Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Bank VS Leasing? Mana Pilihan Terbaik Untuk Kredit Mobil

by Rafly Aditia on 25 November, 2015

Memiliki mobil bisa dibilang merupakan suatu kewajiban bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Mobil dianggap sebagai kendaraan pribadi yang paling mumpuni untuk berpergian kemana-mana terutama dengan keluarga dalam situasi buruknya layanan transportasi umum saat ini.

Tetapi, harga mobil yang saat ini bisa dibilang cenderung mahal membuat banyak orang tidak dapat membelinya secara cash melainkan harus menggunakan aplikasi cicilan atau kredit kendaraan bermotor.

Nah, biasanya ketika seseorang ingin melakukan kredit mobil akan dihadapkan dengan situasi dimana harus memilih antara menggunakan kredit bank atau kredit leasing.

Bagi kamu yang ingin kredit mobil, kamu dapat melihat berbagai kekurangan dan kelebihan masing-masing dari Leasing dan Bank dalam memberikan fasilitas kredit mobil atau kendaraan bermotor.

Bank

Saat kamu memutuskan untuk mengambil kredit mobil di bank, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan salah satunya adalah bunga pinjaman atau kredit yang lebih rendah dipada leasing.

Walau begitu, kamu membutuhkan banyak sekali dokumen-dokumen seperti slig gaji, surat domisili, akta kelahira, hingga kartu keluarga dan dokumen-dokumen penting lainnya saat ingin mengajukan kredit. Belum lagi, biasanya waktu untuk mengurus dokumen-dokumen tersebut terbilang cukup lama.

(Baca juga: Mau Kredit Kendaraan Syariah atau Konvensional?)

Tidak hanya itu, bahkan setelah kamu selesai mengurus dokumen atau berkas-berkas yang diperlukan tersebut Bank tidak akan langsung memberikan fasilitas kredit kepadamu. Karena, Bank akan mengirim wakilnya untuk melakukan survey langsung ke tempat tinggalmu.

Leasing

Apabila kamu lebih memilih leasing untuk mengajukan kredit mobil maka kamu akan dimudahkan dalam beberapa hal seperti semua persyaratan diurusi oleh dealer, bahkan petugas leasing pun akan datang ke rumahmu dan memberikan penawaran dan solusi terbaik.

Namun, kekurangannya adalah bunga yang dikenakan terhadapmu akan cukup tinggi. Bukan itu saja, ada juga biaya-biaya tambahan lain yang perlu kamu keluarkan, seperti biaya administrasi, fiducia dan yang lainnya.

(Baca juga: Salah Paham Mengenai Asuransi Kendaraan yang Sering Terjadi)

Ketika kamu mengajukan kredit mobil ke pihak Leasing maka kamu diwajibkan untuk mengasuransikan kendaraanmu. Nantinya kamu akan diberikan dua pilihan yaitu asuransi TLO (Total Lost Only) atau asuransi yang sifatnya All Risk.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.