Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Daftar Batu Akik Termahal di Dunia

by Kartika Ratnasari on 4 Januari, 2018

Batu akik pernah sangat digemari di Indonesia. Harganya terus melambung tinggi, hingga para pecinta pun menjadikan batu akik sebagai instrumen investasi.

Namun tren investasi batu akik senasib dengan tren investasi budidaya ikan dan tanaman hias yang turun seiring dimakan waktu. Kini, demam batu akik pun kini mulai mereda.

Padahal batu akik cukup mudah ditemukan di Indonesia karena letak geografis negara kita yang berada di atas lingkaran api. Dari proses alam tersebut, terbentuk bebatuan alam yang dikenal dengan nama batu akik.

Batu yang terbentuk dari proses alam ini memiliki harga yang beragam. Semakin unik dan indah nilai seni batu tersebut, maka semakin melambung pula harganya. Meski peminat batu akik tak seheboh dulu, menurut penuturan beberapa pedagang batu akik, masih ada beberapa penggemar setia yang mengunjungi toko mereka.

(Baca juga: Investasi Perhiasan Emas, Apakah Menguntungkan?)

Para pecinta batu akik biasanya mencari jenis batu tertentu, mulai dari yang berbentuk unik, hingga yang sulit dicari. Jenis-jenis batu akik yang langka tersebut memiliki harga jual yang sangat tinggi.

Berikut 10 jenis batu akik termahal di dunia.

Batu akik Jadeite

Batu jadeite kerap disamakan banyak orang dengan batu giok. Batu ini berasal dari batuan metamorf di bawah tekanan tinggi dengan kondisi suhu yang relatif rendah. Ciri khas utama batu ini adalah warna hijau keabu-abuannya. Batu Jadeite merupakan salah satu batu akik paling legendaris.

Tidak hanya indah, batu Jadeite juga dipercaya sebagai simbol keberuntungan bagi pemiliknya. Harga tertinggi batu ini mencapai US$9,3 juta (Rp123,69 miliar).

Batu akik berlian merah

Sama seperti batu akik mahal lainnya, berlian merah termasuk batu perhiasan yang sangat langka dan sulit ditemukan. Hanya terdapat kurang dari 30 berlian merah yang ditemukan di seluruh dunia, dan sebagian besar dari mereka kurang dari setengah karat.

Ciri khas dari batu ini adalah warna merah darahnya yang sangat terang, yang ternyata berasal dari demorfasi plastik. Salah satu berlian merah terbesar di dunia dijual seharga 8 juta dolar.

Batu akik Serendibite

Serendibite masuk ke dalam daftar batuan paling langka di dunia. Sebab, batu ini tak bisa didapatkan di sembarang tempat, karena hanya ditemukan di dua tempat di dunia yaitu Birma dan Sri Lanka. Selain langka, keunikan warna Serendibite juga mengundang banyak minat.

Sekilas batu ini terlihat berwarna hitam, namun jika disinari cahaya, batu ini menjadi berwarna hijau kekuningan, hijau kebiruan, hingga warna ungu. Karena masuk dalam kategori batu mulia langka, harga Serendibite mencapai Rp31,2 miliar per karat.

Batu akik Garnet

Kepopuleran batu garnet tentu sudah tak bisa diragukan lagi. Penggemar game pasti sudah tidak asing mendengar nama batu ini. Batu Akik Garnet memiliki warna yang beragam, ada yang hitam ada pula yang berwarna-warni seperti biru, oranye, pink, merah, kuning, cokelat.

Di antara warna-warna tersebut, blue garnet lah yang paling dicari dan langka. Blue Garnet pertama kali ditemukan pada tahun 1990 di Bekily, Madagaskar. Harga batu ini bisa mencapai 1,5 juta dolar per karat.

Batu akik Painite

Batu akik Painite pertama kali ditemukan di Myanmar pada tahun 1950-an dan masuk dalam jenis meneral borat (BO3). Painite mengandung jejak vanadium sehingga bisa berubah warna. Nama Painite diambil dari nama penemunya yaitu Arthur Pain. Per karatnya, Painite dijual dengan harga Rp789 juta.

Batu akik Gradidierite

Sama seperti baru Painite, Gradidierite juga dinamakan sesuai dengan penemunya yaitu Alfred Grandider. Pada tahun 1992, Grandider menemukan batu Grandidierite di Pulau Madagaskar Selatan.  Warnanya yang jernih seperti batu berlian menjadi ciri khas batu akik Grandidierite. Setiap karat, batu ini dihargai sebesar Rp665 juta.

Batu Akik Musgravite

Batu akik Musgravite merupakan salah satu yang paling langka di dunia. Bahkan tercatat pada tahun 2005, hanya terdapat 8 buah Musgravite di dunia. Dinamakan Musgravite karena ditemukan di daerah Musgrave, Australia pada tahun 1967. Pada masa itu, Musgravite diberi harga hingga Rp465,5 juta.

Batu ini masuk dalam keluarga taaffeite atau mineral yang ditemukan kali pertama oleh Richard Taaffe pada 1898-1967. Batu ini masuk dalam keluarga taaffeite atau mineral yang ditemukan kali pertama oleh Richard Taaffe pada 1898-1967.

Batu Akik Red Beryl Emerald

Red Beryl memiliki kandungan berilium, aluminium, dan silikat. Batu akik ini pertama kali ditemukan di Meksiko dan Pegunungan Utah. Sebenarnya beryl murni tidak memiliki warna. Namun red beryl menjadi berwarna karena memperoleh pewarnaan dari sejumlah elemen tambahan.

Batu Akik Black Opal

Opal disebut-sebut sebagai batu paling cantik di dunia, bahkan bisa menyaingi harga berlian dan rubi yang awalnya lebih mahal. Batu opal banyak ditemukan di Australia yang merupakan negara penghasil opal terbesar di dunia. Namun demikian jenis batu opal ini banyak ditemukan di beberapa negara lain di dunia termasuk di Indonesia yang dikenal sebagai batu kalimaya. Batu Opal yang paling terkenal adalah black opal. Harganya mencapai Rp33,25 juta

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami