Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Batman V Superman, Siapa Lebih Sukses di Panggung Industri Hiburan?

by Rafly Aditia on 22 Maret, 2016

Pertarungan antara dua superhero komik DC, Batman dan Superman, sebentar lagi bakal tersaji dalam film layar lebar Batman V Superman: Dawn of Justice. Tontonan yang yang paling ditunggu-tunggu ini akan tayang perdana di bioskop pada 23 Maret 2016.

Dan, menjelang penayangannya, penggemar dua tokoh komik Batman dan Superman sedunia kini tengah heboh memdibanding-bandingkan kekuatan dan kelemahan keduanya. Setiap fans pun tidak mau kalah membela jagoannya masing-masing.

Nah, kali ini CekAja mau mengulik perseteruan antara Batman V Superman di panggung bisnis hiburan. Siapa sih yang lebih jagoan di antara keduanya. Langsung aja deh, simak artikel yang diadatpasi dari The Numbers berikut ini:

Box Office seri perdana, Batman US$ 409 juta VS Superman US$ 300 juta

Untuk seri perdana, kedua film bisa dibilang sama-sama merengkuh kesuksesan besar.  Nilai box office film perdana Batman mencapai US$ 409 juta, sementara film perdana Superman senilai US$ 300 juta.

Walau nilai box office di seluruh dunia milik Superman tidak sebesar Batman, tetapi film perdana Superman mampu mencapai raihan angka fantastis tersebut sepuluh tahun lebih dahulu dibandingkan film perdana Batman yang baru muncul pada tahun 1989. Film perdana Superman sendiri dirilis pada tahun 1979 atau sekitar 37 tahun yang lalu.

Nilai produksi termahal, Batman US$ 275 juta VS Superman US$ 232 juta

Sama-sama menjadi film Superhero yang paling populer di dunia, Batman dan Superman bukan hanya bersaing dari raihan bentangan layar bioskop. Untuk urusan biaya produksi, kedua super hero ini juga saling mengkuhkan sebagai film dengan bujet tidak main-main.

Sempat saling bersaing secara nilai selama bertahun-tahun, akhirnya Batman menjadi lebih mahal dibandingkan Superman pada film seri terakhirnya. Batman yang meluncurkan ‘The Dark Knight Rises’ merogoh kocek hingga angka US$ 275 juta, sementara produksi film terbaru Superman “Man of Steel’ hanya menghabiskan uang US$ 232 juta atau 43 juta lebih sedikit dibandingkan Batman.

(Baca juga: 5 Alasan Wanita Harus Lebih Matang Siapkan Rencana Pensiun)

Nilai Box Office tertinggi di seluruh dunia, Batman US$ 1,08 miliar VS  Superman US$ 667 juta

Dominasi Batman untuk urusan biaya produksi memang terbayar. Bagaimana tidak? Dengan biaya produksi senilai US$ 275 juta, film Batman ‘The Dark Knight Rises’ berhasil menorehkan nilai Box Office di seluruh dunia hingga US$ 1,08 miliar atau hampir empat kali lipat dibanding biaya produksinya. Sementara Superman melalui seri ‘Man of Steel’ hanya berhasil meraih angka US$ 667 juta. Pencapaian ini tidak sampai tiga kali lipat dibandingkan biaya produksinya.

Total nilai produksi sepanjang masa, Batman US$ 950 juta VS Superman US$ 822 juta

Kedua film tokoh Superhero ini memang selalu menghipnotis penonton. Tapi tahukah kamu berapa total biaya yang dikeluarkan dari produksi seri perdana hingga seri teranyar film Batman dan Superman? Ternyata angkanya sangat fantastis. Untuk manusia kelelawar, total biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi seluruh film mencapai US$ 850 juta. Sementara film Superman, menghabiskan uang hingga US$ 822 juta.

(Baca juga: Ini Cara Aneh Orang-orang Kaya di Dunia Menghabiskan Uang)

Total nilai Box Office di seluruh dunia, seluruh film Batman US$ 3,7 miliar VS seluruh film Superman US$ 1,5 miliar

Tidak lengkap rasanya membicarakan total produksi sebuah film layar lebar kelas dunia tanpa membicarakan nilai Box Officenya. Tahukah kamu, jika digabungkan seluruh film Batman telah meraih nilai total US$ 3,7 miliar, sementara Superman hanya menyentuh angka US$ 1,5 miliar.

Artinya, jika digabungkan secara keseluruhan total nilai Box Office seluruh film Batman sebesar 3,5 kali lipat dibandingkan seluruh biaya produksinya. Sementara Superman tidak mencapai dua kali lipatnya.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami