Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Baru Pertama Kali Ikut Pemilu? Ini Tahapan Nyoblos yang Benar

by Gentur Putro Jati on 16 April, 2019

Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan digelar serentak besok, Rabu (17/4) mulai pukul 07.00-13.00 WIB. Mengutip data Komisi Pemilihan Umum (KPU), sekitar 17,5 juta orang berusia 20 tahunan merupakan pemilih pemula.

Buat kamu yang masuk kategori newbie dalam coblos-mencoblos calon eksekutif dan legislatif Indonesia untuk 5 tahun berikutnya, simak nih tahapan yang harus kamu ikuti selama berada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sebelumnya, harus kamu ketahui kalau dalam Pemilu 2019 ini, kita tidak hanya memilih pasangan presiden dan wakil presiden. Namun juga memilih anggota legislatif yang akan duduk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat provinsi dan kota/kabupaten, serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Jadi, kalau kamu mencoblos di TPS tempat kamu tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) nya, kamu akan mendapatkan 5 surat suara sekaligus.

1. Pastikan nama kamu ada di DPT

Kamu akan menerima surat undangan untuk mencoblos di TPS yang telah ditentukan oleh KPU di sekitar daerah tempat tinggalmu. Namun meskipun kamu belum menerima surat undangan tersebut, tetap bisa mengecek di mana lokasi TPS kamu mencoblos secara online melalui laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

(Baca juga: Apa Jadinya Pemilu Indonesia Tanpa Suara Perempuan?)
2. Datang ke TPS

Pada hari pelaksanaan Pemilu besok, datanglah ke TPS sepagi mungkin. Para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS sudah mulai bekerja sejak pukul 07.00 WIB. Batas waktu seseorang bisa menggunakan hak pilihnya di setiap TPS adalah sampai pukul 13.00 WIB siang. Upayakan kamu sudah mendaftar sebelum tenggat waktu tersebut. Jangan lupa bawa e-KTP dan Formulir C-6 alias surat undangan berupa pemberitahuan untuk memilih.

3. Tertib menunggu

Setelah mengisi daftar hadir, kamu akan diminta petugas KPPS untuk menunggu giliran mencoblos. Ketua KPPS akan memanggil nama kamu sesuai urutan kedatangan, dan memberikan lima surat suara untuk dicoblos. Saat menerima surat suara tersebut, pastikan tidak ada yang rusak atau tercoblos. Bila rusak, kamu bisa meminta ganti.

Lima warna surat suara yang akan kamu terima adalah:
Abu-abu untuk memilih calon presiden dan wakil presiden
Kuning digunakan untuk mencoblos calon anggota DPR
Merah untuk memilih calon anggota DPD
Biru digunakan sebagai surat suara calon anggota DPRD Provinsi
Hijau untuk memilih calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

4. Masuk ke bilik suara

Setelah menerima surat suara, kamu bisa mencoblos pilihan hati kamu di dalam bilik suara. Jangan bayangkan kamu akan masuk ke ruangan tertutup, karena bilik suara dalam Pemilu 2019 terbuat dari material berbahan kardus.

Agar suaramu sah, perhatikan cara mencoblos surat suara berikut ini:
– Untuk surat suara warna abu-abu presiden dan wakil presiden, kamu harus mencoblos satu kali pada nomor, nama, foto pasangan calon, atau tanda gambar partai politik pengusung dalam satu kotak di surat suara.
– Pada surat suara warna kuning untuk anggota DPR, kamu bisa mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPR.
– Lalu di surat suara warna merah untuk anggota DPD, ketentuan mencoblos satu kali pada nomor, nama, atau foto calon untuk Pemilu anggota DPD. Yang harus diperhatikan, surat suara caleg DPD disertai dengan foto calon.
– Untuk surat suara warna biru anggota DPRD Provinsi, kamu dapat mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPRD Provinsi.
– Terakhir surat suara warna hijau untuk calon anggota DPRD Kabupaten/Kota, kamu mencoblos satu kali pada nomor atau tanda gambar partai politik, dan atau nama calon anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Harap diingat, tidak semua surat suara mencantumkan foto kandidat seperti surat suara warna kuning, biru, dan hijau. Sebaiknya kamu sudah tahu siapa calon yang akan dipilih.

5. Celup jari ke tinta

Setelah selesai mencoblos, lipat kelima surat suara sesuai petunjuk. Lalu keluar dari bilik suara dan masukkan surat suara ke kotak yang tersedia sesuai warnanya. Sebelum meninggalkan TPS, kamu wajib mencelupkan satu jari ke tinta sebagai bukti telah menggunakan hak suara di Pemilu 2019.

(Baca juga: Ini Dia Potret Pemilu 2019 di Berbagai Negara)

Gampang bukan? Jadi ayo jadi bagian dari sejarah dengan ikut Pemilu perdana buat kamu.

Seperti halnya memilih produk keuangan yang kamu butuhkan. Akan lebih gampang jika memilihnya lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami