10 Ban Tubeless Sepeda Motor Terbaik Ini Aman Dipakai Disegala Kondisi

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Memilih ban tubeless sepeda motor terbaik merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan. Sebab, sebagai salah satu komponen utama pada kendaraan, pemilihan ban benar-benar harus diperhatikan, karena berkaitan dengan keselamatan.

Di pasaran sendiri, sejatinya ada banyak sekali merek ban tubeless sepeda motor terbaik, yang bisa kamu jadikan pilihan, baik itu ban tubeless untuk motor matic, motor bebek maupun motor sport.

Semua merek ban tubeless tersebut bisa kamu temukan dengan mudah. Hanya saja, kamu perlu tahu lebih dulu apa saja merek ban tubeless terbaik, yang cocok untuk kendaraanmu sebelum membeli.

Maka dari itu, untuk memudahkanmu memilih merek ban tubeless sepeda motor terbaik, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa rekomendasi, dan akan mengulasnya khusus untuk kamu.

Perbedaan Ban Tubeless dan Tubetype

Sebelum kamu mengetahui apa saja rekomendasi ban tubeless sepeda motor terbaik, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu ban tubeless, serta perbedaannya dengan ban tubetype.

Di bawah ini, CekAja.com akan mengulas beberapa hal terkait ban tubeless dan ban tubetype, beserta perbedaannya, sebagai berikut.

Ban Tubeless

Ban tubeless merupakan jenis ban yang menjadi pilihan andalan para pengendara motor, karena tidak menggunakan ban dalam.

Adapun keunggulan yang dimiliki ban ini, dan menjadi pembeda dengan ban tubetype, yaitu:

  • Lebih tahan lama
  • Tidak mudah bocor
  • Jika ditambal, waktu yang dibutuhkan untuk menambal ban tubeless cukup singkat
  • Setelah ditambal, umumnya ban memiliki daya tahan yang lebih kuat
  • Memiliki alur ban yang lebih unik dan bentuk yang lebih baik
  • Memiliki cengkeraman yang lebih kuat di segala kondisi jalan
  • Hanya bisa digunakan pada kendaraan dengan velg jenis Casting Wheel (velg racing)
  • Memiliki harga yang cenderung lebih mahal, dibandingkan ban tubetype

Ban Tubetype

Ban jenis tubetype sudah jelas berbeda dengan ban tubeless, karena ban ini merupakan jenis ban konvensional, yang masih menggunakan ban dalam.

Adapun hal-hal yang membedakan antara ban tubetype dengan ban tubeless, yaitu:

  • Memiliki struktur yang tidak sekeras ban tubeless
  • Rentan bocor apabila terkena benda tajam
  • Memiliki alur ban berbentuk garis tengah, untuk membelah genangan air
  • Cocok digunakan pada motor dengan velg jari-jari, atau jenis Spoke Wheel (SW)
  • Ban lebih kuat jika digunakan di jalanan yang tidak rata
  • Memiliki harga yang cenderung lebih murah, dibandingkan ban tubeless

(Baca Juga: Kehebatan Ban Tanpa Udara Buatan TNI)

Tips Memilih Ban Tubeless Sepeda Motor Terbaik

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui definisi ban tubeless, beserta perbedaannya dengan ban tubetype.

Nah, di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui sederet tips memilih ban tubeless sepeda motor yang baik dan benar.

Yang mana, tips memilih ban tubeless yang perlu kamu lakukan tersebut sebenarnya sangat mudah, di antaranya yaitu:

  • Pilih ban tubeless yang berasal dari merek terbaik
  • Pilih ban tubeless dengan ukuran yang sesuai dengan motor
  • Pilih ban tubeless dengan motif yang aman digunakan pada saat berkendara di musim hujan, maupun musim panas
  • Perhatikan tanggal pembuatan ban
  • Sebisa mungkin pilih ban tubeless dengan telapak sedang, sesuai dengan ban pabrikan motor
  • Ketahui masa pakai ban tubeless
  • Pilih ban tubeless dengan harga yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Daftar Ban Tubeless Sepeda Motor Terbaik

Sebelum memutuskan untuk membeli ban tubeless sepeda motor terbaik, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa daftar ban tubeless sepeda motor, yang bisa dijadikan pilihan.

Untuk tahu lebih jelas apa saja daftar ban tubeless sepeda motor tersebut, yuk simak bersama-sama ulasan berikut ini!

1. Corsa

Kisaran harga: Rp103 ribu – Rp628 ribu

Menempati posisi pertama, sebagai ban tubeless sepeda motor terbaik pertama versi CekAja.com, Corsa memiliki tread compound dengan cengkeraman kuat di segala kondisi.

Tidak hanya itu, konstruksi karet dinding pada sidewall compound, juga membuat ban menjadi semakin kokoh dan tahan terhadap benturan. Sehingga, ketika digunakan ban akan menjadi lebih stabil.

Terlebih, ditunjang dengan base compound bermaterial karet elastis, yang membuat ban menjadi semakin nyaman digunakan, di berbagai kondisi dan kontur jalan.

2. IRC

Kisaran harga: Rp90 ribu – Rp300 ribu

IRC atau singkatan dari Inoue Rubber Company, merupakan salah satu ban tubeless sepeda motor terbaik yang bisa dijadikan pilihan.

Bagaimana tidak, ban buatan pabrik PT Gajah Tunggal Tbk ini sudah sangat dikenal sebagai merek ban tubeless berkualitas, awet dan memiliki daya cengkeram yang sangat kuat.

Maka dari itu, ban tubeless merek IRC ini bisa digunakan pada kondisi apapun, baik pada saat musim panas maupun musim hujan.

Meski memiliki kualitas yang sangat baik, namun merek ban tubeless yang satu ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, dibandingkan merek ban tubeless lainnya, yaitu berada pada kisaran Rp90 ribu – Rp300 ribu.

3. Pirelli

Kisaran harga: Rp250 ribu – Rp2,3 juta

Dikenal sebagai ikon teknologi yang unggul, Pirelli menjadi salah satu ban tubeless sepeda motor terbaik yang patut dimiliki, khususnya untuk kamu yang memiliki motor balap.

Pasalnya, ban Pirelli sudah banyak digunakan dalam ajang balap bergengsi di dunia, seperti Superbike dan MotoGP.

Oleh karena itu, tidak heran apabila harga dari satu buah ban tubeless Pirelli ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp250 ribu – Rp2,3 juta.

Pirelli sendiri menjadi salah satu merek ban atau brand yang mewakili gaya premium, high-end dengan warisan Italia. Sehingga, Pirelli dipercaya sebagai pemasok ban untuk kendaraan-kendaraan mewah.

4. Zeneos

Kisaran harga: Rp123 ribu – R465 ribu

Berikutnya ada Zeneos, yang juga menjadi salah satu ban tubeless sepeda motor terbaik.
Ini dikarenakan, dalam membuat ban, Zeneos menggunakan teknologi khas, yaitu tekologi Advanced Grip Design (AGD) dan compound High Speed Grip (HSG).

Meski menggunakan kombinasi dua teknologi canggih, namun ban tubeless yang satu ini menawarkan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp123 ribu – Rp465 ribu.

5. Maxxis

Kisaran harga: Rp118 ribu – Rp368 ribu

Selain empat ban tubeless di atas, Maxxis ternyata menjadi salah satu merek ban tubeless sepeda motor terbaik, yang juga patut kamu coba.

Hal tersebut dikarenakan, ban tubeless yang satu ini memiliki tampilan desain yang modern, modis, serta daya tahan yang sangat baik.

Dengan begitu, ban tubeless Maxxis ini tidak hanya bisa digunakan di permukaan jalan yang rata saja, tetapi juga bisa digunakan di jalan yang tidak rata, bahkan curam.

Di Indonesia sendiri, Maxxis biasanya digunakan untuk sepeda motor jenis skutik, seperti Vario, Mio, Scoopy dan motor skutik matic lainnya.

6. Dunlop

Kisaran harga: Rp100 ribu – Rp400 ribu

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu Dunlop? Sebagai salah satu merek ban tubeless sepeda motor terbaik, Dunlop memang menjadi salah satu merek ban favorit masyarakat Indonesia.

Itu karena Dunlop selalu mengeluarkan inovasi-inovasi baru, yang unik dan kreatif. Seperti misalnya hydropaddle, sebuah inovasi yang dapat membantu mengalihkan air menggunakan alur ban, agar ban tidak licin ketika sedang melaju di jalanan yang basah.

Dunlop pun umumnya digunakan sebagai ban tubeless andalan untuk motor sport atau touring. Tentu hal tersebut dikarenakan, Dunlop memiliki keunggulan dalam menyesuaikan berbagai jenis kondisi jalan.

Namun menariknya, ban motor yang memiliki kualitas tinggi ini, dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp100 ribu – Rp400 ribu saja.

7. Mizzle

Kisaran harga: Rp210 ribu – Rp240 ribu

Di urutan ketujuh ada Mizzle, yang menjadi salah satu bagian dari ban tubeless sepeda motor terbaik.

Salah satu keunggulan dari ban tubeless sepeda motor yang satu ini, yaitu dibuat menggunakan kompon yang lembut. Sehingga, ban motor Mizzle pun nantinya memiliki cengkeraman yang sangat kuat di aspal.

Terlebih, yang membuat ban tubeless sepeda motor ini semakin menarik, yaitu desain dari ban ini yang berbentuk bulat seperti donat.

Karena dengan bentuk tersebut, ban memiliki kemampuan bertahan yang baik dan stabil, ketika digunakan melintasi tikungan dalam kecepatan tinggi.

Lebih dari itu, ban tubeless ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Nano Silica, yang membuatnya mampu untuk bertahan dan mengendalikan panas, pada saat digunakan di kondisi ekstrem.

8. Swallow

Kisaran harga: R98 ribu – Rp459 ribu

Memiliki varian ban yang sangat banyak, membuat Swallow sangat wajar apabila masuk ke dalam salah satu daftar ban tubeless sepeda motor terbaik versi CekAja.com.

Pasalnya, ban tubeless yang satu ini memiliki grip berkemampuan baik, pada saat digunakan dalam cuaca terik maupun hujan.

Alur ban yang dimiliki Swallow pun sangat khas, karena mampu membelah air dengan sangat baik.

Dengan alur tersebut, maka ban juga memiliki cengkeraman yang lebih kuat, ketika digunakan pada kondisi jalan yang biasa saja.

Meski memiliki kemampuan yang sangat baik dalam membelah air, namun ban tubeless yang satu ini juga cocok digunakan pada saat panas, karena ban tidak mudah pecah.

9. Michelin

Kisaran harga: Rp225 ribu – Rp294 ribu

Ban tubeless sepeda motor terbaik yang selanjutnya adalah Michelin. Ini merupakan ban tubeless berkualitas dengan harga terjangkau, yang sudah berproduksi sejak 1907.

Ban yang satu ini memiliki banyak varian serta jenis yang bisa dijadikan pilihan. Namun, salah satu ban tubeless sepeda motor produksi Michelin, yang sangat direkomendasikan yaitu Michelin Pilot Street.

Hal tersebut karena, Michelin Pilot Street memiliki rasio 110/70 untuk ring 17, yang sangat cocok untuk digunakan oleh motor manual dan matic.

Terlebih, ban motor tersebut sudah menggunakan karet sintetis yang sudah lolos uji SNI dan bersertifikat.

Sehingga, ban motor ini dapat mengurangi getaran yang terjadi, serta lebih stabil pada saat digunakan melintasi jalan, dengan permukaan yang tidak rata.

10. FDR

Kisaran harga: Rp113 ribu – Rp238 ribu

Ban tubeless sepeda motor terbaik yang terakhir, yaitu FDR. Sebagai salah satu merek ban lokal, FDR memiliki kualitas ban sangat baik.

Biasanya, ban tubeless FDR digunakan pada sepeda motor matic, seperti Mio, Beat dan Scoopy.

Memiliki rasio 100 untuk ring 12 inci, ban tubeless FDR ini mampu memberikan cengkeraman yang sangat baik dan kuat, khususnya ketika rem mendadak.

Dilengkapi dengan fitur dual compound technology, ban tubeless FDR ini mampu mencegah terjadinya risiko jatuh, atau kecelakaan akibat ngerem hanya menggunakan rem tangan depan.

(Baca Juga: 7 Cara Membaca Kode Ban Mobil)

Itulah 10 ban tubeless sepeda motor terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Semua merek ban tubeless tersebut, bisa kamu temukan dengan mudah di hampir semua toko ban, maupun e-commerce yang menjual ban tubeless.

Mengingat harga yang ditawarkan ban tubeless cukup mahal, kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit agar lebih hemat.

Sebab, kartu kredit tak jarang memberikan promo belanja menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik itu diskon, cashback atau rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang juga ingin mendapatkan dan menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, kamu bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan kartu kreditnya pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan kartu kredit tebaikmu sekarang juga dan dapatkan segudang promo menariknya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani