dengan instalasi pop art yang konon sudah menjadi ciri khas dari museum tersebut.  Kamu tidak perlu membawa sepatu roda dari rumah, karena pengunjung akan dipinjamkan sepatu roller skate yang tersedia mulai dari ukuran 30 – 45. 

Setiap ruangannya pun memiliki desain yang begitu unik dan serba instagrammable. Ilusi dari lampu neon, tembok warna-warni dengan tema vintage, hingga ruangan berlampu disko tak ubahnya seperti mesin waktu yang membawa kita ke nyentriknya era 80-an. Tiket masuknya dibanderol dengan harga Rp90.000 per orang di hari kerja, atau Rp110.000 di hari libur.

(Baca juga: Menakar Sengkarut Reklamasi di Teluk Jakarta)
3. Haluu World

Selanjutnya, kamu juga bisa ke Haluu World. Kata “Haluu” sendiri digunakan karena memiliki arti keinginan dalam bahasa Finlandia sehingga diharapkan bagi para pengunjung untuk dapat mengeksplorasi keinginan mereka dengan perjalanan yang menyenangkan dan seru.

Kali ini bertajuk Baluun by Haluu, ekshibisi tersebut mengangkat elemen balon sebagai tema besar dari instalasinya. Pengunjung akan diajak bernostalgia dengan balon-balon yang mengingatkan akan masa kecil. Hunting foto di Baluun pun akan terasa seperti bermain-main di dalamnya.

Lengkap dengan 12 spot instalasi bertema balon yang dikreasikan inovatif, kamu bisa mengunjungi Baluun by Haluu dengan harga tiket masuk Rp100.000,- saat weekday, dan Rp120.000,- saat weekend.

Hadirnya seni instalasi yang bisa dinikmati oleh berbagai kalangan ini, tentunya menambah referensi setiap orang dalam mengisi waktu libur di akhir pekan. Dengan mengunjungi pameran tersebut, secara tidak langsung juga menjadi wujud apresiasi terhadap para seniman yang sudah bersusah payah melahirkan karyanya.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.