10 Bandara Tersibuk di Dunia dengan Lalu Lintas Udara Terpadat 2020

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Bandara tersibuk di dunia memiliki lalu lintas udara yang padat. Ada banyak pesawat yang take-off dan landing dari dan ke bandara tersebut.

Akibatnya, petugas pun harus mengatur waktu dengan cermat agar semua pesawat bisa bergantian parkir di area bandara.

Bandara tersibuk di dunia didominasi oleh bandaa-bandara di Amerika Serikat.

Hal ini karena lokasi beberapa bandara di Amerika Serikat sangat strategis untuk menjadi tempat transit atau penghubung berbagai penerbangan.

Mulai dari penerbangan penumpang di dalam dan luar negeri, penerbangan kargo, atau beberapa penerbangan untuk keperluan militer.

Selain bandara-bandara di Amerika Serikat, ada juga beberapa bandara di negara-negara di Eropa yang masuk ke dalam bandara tersibuk di dunia.

Daftar Bandara Tersibuk di Dunia 2020

Berikut ini daftar bandara tersibuk di dunia yang dilansir dari International Airport Review.

Media ini mengambil data dari Airports Council International (ACI) yang mengurutkan daftar bandara tersibuk di dunia tahun 2019, kemudian datanya diperbarui lagi pada Juni 2020 lalu.

1. Chicago O’Hare International Airport

Bandara tersibuk di dunia yang pertama berlokasi di Chicago, Illiois, Amerika Serikat. Ada total 919.704 pergerakan pesawat, baik yang take-off maupun landing di bandara ini.

Jumlah tersebut menurun sekitar 1,8 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas udara Chicago O’Hare International Airport pada tahun 2018 lalu.

2. Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport

Kedua, ada Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport di Atlanta, Amerika Serikat, yang menjadi bandara tersibuk di dunia selanjutnya.

Bandara dengan disebut dengan kode ATL ini memang selalu masuk ke dalam daftar bandara tersibuk di dunia karena banyaknya tujuan penerbangan dari dan ke bandara ini. ada total 904.301 pergerakan pesawat di ATL.

Tidak hanya dari segi jumlah pergerakan pesawat, jumlah penumpang di ATL juga memang selalu menjadi yang tertinggi.

Ini membuktikan tidak hanya penerbangan transit atau penerbangan pengiriman barang saja, tetapi jumlah penerbangan komersil untuk penumpang juga banyak.

3. Dallas/Fort Worth International Airport

Bandara-bandara di Amerika Serikat nampaknya memang menjadi tujuan utama berbagai jenis penerbangan. Di Dallas/Fort Worth International Airport, ada 720.007 pergerakan pesawat dalam setahun.

Bandara dengan kode DFW ini juga menjadi pangkalan terbesar berbagai maskapai asal Amerika Serikat. Jadi, wajar saja jika DFW masuk ke dalam daftar bandara tersibuk di dunia.

(Baca Juga: 7 Bandara Paling Berbahaya di Dunia)

4. Los Angeles International Airport

Tak mengherankan jika bandara Los Angeles International Airport menjadi bandara tersibuk di dunia.

Los Angeles dikenal sebagai salah satu “Kota Penuh Impian”, dituju banyak orang untuk jalan-jalan, bekerja, maupun pindah tempat tinggal.

Ada banyak penerbangan dari dan menuju bandara dengan kode LAX ini. yakni sekitar 691.257 pergerakan pesawat dalam setahun.

5. Denver International Airport

Denver International Airport yang disebut dengan kode DEN berlokasi di Colorado, Amerika Serikat.

Selain menyediakan penerbangan komersil untuk penumpang, DEN juga dijadikan sebagai salah satu pasar penerbangan terbesar di dunia.

Makanya, bandara ini disebut juga sebagai bandara tersibuk di dunia. Jumlah pergerakan pesawat cenderung terus meningkat setiap tahunnya.

Di tahun ini saja, ada sekitar 631.955 penerbangan. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 6 persen jika dibandingkan jumlah pergerakan pesawat pada 2018.

6. Beijing Capital International Airport

Kemudian, ada Beijing Capital International Airport di Distrik Shunyi, Beijing, Tiongkok, yang menjadi bandara tersibuk di dunia selanjutnya.

Bandara yang didesain dengan konsep bandara hijau ini memiliki total 594.329 pergerakan pesawat dalam setahun.

Terminal-terminal di Beijing Capital International Airport sangat sibuk karena jumlah penumpang yang sangat banyak. Bandara ini menjadi tujuan utama sebagian besar penerbangan yang mendarat di Beijing.

7. Charlotte Douglas International Airport

Bandara yang berlokasi di North Carolina, Amerika Serikat, ini sebenarnya merupakan bandara sipil dan militer. Kemudian, fungsinya diperluas melayani berbagai penerbangan komersil lain.

Siapa sangka, jumlah pergerakan pesawat di bandara dengan kode CLT ini selalu ramai. Ada lebih dari 570.000 pergerakan pesawat di Charlotte Douglas International Airport.

(Baca Juga: 15 Bandara Paling Besar di Dunia Ini Luasnya Capai Ribuan Hektar)

8. Las Vegas McCarran International Airport

Sama dengan Charlotte Douglas International Airport, Las Vegas McCarran International Airport juga merupakan bandara yang melayani penerbangan umum dan militer. Lokasinya berada di Paradise, Nevada, Amerika Serikat.

Bandara ini disebut sebagai bandara tersibuk di dunia karena ada lebih dari 552.000 pergerakan pesawat setiap tahunnya. Jumlah ini tentu saja meningkat terus di tahun mendatang.

9. Amsterdam Airport Schiphol

Bandara tersibuk di dunia nomor Sembilan adalah Amsterdam Airport Schiphol di Belanda. Bandara dengan sebutan kode AMS ini menjadi bandara utama menuju Ibu Kota Amsterdam, yang jaraknya cukup dekat ke area pusat kota.

Selain itu, AMS juga menjadi bandara penghubung terbaik untuk pengiriman kargo di Eropa. Di sini, ada lebih dari 515.000 pergerakan pesawat yang terdiri dari penerbangan penumpang komersil maupun penerbangan barang.

10. Frankfrut Airport

Bandara tersibuk di dunia yang terakhir adalah Frankfrut Airport atau FRA yang berada di Jerman.

Frankfrut yang menjadi kota ke-5 terbesar di Jerman menunjuk bandara ini untuk digunakan sebagai pusat penerbangan penumpang komersil, dan penerbangan pengiriman kargo.

Dalam jangka waktu setahun, ada lebih dari 513.000 pergerakan pesawat di Frankfrut Airport.

Itulah daftar bandara tersibuk di dunia tahun 2020 ini. buat kamu yang ingin menyambangi langsung berbagai destinasi wisata internasional melalui bandara-bandara tersebut, manfaatkan promo kartu kredit yang bikin agenda jalan-jalan jadi makin untung.

Kamu bisa memesan tiket pesawat, hotel, atau akomodasi lokal lainnya dengan harga lebih murah dan metode pembayaran praktis dengan kartu kredit yang bisa dipakai di dalam dan luar negeri.

Kamu belum punya kartu kredit? Bandingkan dan ajukan saja lewat CekAja.com. Di CekAja.com, kamu bisa mendapat rekomendasi kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan dan profil keuanganmu.

Kami juga membantu proses pengajuan dengan sistem online. Jadi, kamu cukup isi data diri da nisi formulir pengajuan kartu kredit pilihanmu dengan lengkap.

Semuanya praktis, nggak perlu harus datang ke kantor penyedia kartu kredit.

Siap dapat promo menarik? Bandingkan dan ajukan kartu kredit untukmu hanya melalui CekAja.com.

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah