Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Band Rock Terkaya di Dunia, dari Metallica hingga The Beatles

by Miftahul Khoer on 11 November, 2019

Sebagian besar dari kita mungkin tumbuh besar mengidolakan band-band rock. Kita memasang poster mereka di dinding kamar, antre untuk beli tiket konser, album terbaru, dan bahkan belajar memainkan alat musik supaya bisa membawakan lagu-lagu mereka.

band rock terkaya di dunia

Beberapa musisi telah menginspirasi kita dan sedikit banyak memegang peranan dalam pembentukan karakter kita. Lirik-lirik mereka membantu kita dalam memandang dunia dan memaknai kehidupan. Lagu-lagu mereka telah menemani dan membantu kita melewati masa-masa sulit yang kita alami. Singkatnya, mereka memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan kita.

Dengan banyaknya fans, tentu saja hal ini juga membantu pemasukan band-band tersebut. Mulai dari penjualan album, tiket konser, sampai penjualan merchandise. Semakin besar fanbase yang mereka miliki, semakin besar pula penghasilan mereka.

Nah, kali ini CekAja akan mengulas beberapa band rock besar paling mapan seperti dilansir The Richest, berikut ini 7 band rock terkaya di dunia diurutkan berdasarkan jumlah album yang mereka jual:

1. Metallica

Metallica adalah salah satu band metal yang terkenal sepanjang masa. Mereka mendapatkan kepopuleran setidaknya melalui dua single yaitu Nothing Else Matters dan Enter Sandman. Dibentuk pada tahun 1981 oleh Lars Ulrich (drummer) dan Jams Hatfield (gitar, vocal), Metallica masih terus bermain musik sampai sekarang.

Metallica telah memenangkan 9 penghargaan Grammy dan telah menjual lebih dari 101, 7 juta album. Mereka juga masuk ke jajaran “Big Four” yaitu empat besar band metal dunia bersama dengan Megadeth, Slayer, dan Anthrax.

(Baca juga: Mengenal Jazz, Musik yang Bikin Joey Alexander Mendunia)
2. AC/DC

Rasanya masa muda kita kurang lengkap kalau kita belum pernah jalan-jalan atau berkumpul bareng teman sambil menyanyikan lagu Highway to Hell keras-keras. Dibentuk di Sydney, Australia pada tahun 1973 oleh dua bersaudara Angus dan Magnus, AC/DC menjadi salah satu band rock n roll dengan penjualan paling banyak di dunia.

Mereka telah menjual lebih dari 115,7 juta keping album di seluruh dunia. Sepanjang karirnya, mereka beberapa kali berganti formasi termasuk bergabungnya Axl Rose dari Guns n Roses sebagai additional player di salah satu tur mereka.

3. Pink Floyd

Pink Floyd dikenal dengan aliran psychedelic dan progressive rock. Lirik mereka yang filosofis didukung dengan eksperimen musik yang artistik. Album mereka The Wall and The Dark Side of The Moon masih terus dikenal sejak awal dirilis.

Band Inggris ini telah menjual lebih dari 120,7 juta keping album. Meski band ini telah bubar pada pertengahan 90-an, para membernya pernah berkumpul kembali untuk event Live 8. Mereka sempat merekam album terakhir mereka The Endless River sebelum dua personilnya meninggal.

4. Led Zeppelin

Lagu Stairway to Heaven masih disebut sebagai the greatest song ever released. Dunia internet sempat dihebohkan dengan teori konspirasi mengenai pesan tersembunyi pada lagu tersebut jika diputar secara terbalik.

Dibentuk di London pada 1968, Led Zeppelin aktif selama satu dekade lebih. Band ini bubar pada tahun 1980. Sejak saat itu mereka berkumpul kembali beberapa kali untuk event-event dan konser kolaborasi.

Bagaimanapun, mereka masih dianggap sebagai band rock paling berpengaruh di sepanjang sejarah musik rock. Mereka telah menjual lebih dari 140,1 juta kopi album. Mereka masuk dalam Rock n Roll Hall of Fame pada tahun 1995. Mereka juga memperoleh Lifetime Achievement Grammy Awards pada tahun 2005.

5. Queen

Lagu-lagu seperti Bohemian Rhapsody dan We Will Rock You masih terus hidup sampai hari ini. Bahkan penyanyi dan penulis lagunya masih terus hidup di benak semua penggemarnya.

Setelah kematian Freddie Mercury pada tahun 1991 dan pengunduran diri John Deacon pada tahun 1997, personil lain seperti Brian May dan Roger Taylor tetap melanjutkan tur dan tampil di seluruh dunia bersama penyanyi lain termasuk Adam Lambert.

Queen juga memenangkan Lifetime Achievement Award dari Grammy pada tahun 2018. Mereka telah menjual lebih dari 141,6 juta kopi album. Musik mereka telah menginspirasi penggemar di seluruh dunia termasuk para musisi seperti Lady Gaga, Adele, My Chemical Romance, Foo Fighters dan banyak lainnya.

6. Eagles

Dibentuk pada tahun 1971, nama Eagles akan langsung mengingatkan kita pada lagu Hotel California yang pertama kali dirilis pada tahun 1976. Mereka merupakan salah satu band terkenal pada tahun 70-an dan bahkan sampai sekarang. Mereka telah menjual lebih dari 149,6 unit album.

Band ini sempat bubar pada tahun 1980, tapi berkumpul kembali pada tahun 1994. Setelah kematian Glenn Frey, mereka masih melanjutkan tur dan tampil di seluruh dunia. Lagu-lagu hits mereka seperti Best of My Love, Tequila Sunrise, dan Witchy Woman masih terus populer dan dapat dikenali dengan mudah.

(Baca juga: Selain Bermusik, Ini Mesin Uang yang Dihasilkan Slank)
7. The Beatles

Tentu saja munculnya nama The Beatles dalam jajaran band rock terkaya dunia merupakan hal yang tidak mengejutkan. Dibentuk di Inggris pada tahun 1960 dengan personil John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison, The Beatles berhasil membangun pondasi musik pop rock modern. Meskipun mereka hanya aktif selama satu dekade, mereka dianggap tidak pernah meninggalkan skema musik dunia.

Dengan lebih dari 278 juta kopi yang terjual, album-album mereka terus meraih kepopuleran. Bahkan setelah band tersebut bubar, masing-masing personil masih memperoleh kepopuleran dengan karir solo.

Lagu John Lennon Give Peace a Chance masih dikenal sebagai anthem anti perang. Lennon kemudian mati terbunuh pada tahun 1980. George Harrison melanjutkan menggabungkan unsur budaya Hindu pada musiknya sampai kematiannya yang diakibatkan kanker paru-paru pada tahun 2001.

Sementara itu, Paul McCartney dan Ringo Starr terus melanjutkan karier musik mereka dengan merilis album. Mereka masuk dalam jajaran musisi paling kaya di dunia dengan total kekayaan mencapai 1,2 miliar dollar AS.

Itu tadi 7 band rock terkaya di dunia. Meskipun banyak dari band ini yang telah bubar atau personilnya telah meninggal dunia, karya mereka terus hidup dan menginspirasi pendengarnya. Yang mana favoritmu?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.