Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Barang yang Sebaiknya Kamu Beli Bekas di Tahun 2016

by Surtan Siahaan on 7 Januari, 2016

Tahun baru bukan berarti semuanya harus baru. Jika kamu cerdas, justru sejumlah barang kebutuhan lebih baik dibeli dalam keadaan bekas, khusunya pada tahun ini. Selain bisa menghemat bujet, barang bekas bisa menghindarkan kamu dari kerugian lho.

Nah, sebagai panduan bagi kamu yang sedang ingin berbelanja barang awal tahun, berikut ini sejumlah hal yang sebaiknya kamu beli bekas pada tahun ini:

Mobil

Ada berbagai produsen mobil yang merilis merek baru pada tahun ini. Contohnya Toyota Kijang Inova. Peluncuran mobil ini pada akhir November 2015 lalu membuat harga Toyota Inova bekas turun tajam.

Jika sebelumnya harga Toyota Inova Bekas dibanderol senilai Rp 240 juta, sekarang ini nilai tertingginya hanya Rp 225 juta. Biasanya, dealer mobil bekas juga menurunkan harga pada awal tahun karena banyak showroom menawarkan diskon awal tahun.

(Baca juga: 5 Tips Jual Barang Bekas Secara Online Agar Cepat Laku)

Rumah

Tahun 2016 juga waktu yang tepat untuk membeli rumah second. Banyaknya proyek pembangunan rumah baik developer swasta maupun pengembang yang disubsidi pemerintah, membuat harga rumah bekas turun. Harga rumah bekas pun relatif lebih terjangkau. ( Baca juga : Mobil Murah 2016 )

Keuntungan lainnya, dengan harga yang sama, kamu bisa memperoleh rumah dengan luas tanah yang lebih besar. Maklum, pengembang rumah saat ini cenderung membangun perumahan dengan luas tanah yang kecil.

Furnitur

Bisnis furnitur dan kerajinan rotan diprediksi melanjutkan tren sukses tahun lalu. Hal ini dipicu oleh permintaan ekspor yang tinggi. Nah, agar bujet untuk membeli furnitur tidak membengkak, ada baiknya kamu melirik furnitur bekas.

Maklum, harga furnitur bekas jauh lebih murah dibandingkan baru. Asalkan jeli, beberapa toko furnitur bekas menawarkan produk dengan kualitas yang baik. Soalnya, kualitas kayu pada furnitur bekas juga tergolong lebih baik.

Gadget

Tahun 2016 akan jadi tahun rilis segudang gadget anyar. Mulai dari Samsung yang memperkenalkan tablet Galaxy TabPro terbaru bersistem operasi Windows 10, Galaxy TabPro S, konsol gaming Xbox One versi ultra tipis, iPhone 7c hingga Sony Xperia Z5 versi pink.

Semua barang anyar tersebut akan membuat harga gadget yang rilis tahun sebelumnya terjun bebas. Dan asal tahu saja, fitur-fitur yang disajikan gadget anyar biasanya tidak terlalu berbeda dengan versi sebelumnya.

Jadi, dibanding mengikuti arus pasar yang bisa bikin kantong beolong, mending beli gadget bekas yang kualitas dan fiturnya masih up to date. Tapi ingat ya, usahakan untuk membeli gadget bekas yang masih memiliki garansi.

(Baca juga: Tiga Tips Agar Tidak Terjebak Gimmick Diskon Saat Belanja Online)

Alat musik

Sama seperti elektronik, harga alat musik baru tergolong jauh lebih mahal dibandingkan harga bekas. Padahal, jika jeli memilih dan sabar mencari, banyak alat musik bekas yang kualitasnya menyerupai baru.

Nah, bagi kamu yang punya resolusi belajar bermain musik pada tahun ini, lebih disarankan untuk membeli alat musik bekas. Selain tidak akan menyesal jika nantinya kamu kehilangan semangat, alat musik bekas juga jauh lebih murah.

Jika tidak dipakai lagi dan ingin dijual, harganya justru akan sangat jatuh. Alat musik seperti gitar, keyboard atau drum set bisa diperoleh hingga separuh harga baru jika dibeli dalam keadaan bekas.

Perkakas

Fungsi perkakas tidak akan berubah meski dalam keadaan bekas. Nah, daripada mengeluarkan uang lebih untuk membeli baru, sebaiknya cari perkakas kebutuhan kamu di pasar loak. Kamu bisa menemukan bor listrik, tangga steger hingga satui set obeng dan kunci lengkap dengan harga miring.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami