Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Bank dengan KPR Terbaik yang Dapat Anda Pilih Versi Media

by JTO on 26 Oktober, 2014

Perkembangan kredit kepemilikan rumah (KPR) terus mengalami lonjakan permintaan dari tahun ke tahun. Dari sekian puluh bank yang menawarkannya, sebenarnya bank mana yang memiliki KPR terbaik dan favorit bagi masyarakat?

Melihat perkembangan KPR yang cukup masif tersebut, tidak salah bila banyak bank di Indonesia yang akhirnya berlomba-lomba menawarkan kredit dengan bunga rendah. Tujuannya adalah menarik para nasabah di Indonesia agar memilih produk kredit pemilikan rumah yang dikeluarkannya. (Baca juga: Mau Ajukan KPR, Kenali Dulu Jenis Kreditnya)

Walau begitu, aturan Bank Indonesia (BI) soal batas rasio kredit terhadap nilai agunan atau loan to value (LTV) hingga larangan pembiayaan rumah kedua dan seterusnya yang berstatus inden dianggap menghambat laju kenaikan penyaluran KPR perbankan sepanjang periode Juni 2013-Juni 2014 hanya 17,74%. Namun, beberapa bank terus mencoba memberikan bunga terbaik bahkan menurunkannya. (Baca juga: BCA dan CIMB Turunkan Bunga KPR)

Berbicara tentang favorit, di tahun 2013 lalu majalah Housing Estate pernah memberikan Housing Estate KPR Awards 2013 pada 7 bank yang dianggap menjadi favorit oleh konsumen. Pada ajang yang diselenggarakan setiap tahun itu, disebutkan bahwa 7 Bank penyedia KPR tersebut paling banyak dipilih debitur dikarenakan memiliki segmen yang berbeda dibanding KPR dari bank lain.

Hasilnya:
  • Bank CIMB Niaga menerima favourit KPR untuk kategori rumah seken
  • Bank BNI menjadi favorit karena memiliki pilihan tingkat bunga fixed paling variatif sesuai kebutuhan calon debitur
  • Bank Permata menerima penghargaan KPR paling inovatif karena memiliki fitur-fitur KPR yang inovatif seperti KPR PermataBijak dan KPR Permata Keluarga
  • Bank Syariah Mandiri menjadi KPR syariah favorit karena KPR syariahnya paling banyak dipilih untuk pembelian rumah secara kredit
  • Bank BTN menjadi KPR favorit untuk pembelian rumah dengan harga di bawah Rp500 juta
  • Bank Mandiri menerima KPR favorit untuk pembelian rumah seharga Rp500 juta – Rp 1 miliar
  • Bank BCA menjadi KPR paling favorit untuk pembelian rumah di hampir semua segmen

Darimana hasil pemilihannya? Dilansir oleh HousingEstate, hasil pemilihan itu didapatkan berdasarkan survei terhadap 108 perumahan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Lokasinya dilakukan mulai dari yang berskala kota sampai berskala kecil. Tidak hanya survei, HousingEstate juga menambahkan hasil pengamatan dan penghimpunan data, serta informasi dari pejabat bank.

Dari tujuh bank yang menerima penghargaan tersebut, terlihat bahwa BCA memiliki KPR yang dipilih oleh semua segmen. Tidak salah bila pada Mei 2014 lalu bank milik pengusaha Djarum ini juga mendapatkan penghargaan iDEA RUMAH Awards (IRA) 2014. Kualitas layanan KPR BCA diapresiasi melalui penghargaan untuk kategori Bank Penyedia KPR terbaik. Diketahui, penghargaan ini di dapat dari survei pembaca Tabloid RUMAH dan Majalah iDEA yang dilakukan selama 3 bulan, mulai dari Januari hingga Maret 2014.

Banyak versi-versi lain yang menyatakan sebuah bank dianggap memiliki KPR terbaik. Langkah yang bisa dilakukan adalah coba membandingkan, lalu memilih KPR yang dapat memenuhi kebutuhan kredit tempat tinggal yang Anda inginkan. Ajukan kredit kepemilikan rumah Anda sekarang juga di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.