Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Bebas Ribet, Inilah Tips Memilih Pakaian yang Mesti Dibawa Mudik

by Ariesta on 1 Juli, 2016

tips mudik _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Lebaran semakin dekat. Semua orang tengah bersiap-siap melakukan perjalanan mudik mulai dari memilih moda transportasi yang dipakai serta barang-barang yang akan dibawa.

Saat berkemas, kamu pastinya sering merasa bingung dengan pakaian mana yang harus masuk koper. Apalagi jika kamu akan mudik dalam waktu yang lama. Bawaan mudik sebaiknya dibuat seringkas mungkin terutama untuk kamu yang mudik menggunakan moda transportasi umum. Lalu pakaian seperti apa yang seharusnya masuk ke dalam koper?

Tentukan baju yang akan dibawa

Membawa semua isi lemarimu hanya akan membuat bagasi mobil penuh. Belum lagi jika isi mobil penuh dengan anggota keluarga dan di tempat tujuan kamu berencana membawa banyak oleh-oleh. Saat semuanya terasa penting untuk dibawa, gunakan rumus sederhana berikut. (Baca juga: Waspada, Ini 5 Gangguan Kesehatan yang Sering Muncul Saat Mudik)

Asumsikan kamu akan libur lebaran selama tujuh hari. Kamu bisa mengemas tiga potong baju atasan untuk setiap bawahan (celana/rok). Prinsipnya kamu mem butuhkan lebih banyak atasan karena hanya sekali pakai. Sebaliknya bawahan bisa dipakai berulang-ulang.

Jadi, libur lebaran selama seminggu seharusnya tak membutuhkan lebih dari enam baju atasan (lima kalau kamu berencana membawa dress/kaftan), satu rok, dan satu celana, termasuk baju lebaran alias baju baru yang akan dipakai di hari H.

Pilih berdasarkan skema warna

Hindari membawa semua pakaian berwarna cerah/gelap. Supaya mudah dipadupadankan, pilih dua pakaian berwarna netral, tiga warna cerah, dan satu warna gelap. Apapun warna atasannya cocok jika dikenakan dengan jeans.

Kalau kamu termasuk yang harus selalu matching dalam mengenakan busana, sesuaikan warna pakaian dengan sepatu yang kamu bawa.

Pilih bahan yang ringan

Bahan jins dan kulit sangat menyita ruangan koper. Jadi bawalah lebih banyak baju ringan dan menyerap keringat. Bahan katun, rayon, dan spandex nyaman digunakan di daerah panas. Kalau kamu mudik ke daerah yang bersuhu sejuk, sertakan satu jaket/sweter/kardigan beserta kaos kaki.

Saat mudik, kamu akan duduk selama berjam-jam. Hindari memakai baju dan celana ketat seperti legging dan skinny jins karena dapat menghambat aliran darah dalam pembuluh darah. Duduk berjam-jam dalam perjalanan bisa membuat kamu terkena deep vein thrombosis atau trombosis vena dalam yaitu gumpalan darah yang terbentuk pada vena dalam tubuh.

Bawa aksesoris

Meski pakai baju yang itu-itu saja, aksesoris bisa membuatmu tampil beda. Misalnya kenakan ikat pinggang tali saat memakai kemeja polos agar terlihat lebih langsing, padu padankan scarf bermotif dengan atasan berwara gelap agar penampilan tidak terkesan kusam, atau pakai kalung dan gelang yang serasi dengan warna baju. (Baca juga: Tips Mudik Lebaran Membawa Bayi dan Balita)

Sekarang, kamu tidak usah pusing-pusing lagi saat packing untuk mudik. Selamat Idul Fitri!

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami