Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Bank Pilihan dengan Bunga KPR Paling Murah

by lhmdi on 21 Maret, 2016

inspirasi rumah unik_kredit rumah - CekAja.com

Menghitung bunga KPR atau paling murah merupakan salah satu persyaratan paling banyak dipertimbangkan masyarakat saat akan membeli rumah khususnya di bank-bank.

Namun, tentu saja tidak semua bank memberikan bunga KPR paling murah. Semaunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan bayar dari calon nasabah. Tentu saja bunga KPR paling murah tidak ada hubungannya dengan rencana kepemilikan rumah dengan DP atau bunga 0% yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi perbincangan.

Akan tetapi jika ingin mempertimbangkan bunga KPR paling murah beberapa bank berikut ini layak untuk dipertimbangkan. 

KPR BTN untuk rumah bersubsidi

Bagi kamu yang ingin memiliki rumah murah khususnya rumah bersubsidi dan sedang mempertimbangkan bunganya, maka layanan dari BTN yang diberi nama, KPR BTN Subsidi bisa menjadi pilihan.

KPR BTN bersubsidi merupakan program kerjasama antara BTN dengan kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menghadirkan rumah yang terjangkau serta dapat dimiliki oleh masyarakat dengan dana yang terbatas.

BTN sendiri menghadirkan suku bunga fixed 5% sepanjang jangka waktu kredit diberlakukan. Sementara itu uang muka yang ditawarkan pun relatif ringan, yaitu hanya 1% dari harga rumah.

KPR ANZ

Bank Swasta ANZ pun punca cara tersendiri dalam memberikan bunga KPR kepada masyarakat yang akan membeli rumah secara kredit. ANZ mengklaim bahwa sebagian layanan pertama atas kepemilkan rumah yang memberikan transparasi kepada nasabah bagaimana suku bunga floating ataumengambang diterapkan.

Fitur yang dikenalkan adalah “JIBOR” yang merupakan kepanjangan dari Jakarta Interbank Offered Rate sebagai benchmark rate dalam memberikan bunga untuk kepemilikan rumah secara kredit. ANZ menyebutkan bahwa KPR plus JIBOR yang ditetapkan hanya bernilai 5%.

(Baca Juga : Buruan! Bank Ini Lagi Kasih Promo Bunga KPR Paling Murah)

KPR X-Tra Manfaat dari CIMB Niaga

Bank Swasta berikutnya yang memberikan layanan KPR terbaik adalah CIMB Niaga dengan KPR X-tra Manfaat. KPR in ini dirancang dengan menghubungkan rekening tabungan CIMB Niaga beserta keluarga, dan sudah memiliki penghasilan sebesar Rp 10.000.000.

Bahkan dalam promosi terbarunya, bagi masyarakat yang akan membeli rumah yang disediakan Ciputra Porperty dengan cara kredit memberikan rate rendah mulai dari 5.50% untuk fix dalam jangka waktu tiga tahun, dan  7.57% fix untuk waktu lima tahun.

Namun, saat membeli rumah pertimbangan bunga KPR paling murah, bukanlah satu-satunya hal yang bisa dipertimbangkan. Agar proses kredit berjalan baik, beberapa hal berikut ini juga layak untuk dipertimbangkan: 

  1. Menghitung nilai plafon

Limit pinjaman atau plafon dari bank juga menjadi hal yang sangat penting untuk diperhitungkan. Cara terbaik adalah mencari informasi selengkap dan detil tentang nilai plafon. Jika masih binggung, kamu bisa membandingkannya dengan layanan kredit pemilikan rumah yang disediakan oleh CekAja.com.

  1. Masa waktu pinjaman

Secara umum, bank di Indonesia memberikan masa pinjaman untuk kredit pemilikan rumah  hingga jangka waktu maksimal selama 15 tahun. Namun, ada juga beberapa bank yang memberikan jangka waktu yang sedikit lebih lama.

Oleh karena itu perhatikan juga dengan detil masa waktu pinjaman, agar ketika kamu akan memperpanjang masa tenor kredit,  akan membantu mengurangi besarnya beban cicilan yang dibayarkan setiap bulannya. Persoalan bunga kpr, dan perhitungan bunga kpr, juga tak kalah penting. Contohnya suku bunga kpr btn, apakah ini merupakan suku bunga kpr terendah?

  1. Pertimbangkan biaya pinalti

Tentunya mayoritas masyarakat yang akan membeli rumah secara kredit sebisa mungkin menghindari biaya pinalti yang akan dibebankan oleh pihak bank. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan besarnya biaya pinalti yang akan dibayarkan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk bertanya tentang seberapa besar biaya pinalti jika ingin melunasi sebagian atau seluruh jumlah pinjaman sebelum jangka waktu KPR berakhir.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.