Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Bawa Lewati Krisis Ekonomi, Sri Mulyani Kembali Sabet Penghargaan Internasional!

by Gito on 8 November, 2019

Kembali, prestasi ditorehkan oleh salah satu srikandi di negeri ini. Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani berhasil meraih penghargaan dari Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk kategori Statepersons Awards di Dubai, ,Uni Emirates Arab (UAE).

Sri Mulyani - CekAja
Kiprahnya sebagai Menteri Keuangan tanah air dan juga Direktur Pelaksana Bank Dunia beberapa waktu lalu dianggap memiliki pencapaian luar biasa dalam rapor kinerjanya. Sri Mulyani dianggap mampu melewati krisis ekonomi di Asia Tenggara pada tahun 2007 hingga 2010.

Dia juga diyakini memberikan kesempatan kerja yang adil dengan mengkampanyekan kesetaraan gender di lingkungan pekerjaannya. Penghargaan bergengsi tersebut diberikan oleh Anggota Kabinet dan Menteri Toleransi UEA Sheikh Nahayan Mabarak Al Nahayan.

Penghargaan yang diterima oleh Sri Mulyani merupakan penghargaan global karena banyak menghadirkan berbagai instrumen kebijakan untuk memperkuat perekonomian Indonesia.

Sri Mulyani mengungkapkan penghargaan tersebut untuk Indonesia dan untuk 82 ribu pegawai Kementerian Keuangan.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan atas hasil kerja bersama dan dedikasi Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang akan dilanjutkan oleh Wakil Presiden Kyai Ma’ruf,” katanya dalam keterangan resmi

Sementara terkait prestasi kerjanya di Bank Dunia ditambahkan Ani merupakan kerja bersama seluruh manajemen di Bank Dunia.

“Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak atas dedikasi yang tidak pernah berhenti untuk menciptakan kemajuan dan kesejahteraan untuk seluruh masyarakat dunia. Kita lanjutkan upaya bersama menuju dunia yang lebih adil, makmur dan lebih baik”, tuturnya.

Asian Business Leadership Forum sendiri adalah rangkaian acara kepemimpinan bisnis paling berpengaruh di Asia yang menyatukan para pemimpin global dalam diskusi dan kolaborasi. Adapun format pertemuan terbagi menjadi tiga yaitu, ABLF Talks, ABLF Awards, dan Publikasi yang diakui ABLF seperti penerbitan, media penyiaran, dan digital ABLF.

(Baca juga: Drama Persaingan Ojol: 5 Startup Tergerus, Kini Muncul Bonceng)
ABLF Sejak 2007

Forum yang didirikan pada tahun 2007 ini juga memberikan penghargaan (ABFL Awards) kepada para pemimpin yang memiliki prestasi, rasa tanggung jawab mereka terhadap komunitas, negara, dan pasar global tempat mereka tinggal dan bekerja.

ABLF Awards, merupakan penghargaan terkemuka dan berintegritas dan berfokus pada pengakuan intelektual para pemimpin Asia yang penuh inspirasi di seluruh dunia.

Melalui dukungan Anggota Kabinet dan Menteri Toleransi, Asian Business Leadership Forum memiliki tujuan untuk mendorong inovasi, agar lebih banyak talenta wirausaha yang dapat tumbuh, sehingga sangat bermanfaat bagi masa depan Asia.

Banyak Penghargaan

Penghargaan yang baru saja diterima Sri Mulyani bukanlah hal yang baru. Deretan prestasi dan juga penghargaan bergengsi pernah didapatkan oleh wanita kelahiran Lampung 1962 itu juga pernah menerima apresiasi sebagai Menteri Keuangan Terbaik Asia Pasifik 2019 versi FinanceAsia.

Masih sebagai Menteri Terbaik di Dunia, pada 2018 Sri Mulyani dinobatkan sebagai Best Minister of the World Award dalam World Government Summit yang dilangsungkan di Dubai.

Dalam gelaran ini penghargaan langsung diberikan oleh orang nomor satu di Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Wanita lulusan Universitas Indonesia itu juga sempat mendapatkan penghargaan dari Singapore Institute of International Affair (SIIA) sebagai salah satu dalam Leader in Rising Asia.

Tidak cukup sampai disitu, dia juga pernah menggondong penghargaan sebagai Finance Minister of The Year 2008 for Asia versi harian Emerging Markets.

(Baca juga: Seruan Tolak Bayar Pajak dan Menakar Dampaknya Bagi Negara)
Kepatuhan Pajak Meningkat

Ragam penghargaan tersebut tidak serta merta didapatkan oleh Sri Mulyani. Banyak kerja keras dan kadang juga air mata yang mungkin dikeluarkan olehnya. Nah salah satu hal yang berhasil dicapai oleh Sri Mulyani adalah meningkatnya tingkat kepatuhan pajak.

Pada tahun 2016 – 2017 lalu, Kementerian Keuangan mengeluarkan kebijakan berupa pengampunan pajak. Aksi itu dilakukan untuk mendapatkan database wajib pajak baru yang selama ini tidak terdeteksi.

Masa pengampunan pajak dilakukan sejak bulan Juli 2016 hingga April 2017. Dalam masa itu penerimaan negara dari program pengampunan pajak mencapai Rp135 triliun.

Jumlah itu terbagi atas uang tebusan Rp114 triliun, pembayaran bukti permulaan Rp1,75 triliun dan pembayaran tunggakan Rp18,6 triliun.

Untuk uang tebusan didominasi oleh pembayaran dari orang pribadi non-UMKM yang mencapai Rp91,1, triliun. Sementara sisanya terbagi dari orang pribadi UMKM, badan non-UMKM dan badan UMKM.

Sedangkan untuk deklarasi harta yang dilakukan selama masa pengampunan pajak tercatat mencapai Rp4.813,4 triliun. Capaian itu semua didapatkan dari hampir 1 juta wajib pajak.

Melalui program tersebut, Sri Mulyani dianggap mampu meningkatkan angka kepatuhan pajak di negeri kita tercinta ini.

Investasi Pendidikan

Sri Mulyani tidak secara instan menjadi orang yang mumpuni dalam bidang keuangan. Dia mencapai karirnya dan juga pendidikannya secara bertanggung jawab dan tekun.

Oleh karena itu masuk akal jika ada yang mengatakan bahwa pendidikan adalah investasi. Ya, ibarat investasi, Sri Mulyani saat ini sedang menikmati cuan hasil penempatan dananya di berbagai portfolio investasi.

Ani dulu menyelesaikan pendidikan sarjananya di Universitas Indonesia, kemudian melanjutkan pendidikan lagi di University of Illinois Urbana Champaign demi meraih gelar master dan Ph.D

Kamu juga bisa sesukses Sri Mulyani lo. Asal terus belajar dan belajar. Jangan takut kehabisan dana untuk pendidikan. Kamu bisa manfaatkan program Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang dtawarkan oleh bank untuk menutupi biaya pendidikan kamu.

Repot datang ke kantor cabang? Akses CekAja.com dan temukan produk keuangan yang cocok dengan kebutuhanmu.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit