9 Bank Terbesar di Dunia, China Juaranya!

Ada banyak bank terbesar di dunia yang saat ini beroperasi. Sebagai tempat menyimpan uang, sekaligus memberikan pinjaman untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat.

9 Bank Terbesar di Dunia, China Juaranya!

Sejarah dunia perbankan di dunia tentu sudah dimulai sejak ratusan tahun silam. Bank dikenal sebagai sebuah lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan atau tabungan, dan menyalurkan dana kembali ke masyarakat dalam bentuk pinjaman.

Namun seiring perkembangannya, kini bank tak hanya menyalurkan kredit saja, karena bank memiliki banyak produk yang bermanfaat untuk masyarakat. Sesuai dengan tujuan awal dari bank, yang bergerak dalam bidang keuangan.

Bank berasal dari bahasa Italia, banca yang berarti tempat penukaran uang. Dan sejarah perbankan dunia berawal dari Inggris atau benua Eropa, lalu menyebar ke Asia dan seluruh dunia saat proses penjajahan.

Nah, didunia perbankan manakah bank terbesar di dunia? Keberhasilan dan kekayaan sebagian besar bank di dunia dapat dikaitkan dengan seberapa baik perekonomian mereka serta faktor-faktor lainnya.

Biasanya dalam menentukan peringkat bank terbesar itu berdasarkan total aset bank tersebut. Selama beberapa tahun berurutan, bank dari China menguasai puncak peringkat dimana ini cukup logis karena perekonomian China berkembang dengan cepat.

Jika kita ingin tahu apa itu bank terbesar di dunia, berikut adalah daftar 9 bank terbesar di dunia, ditentukan dan diberi peringkat berdasarkan total asetnya.

(Baca Juga: Promo Hujan Hadiah dari Citibank )

Bank Terbesar Di Dunia

Berikut ini daftar 9 bank terbesar di dunia yang perlu kamu tahu, diantaranya:

1. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC)

Industrial and Commercial Bank of China ICBC - 9 Bank Terbesar di Dunia

Bank terbesar di dunia adalah Industrial & Commercial Bank of China, yang juga merupakan bank terbesar di China dan “Big Four” terbesar di China. Bank milik negara ini didirikan pada tahun 1984 dan telah berkembang menjadi perusahaan publik terbesar di dunia dengan banyaknya aset.

Berkantor pusat di Beijing, Cina, dan mempekerjakan 460.000 orang di seluruh cabang di Asia, Eropa, Amerika, dan Oseania. Total asetnya diperkirakan mencapai 4,2 triliun dollar.

2. China Construction Bank Corporation (CCB)

China Construction Bank Corporation CCB - 9 Bank Terbesar di Dunia

Bank terbesar di dunia selanjutnya adalah China Construction Bank Corporation. Bank ini didirikan di tahun 1954. Berpusat di Beijing, China CCB memiliki pekerja lebih dari 330.000 orang.

Bank terbesar di dunia yang berada pada urutan kedua ini menawarkan banyak produk untuk pribadi maupun komersial. Menurut data terbaru, total aset CCB sekitar 3,3 triliun dollar.

3. Agricultural Bank of China

Agricultural Bank of China - 9 Bank Terbesar di Dunia

Bank terbesar di dunia urutan ketiga adalah Agricultural Bank of China. Didirikan pada tahun 1951, Agricultural Bank of China memiliki cabang di Seoul, Tokyo, Singapura, Sydney, New York, London, dan banyak lagi di kota-kota terbesar di dunia.

Berkantor pusat di Beijing, mempekerjakan lebih dari 444.000 orang dan dimiliki sepenuhnya oleh negara. Perkiraan aset bank, menurut data terbaru berada di kisaran 3,2 triliun dollar.

4. Bank of China

Bank of China - 9 Bank Terbesar di Dunia

Bank Asia berikutnya dalam daftar bank terbesar di dunia adalah Bank China. Ini adalah salah satu dari empat bank komersial milik negara terbesar di Tiongkok dan didirikan pada tahun 1912 oleh pemerintah republik, dan sekarang dianggap sebagai bank tertua di Tiongkok daratan.

Berkantor pusat di Beijing, China dan mempekerjakan sekitar 310.000 orang, dengan kantor di lebih dari dua puluh negara. Sekitar 70% perusahaan dimiliki oleh Pemerintah Cina, dengan total aset lebih dari $ 3 triliun.

5.Mitsubishi UFJ Financial Group

Mitsubishi UFJ Financial Group - 9 Bank Terbesar di Dunia

Dengan aset 2,63 triliun dollar, Mitsubishi adalah grup holding bank atau layanan keuangan terbesar di Jepang. Bank terbesar di dunia urutan kelima ini menawarkan jasa perbankan komersial, perbankan perwalian, keuangan internasional, dan layanan manajemen aset.

Bank ini didirikan di tahun 2005 dan berkantor pusat di Osaka, Jepang.

6. JPMorgan Chase & Co

JPMorgan Chase & Co - 9 Bank Terbesar di Dunia

Perusahaan induk jasa keuangan dan bank investasi multinasional, JPMorgan Chase & Co adalah bank terbesar di Amerika dan bank terbesar di dunia urutan ke enam. Menyediakan produk kepada kliennya di lebih dari 100 negara, mereka terlibat dengan manajemen aset, layanan investasi, manajemen kekayaan, dan sekuritas.

Berkantor pusat di Manhattan, New York City, JPMorgan Chase & Co sekarang juga menjadi salah satu perusahaan investasi terbesar di dunia. Bank terbesar di dunia urutan ke enam ini memiliki aset sebesar 2,62 triliun dollar.

7. HSBC Holdings PLC

HSBC Holdings PLC - 9 Bank Terbesar di Dunia

Bank HSBC memiliki lebih dari 460 cabang bank di seluruh Amerika Serikat, dengan mayoritas berada di Negara Bagian New York. Yang ini berada di nomor tujuh dalam daftar bank terbesar di dunia dengan aset 2,37 triliun dollar.

HSBC menawarkan 4 juta pelanggannya akses ke pasar global melalui layanan keuangan pribadi, perbankan swasta, perbankan ritel, perbankan komersial, dan perbankan global serta segmen pasar. HSBC awalnya didirikan di British Hong Kong pada tahun 1865.

8. BNP Paribas

BNP Paribas - 9 Bank Terbesar di Dunia

Bank Prancis ini berada di urutan delapan dengan aset 2,19 triliun dollar. BNP adalah salah satu bank terbesar di dunia yang beroperasi di 75 negara.

BNP Paribas didirikan sejak tahun 1848 dan berkantor pusat di kota Paris. Profitabilitas intinya berasal dari perbankan ritel.

Lebih dari tiga perempat pendapatannya berasal dari akun klien sehari-hari. Bank ini mempekerjakan lebih dari 190.000 orang.

9. Bank of America (BAC)

Bank of America BAC - 9 Bank Terbesar di Dunia

BAC adalah perusahaan induk bank terbesar di Amerika Serikat, berdasarkan aset, dengan 2,19 triliun dollar. Perusahaan ini melayani klien di seluruh dunia dan memiliki hubungan dengan 99% perusahaan U.S. Fortune 500.

Pada tahun 2008, BAC mengakuisisi Merrill Lynch, menjadikannya pengelola kekayaan terbesar di dunia. 

Nah itu dia 9 bank terbesar di dunia yang mungkin perlu kamu tahu. Jadi bagaimana menurutmu apakah lebih besar pasti lebih baik daripada yang lebih kecil?

(Baca Juga: Perbedaan Kredit Syariah dan Konvensional)

Mungkin jawabannya akan berbeda untuk setiap orang, namun, secara umum semakin besar bank semakin besar kemampuan dan penawarannya.

Jadi, manfaatkanlah bank dengan sebaik-baiknya, sebagai tempat menabung, tentu menabung di bank akan jauh lebih aman dan terjamin keamanannya. Oleh karena itu, pilihlah bank yang menurutmu terbaik sebagai tempat menabung.

Jadi, jika kamu sudah siap untuk menabung di bank, segera buka tabunganmu melalui CekAja.com. Ada banyak pilihan bank dan juga informasi mengenai syarat dan cara lengkapnya untuk mulai menabung.

Membuka tabungan melalui CekAja.com sangat aman dan prosesnya pun sangat mudah. Karena CekAja.com adalah satu satunya toko finansial terpercaya yang sudah diawasi secara resmi oleh OJK.

Yuk, tunggu apalagi? Buka tabunganmu melalui CekAja.com dan mulailah menabung untuk menciptakan masa depan yang lebih terencana.