Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

BCA & CIMB Turunkan Bunga KPR

by JTO on 26 September, 2014

Lesunya pasar properti, membuat sejumlah bank mulai menurunkan suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR).

Sebagai contoh adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Bank Central Asia (BCA) yang menurunkan tingkat suku bunga KPR 0,25%. Mulai 9 September 2014, bank swasta terbesar di Indonesia itu memangkas bunga KPR sebesar 25 basis poin.

Jadi, dengan penurunan ini BCA kini menawarkan bunga KPR sebesar 9 persen-9,25 persen untuk bunga tetap (fix rate) selama 1 tahun-2 tahun, 9,5 persen untuk 3 tahun, dan 10 persen untuk fix rate 5 tahun.

Penurunan Bunga KPR

Penurunan bunga KPR ini dilakukan oleh BCA setelah pada Agustus lalu bank ini menurunkan tingkat suku bunga deposito untuk nasabah dengan simpanan di atas nominal Rp 25 miliar bertahap dari 9,25% menjadi 8,5%.

Pada situs resmi perseroan, tercatat suku bunga dasar kredit (SBDK) KPR per 31 Agustus 2014, tercatat sebesar 10,5%. Dengan penurunan suku bunga yang terjadi ini, BCA menawarkan bunga 9,25% tetap selama satu dan dua tahun pertama, sementara itu 9,5% tetap selama 3 tahun, dan 10% tetap untuk 5 tahun awal.

Selain BCA, diketahui penurunan suku bunga juga terjadi pada KPR CIMB yang menurunkan bunganya mulai awal September ini sebesar 50 basis poin.. Saat ini, KPR CIMB berkisar 9,5 persen untuk fix rate 1 tahun, 10,25 persen untuk 2 tahun, 10,5 persen untuk 3 tahun dan 10,75 persen untuk KPR jenis fix rate selama 5 tahun.

Penurunan ini diketahui karena pandangan adanya kondisi likuiditas yang membaik, yang akhirnya langsung diikuti oleh penurunan suku bunga kredit. Penurunan bunga KPR ini juga tak lepas dari melambatnya permintaan kredit properti. Aturan Bank Indonesia (BI) yang memperketat penyaluran KPR mulai berdampak terhadap pasar properti.

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami