Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Baru Bekerja, Perlukah Memiliki Kartu Kredit?

by Ariesta on 4 April, 2017

kartu kredit first jobber

Kartu kredit  merupakan alat transaksi (ritel) yang diterbitkan oleh bank. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit di mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan uang bukan berasal dari rekening pengguna.

Memiliki kartu kredit selain memudahkan dalam transaksi sehari-hari, kini juga menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban. Tapi haruskah memiliki kartu kredit meski baru mulai bekerja alias first jobber?

Tidak ada salahnya memiliki kartu kredit. Asalkan kamu bisa melunasi tagihan sebelum jatuh tempo. Kalau kamu cerdas, kamu malah bisa mendapatkan banyak untung dan diskon. Bagi kamu yang first jobber, kartu kredit diperlukan kalau berada dalam situasi berikut.

Pekerjaan kamu berhubungan degan klien

Kalau pekerjaanmu mengharuskan keluar setiap hari bertemu klien, kartu kredit cukup penting dimiliki. Untuk memenangkan hati klien, sudah jadi hal umum untuk menjamunya di restoran atau kafe. Biasanya pengeluaran ini disebut dengan biaya entertain client.

Banyak kantor menerapkan reimbursement alias kamu harus menalangi biaya entertain client. Kemudian setruk atau nota pembayaran diberikan pada HRD yang baru akan cair sebulan kemudian. Nah, bagaimana kalau ternyata kamu harus menjamu klien di akhir bulan di saat keuanganmu sendiri sedang pas-pasan?

Kamu bisa memanfaatkan kartu kredit karena bersifat sebagai dana talangan. Karena tagihan baru akan muncul di bulan berikutnya. Ketika uang reimburse sudah turun, kamu bisa langsung melunasi tagihanmu.

Pekerjaan membuatmu sering bepergian dengan pesawat terbang

Kamu sering dinas ke luar kota atau bahkan luar negeri? Jika demikian, kartu kredit travel akan sangat berguna. Dengan memiliki kartu kredit travel, kamu bisa menikmati fasilitas airport lounge gratis.

Selain itu kamu juga mendapat asuransi perjalanan dengan perlindungan kecelakaan, hingga ditanggung untuk biaya kesehatan jika mengalami sakit di kota atau negara tujuan.

Jika kamu perlu membeli peralatan kerja

Ada kalanya pekerjaanmu mengharuskan kamu memiliki tab, laptop, atau gawai lainnya. Mungkin kamu merasa tidak mungkin minta ke orangtua karena ingin membuktikan diri sudah mandiri.

Kamu bisa memanfaatkan cicilan kartu kredit. Pemegang Kartu juga dapat memilih periode cicilan 3, 6, 9, 12 bulan, hingga 18 bulan.Bunganya berkisar antara 0,5%-0,8%. Anti bayar bunga? Tenang, kamu tetap bisa memanfaatkan cicilan 0% kalau kartu kreditmu punya program khusus atau bekerja sama dengan retail.

Pekerjaan mengharuskan investasi penampilan

Beberapa pekerjaan mengharuskanmu punya penampilan yang oke. Misalnya model, banker, hingga sales marketing. Terkadang apa yang kamu pakai turut mempengaruhi penilaian atas profesionalitasmu di dunia kerja.

Tapi bagaimana dong kalau belum punya modal untuk rombak penampilan? Sama halnya dengan poin sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan fasilitas cicilan kartu kredit. Namanya juga investasi, pada akhirnya kamu akan mendulang untung dalam bentuk kemajuan karier.

Lantas bagaimana cara mengajukan kartu kredit pertama bagi first jobber?

Kamu harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Berusia minimum 21 tahun untuk pemegang kartu kredit utama
  • Berpenghasilan Rp36 juta/tahun (Rp3 juta/bulan) untuk kartu Silver atau Rp45 juta/tahun (Rp3.750.000/bulan) untuk kartu gold
  • Menyertakan foto kopi atau foto kartu identitas (KTP/SIM/Paspor)
  • Foto kopi keterangan penghasilan/Slip gaji

Saya ingin punya kartu kredit, tapi tidak sempat pergi ke bank, dan tidak percaya daftar kartu kredit lewat sales yang ada di tempat umum seperti mall. Apa yang harus saya lakukan?

Ajukan secara online saja lewat CekAja. Kamu hanya tinggal mengisi formulir di situs CekAja. Tunggu sampai costumer service menelepon untuk memverifikasi data. Jika kamu tinggal atau bekerja di wilayah Jakarta, kurir akan menjemput dokumen ke tempatmu.

Setelah itu pihak bank akan memverifikasi datamu. Jika pengajuan kartu kredit disetujui, kartu kredit akan dikirim langsung ke alamatmu.

Kenapa harus lewat CekAja?

    • Prosesnya cepat dan mudah, hanya butuh beberapa klik
    • Kamu dapat membandingkan kelebihan setiap kartu kredit sebelum memutuskan mendaftar
    • Banyak diskon dan keuntungan yang ditawarkan. Misalnya dengan mengajukan kartu kredit melalui CekAja, kamu bisa mendapatkan gratis iuran tahunan kartu kredit untuk 1-2 tahun pertama, aktivasi poin reward, dan voucher belanja

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami