Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Baru Menikah, Ini Tips Cepat Beli Rumah Kurang dari 2 Tahun

by Rafly Aditia on 10 Desember, 2015

beli rumah _ KPR - CekAja.com

Bagi kamu yang saat ini baru menikah atau sedang ada rencana untuk menjalin hubungan secara serius bersama pasangan, tentunya ingin menatap masa depan yang lebih baik dengan memiliki tempat tinggal sendiri. Apartemen atau rumah impian merupakan target yang mesti dicapai. Namun, apakah impian itu bisa dicapai dengan waktu yang singkat? Ternyata bisa.

Sebenarnya tidak ada salahnya bagi kamu untuk mendiskusikan dan berusaha saling membantu demi mewujudkan mimpi memiliki tempat tinggal bersama walau kamu belum terikat dalam pernikahan. Yang terpenting, kamu dan pasangan sudah berkomitmen untuk menjalin hubungan yang serius.

Komitmen yang sudah ditetapkan jauh-jauh hari itu masuk akal, mengingat harga rumah terus naik setiap tahunnya. Karena itu bersama pasangan kamu harus memiliki perencanaan yang matang terkait hal ini. Coba saja ikuti langkah-langkah berikut ini;

Tekan pengeluaran berdua

Berhubung kamu berdua memiliki tujuan untuk membeli rumah dimana hal tersebut bukanlah hal yang kecil dan cukup memberatkan secara keuangan. Kamu berdua dapat menekan pengeluaran agar kamu berdua memiliki tabungan yang cukup nantinya untuk membeli sebuah rumah.

Tentunya kamu dan pasangan sudah bekerja dan sudah memiliki penghasilan sendiri. Mumpung kebutuhan keuangan belum terlalu banyak di masa ini, maka penghematan keuangan bisa dilakukan sejak sekarang. Cobalah memulainya dengan mengurangi biaya kencan mingguan yang biasanya kamu lakukan. Tidak ada salahnya kamu menghabiskan waktu akhir pekan di rumah pasangan atau jalan-jalan sederhana agar pengeluaran kalian tidak membengkak.

Misalnya pengeluaran kencan kamu biasanya dalam satu minggu sebesar 500 ribu rupiah. Maka potonglah menjadi 200 ribu rupiah, dengan itu kamu akan memiliki tabungan lebih sebesar 1,2 juta rupiah per bulannya.

(Baca juga: 7 Tips Cari Perumahan Murah dengan Harga Terjangkau)

Buka rekening tabungan khusus

Kamu dan pasangan dapat melakukan salah satu cara terbaik demi mewujudkan mimpi membeli rumah yaitu membuat rekening tabungan khusus. Di rekening ini nanti hanya diisi oleh tabungan khusus membeli rumah dari kamu dan pasangan.

Tidak boleh antara kamu ataupun pasangan menggunakan uang untuk keperluan lain dari rekening tabungan khusus ini. Kamu dan kekasih kamu bisa berbagi porsi tabungan ini, misalkan masing-masing 30 persen dari gaji.

Asumsinya apabila kamu dan pasangan memiliki gaji masing-masing 8 juta rupiah. Maka kamu dan pasnagan masing-masing harus menabung sebesar 2,4 juta rupiah setiap bulan.

(Baca juga: Beda Cara Menghitung BPHTB Jual Beli dan BPHTB Warisan)

Investasi jangka panjang bersama

Bukan hanya menabung, tapi kamu dan kekasih juga perlu melakukan investasi jangka panjang secara bersama demi merealisasikan impian berdua untuk memiliki sebuah rumah yang layak huni.

(Baca juga: 6 Kesalahan Penyebab Rumah Sulit Laku Saat Dijual)

Masih sam perhitungannya, bila kamu dan pasangan memiliki gaji masing-masing 8 juta rupiah per bulan maka kamu dan pasangan dapat mengalokasikan setidaknya masing-masing 20 persen dari gaji untuk investasi jangka panjang seperti reksadana saham contohnya. Kamu dan pasangan hanya perlu mengeluarkan uang 1,6 juta rupiah dari gaji masing-masing setiap bulan untuk investasi reksadana.

Jadi, perhitungannya kurang lebih seperti ini:
  • Tabungan dari efisiensi konsumsi: Rp 1.200.000 x (20 bulan) = Rp 24.000.000.
  • Tabungan rekening khusus: Rp 4.800.000 x (20 bulan) = Rp 96.000.000
  • Investasi reksadana saham = Rp 3.200.000 x (20 bulan) x *Indikasi bunga 20 persen = +- Rp 90.000.000

Total dalam waktu kurang dari dua tahun kamu berdua akan memiliki dana sebesar Rp 210.000.000, nantinya uang sebesar ini dapat kamu jadikan uang muka dan cicilan beberapa bulan pertama dalam membeli rumah.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami