Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Inilah Bank dengan Produk Reksadana Terbaik di Indonesia

by Rafly Aditia on 1 Oktober, 2017

beli reksadana online _ investasi - CekAja.com

Reksa dana merupakan produk finansial yang begitu bersahabat bagi siapapun yang ingin berinvestasi dengan risiko rendah.

Terutama untuk kita yang memiliki modal tidak cukup besar, maka reksa dana merupakan instrumen yang sangat tepat apabila ingin mulai berinvestasi. Banyak bank-bank di Indonesia yang memiliki produk reksadana terbaik, contohnya adalah reksadana BCA (Bank Central Asia).

Bayangkan saja, cukup dengan uang sebesar Rp 100 ribu saja kita sudah bisa mulai berinvestasi di pasar reksa dana. Dengan jumlah modal yang terbilang sedikit itu, kita sudah bisa ikut bermain di pasar reksa dana dengan memberikan uang tersebut kepada manajer investasi yang dipercaya.

Manajer Investasi atau MI adalah produk penerbit reksa dana dimana kita bisa membeli berbagai produk yang ada lewat manajer investasi langsung atau juga bank-bank yang sudah punya reputasi tinggi.

(Baca: Peran Bank Kustodian dan Manajer Investasi dalam Reksadana)

Pengertian dan Jenis Reksa dana

Apabila masih belum memahami pengertian atau definisi reksa dana, kita cuma perlu mengingat saja bahwa reksa dana serupa pasar saham, obligasi, efek dan sekuriti lainnya.

Hanya saja kalau saham kita membutuhkan uang lebih banyak, sementara dalam investasi reksadana kita membeli saham secara urunan dengan berbagai nasabah lainnya, dana yang dimiliki langsung diberikan kepada manajer investasi yang ahli untuk dikelola dalam membeli saham.

Simpelnya, produk ini merupakan wadah guna menampung dana dari para nasabah yang diberikan ke manajer investasi untuk diinvestasikan kepada investor dalam portofolio investasi seperti saham, obligasi, pasar uang, efek dan sekuritas lainnya.

(Baca: Cek Perbedaan Reksadana Syariah dan Konvensional?)

Jenis-jenis reksa dana terbagi menjadi empat, antara lain:
Reksa dana pasar uang.

Produk ini penempatan dananya pada deposito dan memiliki jatuh tempo di bawah 1 tahun. PRoduk bertipe ini memiliki risiko yang terbilang sangat rendah, begitu juga keuntungannya yang relatif kecil.

Reksa dana Pendapatan Tetap

Produk ini biasanya menempatkan dana investasi pada obligasi dan masuk dalam kategori investasi menengah. Mengapa demikian? Karena jangka waktu investasinya cukup panjang yaitu dari 1-3 tahun bahkan 5 tahun.

Reksadana Saham

Produk ini merupakan nvestasi saham yang punya risiko cukup tinggi namun dengan potensi pengembalian atau untung yang juga tinggi. Biasanya investasi satu ini digunakan untuk tujuan jangka panjang seperti Pendidikan anak, dana pensiun dan sebagainya.

Reksadana Campuran

Dalam menempatkan investasi, produk ini memakai obligasi dan saham. Imbal baliknya cukup terbilang besar, namun tidaklah lebih besar dari saham. Selain itu memiliki risiko yang bisa saja terjadi.

investasi reksadana _ investasi - CekAja.com

Beberapa bank dan lembaga investasi besar terkenal di Indonesia memiliki produk reksa dana terbaik dan menarik. Penasaran? Langsung saja simak daftarnya disini!

Reksadana CIMB NIAGA – CRISP Plus

Semenjak berdiri pada tahun 1955, CIMB Niaga yang dulunya bernama Bank Niaga memiliki layanan reksa dana yang bernama CRISP Plus. Target investor yang dipilih dalam produk ini adalah orang-orang yang baru ingin belajar bagaimana dunia investasi bekerja.

Jadi jangan heran, dengan uang sebesar Rp 100 ribu saja kita sudah bisa ikut berinvestasi reksa dana di CIMB Niaga. Biasanya, dana yang disetorkan secara rutin akan didebet langsung lewat rekening CIMB Niaga yang dimiliki. Bukan hanya itu, reksa dana CIMB Niaga juga memberikan layanan asuransi kepada para nasabah.

Sudah investasi reksa dana, dapat asuransi gratis juga, menarik sekali bukan?

Reksadana Bank Mandiri – Mandiri Manajemen Investasi

Pasti langsung terlintas kata ‘Bank Mandiri’ di pikiran kita ketika melihat nama Mandiri Manajemen Investasi. Tidak salah, karena perusahaan ini memang berhubungan erat dengan bank Mandiri. PT Mandiri Manajemen Investasi merupakan saudara dari perusahaan Bank Mandiri.

Banyak sekali produk yang ditawarkan oleh Bank Mandiri, ada yang mulai dari Rp100 ribu sampai jutaan. Jadi, kalau sudah tertarik untuk investasi reksa dana tidak ada salahnya untuk menanam modal di perusahaan yang satu ini!

Reksadana Commonwealth Bank

Masih kurang familiar dengan bank yang satu ini? Memang banyak yang tidak tahu betul asal usul Commonwealth Bank, tapi sudah pasti kita sering mendengar namanya yang begitu besar di industry keuangan. Commonwealth Bank berasal dari Australia dan mulai berdiri di Indonesia sejak tahun 1990 lalu.

Banyak sekali perusahaan manajer investasi yang bekerjasama dengan Commonwealth Bank, sehingag produk reksa dana yang ditawarkan juga sangat beragam. Namun perlu dicatat, kalau ingin investasi reksa dana di Commonwealth Bank, kita harus membuka rekening terlebih dahulu di bank ini.

Reksadana BCA (Bank Central Asia)

Menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dan Asia, BCA juga memiliki berabgai macam produk reksa dana, mulai dari Reksa Dana Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran, hingga saham.

Dengan reputasi yang mentereng, maka tidak heran kalau banyak perusahaan manajer investasi terkenal yang bekerjasama dengan bank BCA untuk produk investasi reksa dana. Jangan ragu menanamkan uang untuk investasi reksa dana di bank BCA!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami