Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Bawa Bayi Mudik dengan Mobil? Jangan Lupa Bawa Barang Ini

by Teti Purwanti on 20 Mei, 2019

Mengajak bayi atau balita mudik dengan mobil pribadi, berarti kamu harus siap dengan berbagai risiko dan juga mempersiapkan diri dengan membawa sejumlah barang. Sebab perjalanan akan terasa panjang, karena anak biasanya jadi rewel dan tidak betah berlama-lama duduk di dalam kendaraan.

mudik aman dan selamat _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Karena itu persiapan sangatlah penting, bukan hanya mental namun memastikan barang dan perlengkapan bayi lainnya tidak lupa dibawa. Kira-kira apa saja sih yang harus kamu persiapkan? Berikut daftarnya:

  1. Pakaian ganti

Biasanya pakaian bayi dan balita adalah bawaan yang paling mendominasi isi koper. Apalagi kalau mudik menggunakan mobil, bawaan yang biasanya sudah segunung bisa nambah menjadi dua gunung.

Dengan perjalanan yang relatif panjang, kamu tentu harus menyiapkan pakaian dengan bahan yang adem dan membuat si kecil nyaman. Pasalnya, berada lama di dalam mobil, membuat suhu udara menjadi kering, sehingga menyebabkan anak mudah mengalami gatal-gatal akibat kulit kering. Jadi, ibu harus mengenakan pakaian yang nyaman untuknya.

Selama perjalanan, siapkan pakaian si kecil dalam satu tas khusus sehingga lebih mudah untuk diambil. Agar memudahkan mencari barang si kecil, siapkan tas yang berisi semua perlengkapan si kecil alias diaper bag.

Letakan semua alat, mulai dari pakaian, popok, aromaterapi, pelembap, tisu basah, susu hingga kontainer susu di dalam diaper bag. Cobalah untuk tertib dan tidak memasukan barang si ibu atau si ayah ke dalam tas tersebut.

  1. Makanan siap saji dan cemilan kesukaan si kecil

Dalam perjalanan si kecil tentu jadi lebih sulit untuk makan. Karena itu siapkan makanan cepat saji baik yang berbentuk pure ataupun bubur bayi kemasan.

Tidak kalah penting adalah cemilan kesukaannya, yang juga bisa dijadikan senjata saat si kecil rewel karena bosan. Pemilihan camilan juga tidak boleh asal, carilah camilan yang sehat dan banyak serat supaya sistem pencernaannya lancar dan tidak membuat anak buang air terus menerus, lantaran kebanyakan minum, akibat kandungan garam yang tinggi di dalam camilan tersebut.

(Baca juga: Beli Tiket Pesawat Buat Mudik Sekarang, Mumpung Katanya Harga Lagi Turun!)

Selain itu, buah-buahan juga penting, sehingga si kecil tidak melulu melahap makanan instan. Pilihan buah samakan saja dengan orang tua ataupun supir sehingga tidak perlu yang khusus untuk si kecil, untuk mengurangi beban di dalam tas.

  1. Popok sekali pakai

Saat mudik, jalanan tidak bisa diprediksi kepadatannya, ditambah lagi tidak jelas bagaimana kebersihan toilet di rest area. Karena itu, amannya siapkan popok sekali pakai dan plastik koran bekas untuk membuang popok yang sudah penuh.

Pastikan juga popok tersebut dengan ukuran dan jenis yang tepat untuk si kecil, sehingga dia tidak kegerahan dan menjadi ruam popok.

  1. Mainan favorit

Selain membawakan makanan, mainan si kecil juga penting agar dia tidak merasa bosan. Pastikan mainan yang dibawa adalah mainan kesukaannya.

Selain itu, carilah yang mudah dibawa dan dimainkan saat berada di dalam mobil selama perjalanan. Hindari membawa mainan dalam ukuran terlalu besar, karena bisa membuat mobil terasa sesak dan semakin penuh.

Kamu dapat mencari mainan anak yang menghasilkan bunyi-bunyian, supaya suasana di dalam mobil kembali hidup dan terhindar dari stres. Letakan mainan tersebut dekat dengan anak, supaya mereka dapat dengan mudah memainkannya, tanpa perlu membuat mobil dan isi tas berantakan.

  1. Perlengkapan menyusui

Bagi kamu yang memberikan ASI kepada si kecil, tentu peralatan perang yang dibawa begitu banyak. Hanya perlu membawa apron menyusui agar bisa menyusui di mana saja kapan saja, selain itu peralatan pompa kalau memang masih mau membuat stok ASI selama mudik.

(Baca juga: Mudik dengan Mobil, Perhatikan Hal-hal Ini Demi Keselamatan!)

Sementara itu, kalau si kecil sudah minum susu lain, tentu sangat penting membawa susu anak, botol dot, kontainer susu dan termos yang berisikan air hangat. Pastikan saat membuat susu di dalam mobil, tidak ada bubuk yang tertumpah, supaya terhindar dari serangan semut dan membuat tangan anak menjadi lengket.

Selain bawaan, kamu juga bisa menyiapkan kegiatan ataupun cerita untuk mengisi waktu bersama si kecil agar dia tidak cepat bosan. Kamu juga bisa mengajarkannya beberapa lagu baru yang menyenangkan untuk dinyanyikan selama perjalanan.

Sebelum mudik, pastikan kamu telah melindungi diri, keluarga, serta kendaraan pribadimu dengan produk asuransi yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

 

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami