Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Baru Lulus Kuliah? Ini 5 Rahasia Sukses Agar Masa Depanmu Cerah

by Surtan Siahaan on 1 June, 2016

mahasiswa tingkat akhir - CekAja.com

Kesuksesan seorang fresh graduate tidak hanya ditentukan saat dia kuliah. Masa setelah lulus kuliah dan menyandang ijazah adalah masa krusial yang sangat mempengaruhi masa depan seorang sarjana.

Banyak orang yang tidak sadar dan kurang pengalaman akhirnya salah langkah. Akhirnya, seorang fresh graduate justru semakin jauh dari kesuksesan. Nah, bila kamu baru lulus kuliah dan bingung harus melakukan apa di bulan-bulan pertama kelulusan. Berikut ini panduan yang harus kamu baca:

Magang sangat bermanfaat

Jangan sepelekan magang karena ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menjadi karyawan magang. Kamu bisa menyerap ilmu sekaligus mendapatkan sedikit kompensasi, meskipun jumlahnya kecil. Sebagai fresh graduate, jangan terburu-buru memikirkan penghasilan. Penghasilan besar sudah menantimu namun kamu harus mau bersabar dan tenang.

Ajukan lamaran magang pada perusahaan atau firma berkualitas. Jika kamu sarjana hukum, ajukan magang ke firma hukum terkenal atau lembaga bantuan hukum di kotamu. Pelajari baik-baik bagaimana sistem dan cara para profesional bekerja. Percayalah hal ini akan sangat membantumu kelak. (Baca juga: 5 Trik Menghindari Pengeluaran Berlebih Saat Belanja)

Berwirausaha bukan kegagalan

Memulai usaha sejak baru lulus adalah yang terbaik. Jangan berpikir kamu gagal karena tidak bisa mengaplikasikan ilmu di bidang kerja yang sesuai gelar sarjana. Justru saat ini adalah waktu yang sangat baik untuk memulai bisnis. Alasannya kamu bisa fokus karena belum memikirkan keluarga, istri dan anak. Banyak orang-orang sukses lahir dari bisnis kecil. Ini ide bisnis yang cocok untuk kamu

Buat agenda harian agar tetap beraktivitas

Setelah lulus paling enak untuk bersantai. Lupakan semua rencana untuk sementara karena baru saja melewati ujian berat yakni skripsi. Namun, membiarkan diri kamu menganggur adalah kesalahan besar. Kamu bisa terlena dan akhirnya semakin malas untuk mengerjakan sesuatu bahkan untuk menulis dan mengirimkan surat lamaran pekerjaan sekalipun.

Cobalah buat agenda harian agar kamu tetap produktif. Datangi kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan sekitarmu. Buat dirimu terpaksa untuk beraktivitas dan melihat kehidupan di luar rumah. Peluang itu akan menghampiri orang yang lebih sering bergerak dibandingkan diam.

Incar target tinggi

Jangan tanggung dalam mengincar target. Bila kamu seorang sarjana pertambangan, incar pekerjaan di perusahaan besar yang benar-benar memberikan jaminan karier dan penghasilan. Dengan target tinggi, kamu tidak lagi bersikap pasrah dan akhirnya mencari pekerjaan yang biasa-biasa saja. Akhirnya kamu pun melewatkan kesempatan. (Baca juga: Tidak Bisa Move On Dari Mantan Bisa Bikin Rugi Finansial, Ini Alasannya)

Jangan berhenti belajar

Kesalahan fatal fresh graduate adalah berhenti belajar. Akhirnya kamu akan lupa pada pengetahuan dan skill yang sudah kamu kuasai sejak kuliah. Untuk itu, jangan meninggalkan kebiasaan belajar yang sudah kamu jalani sejak kuliah. Setidaknya baca buku, jurnal atau ikuti forum-forum profesional yang sesuai dengan bidangmu di dunia maya.

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami