Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Bang Bing Bung.. Ini Tips Sukses Menabung Biar Dapat Untung

by Miftahul Khoer on 21 Agustus, 2019

Bang bing bung, yuk kita nabung, tang ting tung, hey tau tau kita nanti dapat untung…

tips hemat menabung - CekAja.com

Masih ingat dengan penggalan lirik lagu anak berjudul “Menabung” ciptaan Titiek Puspa tersebut? Ya, lagu keluaran 90-an ini memang gencar diputar untuk mengedukasi masyarakat khususnya anak-anak pada saat itu. Saat ini pun, lirik tersebut masih relevan dengan kondisi kekinian.

Menabung, merupakan salah satu upaya menyisihkan sebagian dana yang kita simpan untuk bisa digunakan di masa depan. Dengan menabung, kita juga akan mendapatkan untung. Namun, apakah saat ini aktivitas menabung masih bisa dilakukan, seiring banyaknya godaan dan segala kebutuhan yang diperlukan?

Tentu saja bisa asalkan dari diri kamu benar-benar yakin untuk bisa menyisihkan uang. Nah, berikut ini kami telah merangkum beberapa tips menabung yang bisa dinikmati untuk masa depan. Yuk simak.

Anggarkan pengeluaran

Ada dua metode yang biasa dilakukan orang untuk menabung. Ada yang menyisihkan dari awal khusus untuk menabung dan ada juga yang menyisihkan dari sisa pengeluaran. Kedua cara ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika menyisihkan dari awal, tentu dana yang ditabungkan gak boleh diganggu untuk keperluan lain. Sementara sisa dari pengeluaran adalah dana yang benar-benar untuk ditabung setelah mengalokasikan untuk kebutuhan. Besarannya biasanya sangat minim karena merupakan sisa dari pengeluaran.

Kamu boleh pilih cara yang mana asalkan punya komitmen bahwa berapapun besarannya asalkan harus ada yang bisa ditabung untuk masa depan. Sebagian para perencana keuangan menganjurkan dana tabungan yang disisihkan bisa 10 persen atau 20 persen dari penghasilan.

(Baca juga: Tips Menabung Biar Bisa Liburan Setiap Tahun Bareng Keluarga)
Motivasi menabung

Salah satu tips paling penting dalam menabung adalah mengetahui terlebih dahulu apa tujuannya. Paling tidak kamu punya rencana jangka pendek, menengah, dan panjang. Dengan begitu kamu akan terpacu dan semangat menabung setelah mengetahui tujuan menabung.

Misalnya, kamu mengumpulkan uang sebesar Rp30 juta dalam dua tahun untuk uang muka kredit mobil yang harganya Rp100 jutaan. Untuk jangka panjang misalnya kamu mengumpulkan uang untuk biaya masuk daftar anak kamu ke perguruan tinggi meski saat ini anak kamu masih duduk di bangku sekolah dasar.

Jangan diganggu gugat

Kunci sukses seseorang berhasil menabung atau tidak ada pada komitmen dan konsistensi. Artinya, selama kamu mengumpulkan dana di tabungan, kamu harus komitmen bahwa uang yang ditabung tersebut tidak akan diganggu gugat untuk kebutuhan lain. Kalaupun memerlukan dana mendesak, kamu perlu memiliki pos lain yakni menyimpan dana darurat.

Selain itu, kamu juga harus konsisten saat menabung. Misalnya, setiap bulannya kamu menyetor sejumlah uang dengan besaran yang sama atau bahkan bisa lebih agar uang yang terkumpul sesuai yang direncanakan. Kesalahan seseorang dalam menabung adalah semangat dari awal dan memble di tengah jalan. Ujung-ujungnya uang yang terkumpul hanya sedikit.

Manfaatkan digital banking

Teknologi yang semakin canggih menjadikan layanan perbankan juga semakin inovatif. Saat ini terdapat beberapa layanan perbankan yang benar-benar sangat memudahkan nasabah untuk bisa menikmati layanan perbankan termasuk menabung. Beberapa layanan yang sudah bisa dinikmati misalnya layanan Jenius BTPN dan Digibank DBS.

Untuk menjadi nasabah Jenius, kamu gak harus pusing mengurus soal persyaratan dan birokrasi karena semuanya sudah bisa diakses secara online tanpa harus ke kantor cabang sama sekali. Begitu juga dengan Digibank DBS. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi perbankan seperti transfer atau tarik tunai di kedua layanan tersebut. Dan, yang pastinya adalah memudahkan kamu menabung serta mendapatkan bunga dari simpanan kamu di bank tersebut.

Rapi dengan aplikasi keuangan

Masalah mengelola keuangan yang masuk dan keluar adalah perkara yang cukup rumit. Kamu tentu tidak akan mengingat sekian banyak transaksi uang belanjaan secara detail jika hanya dicatat secara manual di buku kertas.

Nah, untuk itu, mari mulai memanfaatkan aplikasi pengatur keuangan yang telah banyak tersedia dan bisa diunduh secara gratis di smartphone mulai dari Dompet Manager, Mint, Wallet, Level Money dan aplikasi lain yang bisa kamu cari sendiri di Playstore. Semua aplikasi tersebut akan memudahkan kamu untuk mengalokasikan dan mencatat keuangan terutama ketika kamu berencana serius menabung dana.

Jangan tergiur menggunakan tambahan penghasilan untuk foya-foya

Buat sebagian orang yang punya kerja tambahan atau proyek sampingan, kadang tak terasa bahwa dalam setiap bulannya selalu ketiban rezeki nomplok seolah tak terduga. Penghasilan tambahan ini bisa diperoleh dari proyek-proyek lain seperti freelance.

Nah, buat kamu yang merasa ketiban durian runtuh dengan penghasilan tambahan tersebut, ada baiknya dana tersebut tidak digunakan untuk foya-foya, tetapi dialokasikan ke tabungan. Anggap saja kamu tidak mendapatkan penghasilan tambahan tetapi kamu justru punya dana tambahan lain di tabungan.

(Baca juga: Pilihan Tabungan Haji dengan Setoran Awal Cuma Rp50.000!)
Gunakan auto debet

Meski kita telah mencoba komitmen dan konsisten menabung setiap bulannya, tapi terkadang kita sering lupa untuk menyetor dana tabungan. Nah, ketimbang sering kelupaan terus, alangkah baiknya kamu menabung dengan cara menyetor secara otomatis setiap bulannya. Jadi nanti pihak bank akan secara auto debet menyimpan uang kamu beserta bunganya. Biar mudah, jadwalkan penyetoran otomatis pada tanggal tertentu, misalnya sehari setelah gajian agar dana tabungan kamu tidak terganggu.

Nah, itulah beberapa tips menabung yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan keuntungan di masa depan. Selain menabung, sebetulnya ada juga cara lain yang bisa lakukan agar bisa mendapat keuntungan dari uang yang kamu simpan, yakni investasi. Yuk temukan info lengkapnya dengan mengakses CekAja.com sekarang juga.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami